Home / KULINER / 8 Profesi Seru Buat Kamu yang Suka Makan

8 Profesi Seru Buat Kamu yang Suka Makan

Smarteen.co.id — Barangkali, Sobat ada yang pernah punya cita-cita bekerja seperti Alm. Pak Bondan yang pekerjaannya jalan-jalan dan makan-makan. Apa nggak asyik tuh, udah bisa mencicipi aneka makanan, bisa jalan-jalan, bahkan mendapatkan penghasilan.

Berikut Smarteen merangkum profesi yang bisa kamu geluti jika kamu termasuk orang yang hobi makan. Apa saja?

Chef

Chef.

Menjadi seorang chef memang dituntut punya skill memasak yang oke punya. Namun, jika kamu termasuk orang yang suka dengan makanan, tentu kamu sangat paham makanan yang kamu makan itu bahannya apa saja, rasa yang dominan apa, dan sebagainya.

Maka kamu bisa mengembangkan bakatmu dengan bersekolah di sekolah chef yang bagus.

Food Photographer

Food Photographer.

Dengan semakin berkembangnya industri makanan dan persaingan antar restoran yang makin ketat, profesi ini sangat dibutuhkan untuk membantu memasarkan produk mereka.

Menurut Food World News, di era sosial media saat ini, pangsa pasar industri makanan semakin luas. Foto makanan yang dibentuk semenarik dan sedemikian rupa menjadi salah satu senjata andalan. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang yang ahli dalam mengambil foto dan menata makanan agar menarik lebih banyak peminat.

Food Stylist

Food Stylist.

Kalau kamu menyukai makanan sampai ke detail-detailnya, coba pertimbangkan deh profesi yang satu ini. Fotografer makanan dan food sylist (penata makanan) adalah dua orang yang harus selalu bekerja sama.

BACA JUGA: Es Duren Kombinasi Pak Kasdi, Si Manis Legendaris dari Purbalingga

Food stylist bertugas mencari perabotan masak, hingga menata susunan makanan agar sempurna saat difoto. Setelah semua selesai, barulah food photographer bekerja. Food stylist dibutuhkan oleh agensi iklan dan produsen makanan untuk mengonsep produknya pada saat pemotretan.

Food Blogger

Food Blogger.

Kini kita dapat menghasilkan rupiah dengan membuat review online tentang makanan dan tempat-tempat menarik. Seorang wanita bernama Sally Quinn menghasilkan uang dengan menuliskan resep-resep makanan melalui situsnya sallybakingaddiction.com.

Dia dibayar sesuai dengan banyak iklan dan post-post sponsor yang ada di situsnya. Profesi ini cocok bagi Sobat yang hobi makan dan menulis.

Food Consultant

Food Consultant.

Food consultant (konsultan makanan) bertugas mengevaluasi bahan makanan dan peralatan yang digunakan oleh klien, mengevaluasi penataan ruang restoran ataupun kafe, hingga memberi masukan terhadap kebutuhan perusahaan.

Nggak cuma lulusan tata boga saja loh yang bisa menjadi konsultan makanan. Yang terpenting kamu memang mencintai dan memiliki wawasan yang luas seputar dunia kuliner. Poin plus lagi kalau kamu menguasai tentang tata desain ruangan.

Flavorist (Pencipta Rasa)

Flavorist.

Menjadi seorang flavorist memerlukan pengetahuan mengenai rasa, aroma, ekstrak tumbuhan, dan bahan-bahan alami lainnya untuk menciptakan rasa dan aroma makanan yang baru.

BACA JUGA: 8 Jenis Pekerjaan Seru buat Kamu yang Berjiwa Petualang

Selain itu, diperlukan kepekaan dan pengetahuan ilmiah tentang rasa. Meskipun terdengar ilmiah, profesi ini fokus pada pengembangan dan pembuatan rasa baru dalam industri makanan.

Food Buzzer

Food Buzzer.

Yang satu ini lagi tren banget di kalangan anak muda. Sekarang ini banyak food buzzer yang dapat kita temui di sosial media seperti Twitter maupun Instagram. Berbekal follower yang banyak, mereka mencoba membuka peluang bagi calon pengiklan untuk dipromosikan.

Sambil menunggu pengiklan, mereka selalu mem-posting hal-hal yang berkaitan dengan kuliner. Food buzzer ini biasanya mempromosikan sebuah tempat makan atau mungkin mempromosikan produk makanan yang beredar di pasaran.

Food Tester

Food Tester.

Food tester sangat berperan dalam kualitas masakan. Sebelum sebuah masakan disajikan kepada penikmatnya, food tester akan mencicipinya lebih dulu. Nggak cuma soal rasa, seorang food tester juga harus memahami apakah makanan itu aman dikonsumsi.

Eits, menjadi seorang food tester adalah pekerjaan yang membanggakan loh, apalagi kalau mengecek makanan untuk orang-orang penting seperti raja atau presiden. [Tim Smarteen/Dari Berbagai Sumber]

About admin

Check Also

salad buah

Cara Hidup Sehat dengan Gemar Mengonsumsi Salad

Smarteen.co.id — Buah dan sayuran. Ada yang suka, ada yang tidak. Namun, perlu diingat bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *