Home / CURHAT / Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Asalamualaikum. Saya seorang siswi SMA, mau tanya. Gimana caranya mengatasi cemas karena lupa pada suatu hal? Saya sering cemas ketika berangkat sekolah, apakah rumah sudah saya kunci atau belum, apakah setrika sudah saya cabut atau belum, dan hal-hal sejenis. Bukan hanya sekali dua kali, tetapi sering. Bagaimana solusinya? [Reni, 08572529xxxx]

Diasuh oleh:
Faifda Ariani, S.Psi., Psikolog.
Psikolog Remaja

Wa’alaikumsalam Wr.Wb., Sobat Reni. Allah Swt menjadikan manusia memiliki akal yang mampu memprediksi masa depan berdasarkan apa yang manusia itu ketahui. Prediksi ini, kalau buruk, akan menimbulkan yang namanya kecemasan.

Durand & Barlow (2010) menyebut kecemasan sebagai shadow of intelligence, sisi gelap kecerdasan. Kalau jumlahnya pas dan waktunya tepat, kecemasan ini baik lho, Sob. Misalnya ketika kita mau ujian, cemas akan membuat kita belajar lebih giat.

Perasaan cemas Sobat berasal dari bahaya pencurian jika rumah tidak dikunci atau bahaya kebakaran jika setrika tidak dicabut. Digging deeper, penyebabnya adalah lupa tentang hal-hal yang sudah dilakukan.

Ingat, prediksi masa depan manusia asalnya dari apa yang kita ketahui. Namun bagaimana jika kita lupa atau tidak tahu? Tentu prediksinya jadi salah dong. Mungkin Sobat bisa menggunakan checklist supaya tidak lupa apa saja yang sudah dilakukan.

Cara ini ampuh banget buat ngecek kita sudah ngapain dan belum ngapain. Biasanya, blocknote mini dan pulpen sudah bisa dipakai untuk checklist. Kekurangannya, kita harus nulis list setiap hari, Sob.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rasa Iri Terhadap Pencapaian Orang Lain

Kalau mau lebih hemat dan praktis, pakai aja papan tulis kertas yang dipotong ukuran saku. Tuliskan hal-hal yang harus dilakukan dengan spidol permanen, misalnya kunci pintu dan cabut setrika.

Nah, cara menandainya pakai spidol biasa setiap selesai melakukan sesuatu. Kantongin si checklist supaya kalau lupa bisa dilihat lagi tanpa perlu cemas berlebihan. Besoknya semua tanda bisa dihapus dan checklist siap dipakai lagi. Asik kan, Sob?

Yuk Sob, kita mulai memprediksi hal-hal yang positif. Jangan lupa berdoa sama Allah Swt supaya mencabut kecemasan dari hati kita. Cheers. []

About admin

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *