Home / CURHAT / Mau Tes Kesehatan Mental Gratis? Coba Aplikasi Ini!

Mau Tes Kesehatan Mental Gratis? Coba Aplikasi Ini!

Smarteen.co.id — Sobat, kalian tahu nggak sih kalau sekarang ini ada banyak sekali aplikasi tes kesehatan mental gratis yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi mental seseorang?

Nah, kalau belum tahu, wajib banget nih kalian buat terus menyimak artikel ini.

Jadi, dengan adanya aplikasi-aplikasi yang bisa dipakai untuk mengecek kondisi jiwa seseorang ini, kita akan lebih mudah mengetahui keadaan psikologis seseorang, atau mungkin diri sendiri, tanpa harus mengunjungi dokter ataupun psikolog.

Namun, perlu diingat ya, aplikasi-aplikasi berikut ini hanya bisa dipakai sebagai aplikasi pendamping saja ya. Maksudnya, kalau kamu memang merasa memiliki masalah mental health yang cukup berat, sebaiknya tetap melakukan konsultasi kepada ahlinya. Dalam hal ini psikiater ataupun psikolog.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi tes kesehatan mental online yang bisa kamu manfaatkan secara gratis:

  1. Aplikasi Operation Reach Out

tes kesehatan mental gratis

Belakangan ini kasus bunuh diri ataupun percobaan bunuh diri cukup marak terjadi, kan? Bahkan di Indonesia juga. Nah, aplikasi Operation Reach Out ini adalah salah satu aplikasi yang bisa membantu kamu ‘menyelesaikan masalah’ jika kamu sampai punya pikiran untuk bunuh diri.

Menyelesaikan masalah yang dimaksud di sini bukan berarti aplikasi ini akan menghilangkan masalah kamu. Namun, jika kamu memakai aplikasi ini, kamu akan mendapat bantuan sesegera mungkin jika sampai terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Awas Bahaya Kecanduan Internet, Kita Wajib Tahu Cara Mengatasinya

Untuk memakainya kamu harus mengunggah beberapa informasi nomor telepon penting dan kontak darurat lainnya. Kemudian, jika kamu benar-benar dalam kondisi yang terpuruk, Operation Reach Out akan membantumu ketika kamu menghununginya.

Aplikasi akan langsung tahu di mana lokasimu, dan ia juga akan memberikan beberapa video yang bisa membuatmu kembali fokus.

Boleh dicoba deh aplikasi buat tes kesehatan mental remaja serta dewasa ini. Tinggal unduh saja di Google Play Store dan iOS secara gratis.

  1. Aplikasi Riliv

aplikasi tes kesehatan mental

Aplikasi Riliv adalah aplikasi garapan anak bangsa. Cara penggunaannya cukup mudah. Di sana, pengguna akan dipertemukan dengan para psikolog (atau mahasiswa psikologi) yang bakal membantu seseorang untuk mengatasi permasalahan terkait kesehatan mentalnya.

Para mahasiswa psikologi yang menjadi relawan konsultan di sini bertugas untuk mendengarkan curhat dari pengguna Riliv. Mereka nanti akan memberikan rekomendasi untuk kita agar konsultasi lebih lanjut kepada ahlinya agar mendapat solusi yang lebih baik. Layak dicoba pokoknya.

  1. Aplikasi Tes Kesehatan Mental SAM

tes kesehatan mental online

SAM merupakan aplikasi tes kesehatan mental gratis yang berguna untuk membantu seseorang dalam mengelola kecemasan. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa merekam seberapa tinggi tingkat kecemasan mereka, yang nantinya bisa dipakai untuk mengidentifikasi pemicu kecemasan serta stres.

Ada dua puluh lima pilihan swadata yang bisa digunakan untuk mengelola gejala mental dan juga fisik akibat kecemasan. Salah satunya adalah teknik pernapasan.

Biar lebih jelas, coba saja unduh aplikasi SAM atau Self-help Anxiety Management ini di Google Play Store atau iOS.

BACA JUGA: Riliv, Aplikasi Curhat dengan Psikolog untuk Mencegah Stres, Bisa Diunduh Gratis

Selain aplikasi-aplikasi untuk mengetahui kondisi kesehatan mental yang disebutkan di atas, masih banyak aplikasi-aplikasi serupa lainnya. Misalnya ada aplikasi What’s Up, Depression CBT, Mood Tools, Mindshift, dan lainnya.

Di samping itu ada juga aplkiasi tes kesehatan mental kemenkes bernama Sehat Jiwa, yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat stres. Juga ada aplikasi untuk mengetes kesehatan mental seseorang menggunakan media google form yang disediakan oleh beberapa lembaga psikologi. Yuk kita coba, jangan sampai menunggu kesehatan mantalmu terganggu ya. [Ibnu Majah]

About admin

Check Also

membatalkan puasa

Sering Mengeluh, Apakah Membatakan Puasa?

Assalâmu’alaikum Wr. Wb. Ustaz, apakah mengeluh itu bisa membatalkan puasa? Meskipun itu hanya dilakukan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *