Home / EKSIS ABIS / Tips Agar Bisa Belajar di Rumah dengan Fokus dan Asyik

Tips Agar Bisa Belajar di Rumah dengan Fokus dan Asyik

Smarteen.co.id — Sobat Smarteen, mengacu pada imbauan pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran virus corona COVID-19, banyak sekolah di Indonesia yang telah mengubah sistem pembelajaran—dari yang sebelumnya secara konvensional dengan datang ke sekolah, menjadi belajar di rumah. Ingat, belajar di rumah ya, Sob, bukan liburan. Hehe.

Nah, belajar di rumah itu bisa dibilang susah-susah gampang. Susah karena ketika di rumah kadang banyak gangguan yang membuat kita tidak fokus belajar, tetapi justru tergoda untuk melakukan hal-hal yang lain. Gampang karena tak perlu ke mana-mana, tetap di rumah, aman, dan nyaman.

So, supaya kamu tetap bisa menggunakan masa-masa belajar di rumah ini dengan baik dan optimal, Smarteen bakal kasih tips agar bisa belajar di rumah dengan fokus dan asyik. Jadi, meskipun dalam suasana ‘menjaga diri’ dan nggak bisa bertemu guru dan teman-teman, kita tetap tak ketinggalan pelajaran.

1. Siapkan Camilan atau Makanan Ringan

Kita mulai dari yang simpel dulu, ya! Belajar di rumah memberikan kesempatan buat kamu untuk belajar sambil nyemil. Menyenangkan, bukan? Kalau di sekolah, belum tentu kamu boleh melakukan hal ini.

So, buat kamu yang memang suka banget belajar sambil makan sesuatu, persiapkan berbagai makanan ringan di tempat belajarmu. Pastinya makanan-makanan ini bisa bikin kamu makin betah belajar, apalagi kalau camilan yang kamu siapkan adalah makanan sehat kayak buah-buahan, kacang-kacangan, dan sebagainya. Udah enak, bikin sehat. Urusan belajar pasti lancaaar jaya kayak jalan tol.

2. Siapkan Perlengkapan Belajar yang Diperlukan dengan Baik

Belajar pasti butuh berbagai perlengkapan, kan? Meskipun hal ini dilakukan di rumah. So, kamu juga harus menyiapkan segala persiapan tersebut dengan baik. Buku, bolpoin, pensil, penggaris, dan alat tulis lainnya jangan sampai tidak ada di tempat belajar.

Lakukan seperti saat kamu akan berangkat sekolah. Bedanya, barang-barang tersebut nggak perlu di bawa ke mana-mana. Cukup ada di dalam rumah—khususnya di tempat belajarmu.

BACA JUGA:Belajar Bisnis Sejak Remaja? Siapa Takut!

Oh ya, jangan lupa untuk menjaga kebersihannya ya. Kita diberi kesempatan belajar di rumah ini kan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus kian meluas. Jadi, selain melakukan social distancing (jaga jarak dengan kerumuman), menjaga kebersihan juga hal yang harus tetap dilakukan.

3. Ikuti Instruksi yang Diberikan oleh Sekolah

Setiap sekolah tentu memiliki instruksi yang berbeda-beda. Ada yang memerintahkan murid-muridnya untuk belajar secara mendiri, ada pula yang memerintahkan untuk belajar bersama secara daring melalui aplikasi tertentu. Nah, kamu harus senantiasa mengikuti apa yang diperintahkan oleh pihak sekolah.

Jika memang harus belajar secara daring, kamu perlu menambahkan peralatan tambahan untuk belajar selain alat tulis yang telah disebutkan pada poin nomor 2. Kamu perlu smartphone ataupun laptop beserta jaringan internet yang stabil. Jangan lupakan juga aplikasi yang telah ditetapkan oleh sekolah. Jika memang perlu mengunduh, langsung unduh saja.

Nah, kalau kamu harus belajar mandiri. Artinya sekolah tidak menuntut untuk menyaksikan siaran langsung pembelajaran yang dilakukan via aplikasi tertentu, kamu bisa mempelajari materi-materi melalui buku paket, atau belajar lewat internet.

Belajar lewat internet bisa dilakukan dengan mempelajari berbagai materi yang bisa diperoleh lewat browsing, atau mengikuti kelas pembelajaran di aplikasi-aplikasi belajar seperti Ruangguru, dan sebagainya.

4. Siapkan Tempat Belajar yang Supernyaman

Ini penting ya, Sob! Belajar di rumah itu jika tidak disiapkan dengan baik, bisa jadi banyak godaan. Jadi, tempat adalah salah satu hal yang perlu disiapkan dengan matang. Salah satu caranya adalah dengan menyeterilkan tempat belajar dari hal-hal yang kira-kira bisa mengganggu. Misal, tidak belajar di ruangan yang ada TV-nya, sebab jika belajar di ruang TV, bisa jadi kita akan tergoda untuk menonton TV.

Tempat belajar yang Smarteen rekomendasikan adalah kamarmu sendiri. Atur meja belajar di kamarmu pada posisi yang paling nyaman. Jika kira-kira ada hal-hal yang dapat mengalihkan fokusmu untuk belajar, bisa kamu singkirkan sejenak.

BACA JUGA: Pusing Tiap Ketemu Matematika dan Fisika, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kalau perlu, bilang kepada orang tua atau anggota keluarga lain agar tak mengganggu kegiatan belajarmu di kamar. Kita di rumah bukan berarti liburan yang bebas melakukan apa saja, tetapi tetap belajar sebagaimana waktu pembelajaran di sekolah.

5. Bikin Grup Diskusi Bersama Teman dan Guru

Belajar sendiri bagi sebagian orang benar-benar tak menyenangkan. Namun begitu, di zaman yang sudah canggih ini, berada di kamar sendiri bukan berarti tak bisa membangun komunikasi dengan orang lain.

Agar proses belajarmu semakin asyik, buatlah grup diskusi bersama teman dan juga gurumu. Ajak mereka belajar bersama dari rumah masing-masing. Grup ini bisa dibuat lewat aplikasi media sosial ataupun yang lainnya. Komunikasi pun bisa dilakukan via chatting atau tatap muka dengan video call. Intinya manfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.

Hal yang perlu diperhatikan, manfaatkan kesempatan ini untuk benar-benar belajar seperti biasanya saat Sobat belajar di sekolah. Jangan justru mendiskusikan hal-hal yang tidak perlu atau malah menjadikan masa-masa belajar di rumah ini sebagai kesempatan untuk jalan-jalan. Jangan, ya!

Stay safe, dan semoga pandemi COVID-19 ini cepat berlalu. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan. [Ibnu Majah]

About admin

Check Also

Tips Ampuh Buat Raih Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Smarteen.co.id — “Aku pengin sih kuliah di luar negeri, tapi bisa nggak, ya? Gimana sih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *