Home / CURHAT / Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Presentasi di Depan Kelas

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Presentasi di Depan Kelas

Asalamualaikum. Gimana cara mengatasi rasa gugup saat presentasi, supaya  saya  jadi lebih berani berbicara di depan kelas? Kata guru sih harus sering dibiasakan, tetapi sekali mencoba, saya selalu gugup, berkeringat, dan kehabisan kata-kata. [Ranuwijaya/Solo/08789654xxxx]

Diasuh oleh:
Ustazah Faifda Ariani, S.Psi., Psikolog.
Psikolog Remaja

Wa’alaikumsalam wr.wb. Ada ungkapan “Bisa karena biasa”? Banyak hal dalam hidup ini bisa dikuasai karena kita biasakan. Sesuatu yang awalnya sulit, tetapi karena dilakukan terus menerus, akhirnya bisa dilakukan dengan lancar tanpa kendala.

Jadi nasihat guru Sobat itu memang benar. Hanya masalahnya, sekadar berlatih saja sudah grogi, berkeringat, dan kehilangan kata-kata. Lantas bagaimana mengatasinya?

Pertama, persiapan materi. Mula-mula, tidak ada salahnya jika Sobat menulis naskah (materi) yang akan disampaikan di secarik kertas. Sobat bisa membaca sepenuhnya naskah tersebut selama presentasi.

Pada latihan selanjutnya, Sobat dapat menuliskan garis besarnya saja di kertas atau slide presentasi. Penguasaan materi sangat menunjang kesuksesan presentasi.

Materi presentasi dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu; Greetings (salam), Opening (kalimat pembuka), Main content (materi pokok), dan Closing (penutup). Buat materi presentasi yang mudah dipahami audiens.

Kedua, latihan. Jangan malu berlatih dengan naskah yang sudah disiapkan di depan cermin. Pada proses ini, coba pula berlatih intonasi, ekspresi wajah yang ramah dan menarik, serta latihan pernapasan.

Dengan latihan pernapasan, Sobat dapat memasukkan oksigen lebih banyak ke otak dan memberi ruang untuk jantung bekerja lebih baik, sehingga tidak akan gugup, berkeringat, dan kehilangan kata-kata.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Di latihan selanjutnya, mintalah teman untuk menjadi audiens. Mintalah masukan mereka, kekurangan dan kelebihan dari presentasi Sobat.

Ketiga, berpikir positif.Sering kali saat presentasi, orang grogi karena banyaknya pikiran negatif. Takut kalau presentasinya jelek, lupa materinya, audiens tidak tertarik, dan pikiran negatif lainnya.

Coba ubah pikiran negatif tersebut dengan pikiran positif. Misalnya, “Apa pun dan siapa pun audiens, tujuan presentasi ini adalah menyampaikan informasi.”

Demikian Sobat, beberapa cara untuk mengatasi rasa gugup saat kamu presentasi di depan kelas, atau di depan khalayak ramai lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa membuatmu jadi semakin berani dan percaya diri. []

About admin

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *