Home / GADGET / Riliv, Aplikasi Curhat dengan Psikolog untuk Mencegah Stres, Bisa Diunduh Gratis

Riliv, Aplikasi Curhat dengan Psikolog untuk Mencegah Stres, Bisa Diunduh Gratis

Smarteen.co.id — Mencurahkan isi hati atau yang lebih populer dengan istilah curhat merupakan hal yang umum dilakukan orang-orang untuk mencegah stres. Anak-anak, remaja, dewasa muda, sampai orang-orang tua pun butuh ‘ruang’ untuk melakukan hal tersebut.

Kamu pasti juga merasakannya, kan? Tiap kali ada apa-apa, pasti pengin cerita sama teman, keluarga, atau yang lain. Intinya, curhat telah menjadi suatu kebutuhan yang urgen bagi orang-orang.

Di era modern, media sosial turut menjadi ‘ruang’ untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Masalahnya, ini bukan hal yang bijak untuk dilakukan. Curhat perkara pribadi di media sosial tidak membantu kita menyelesaikan masalah, malahan hal itu bisa menimbulkan masalah baru.

Lantas, saat kita sungkan untuk cerita ke orang yang kita kenal, ke mana lagi harus berbagi jika tak boleh curhat di media sosial?

Tenang, ada aplikasi keren yang bisa kamu pakai. Mirip-mirip media sosial, tapi ini lebih privat. Yap, namanya Riliv—aplikasi curhat masalah hidup. Lebih spesialnya, aplikasi ini bersifat anonim. Jadi, kamu bisa curhat semua masalahmu, tanpa diketahui identitas aslimu.

Lalu, siapa yang akan menerima curhat kita? Siapa yang akan menanggapinya? Kalau nggak ada, kan sama aja bohong. Kita kan curhat buat didengar dan diberi solusi.

Riliv

BACA JUGA: Aplikasi Envision AI, Bantu Difabel Netra ‘Melihat’ Dunia

Wait, tenang Sobat semua. Aplikasi Riliv bukan aplikasi ecek-ecek yang mengajak kita untuk curhat tanpa solusi. Justru, Riliv adalah aplikasi curhat yang profesional. Di sana, ada psikolog yang bakal membantu kamu menyelesaikan masalah. Ketika kamu menggunakan aplikasi ini, berarti kamu sedang curhat dengan psikolog. Worth it banget, kan?

Akomodasi Permasalahan Mental

Awalnya, Riliv dibuat atas keprihatinan beberapa mahasiswa asal Surabaya terhadap tingginya angka kasus bunuh diri. Saat itu, tahun 2015, media menyebut bahwa setiap 40 detik ada 1 orang yang bunuh diri di seluruh dunia.

Selanjutnya, menurut hasil riset lain, banyaknya kasus bunuh diri disebabkan minimnya akses perawatan mental yang dimiliki masyarakat. Ya, perawatan mental—di mana salah satu bentuknya adalah curhat, merupakan hal yang sangat diperlukan, tetapi di waktu yang sama hal ini justru terabaikan.

Banyak orang yang tidak sadar jika dirinya sedang tertekan dan stres, atau banyak yang sadar tetapi mengabaikannya karena tak tahu harus melakukan apa. Ada pula yang memang malas melakukan konsultasi kepada psikolog, karena berbagai alasan; malu, biayanya mahal, keberadaannya sulit dijangkau, dan lainnya.

Berangkat dari persoalan-persoalan inilah, Aplikasi Riliv diciptakan. Riliv mengakomodasi berbagai persoalan yang dialami seseorang saat hendak konsultasi dengan psikolog. Keberadaan Riliv memungkinkan orang-orang bisa berkonsultasi dengan psikolog secara mudah, cukup mengandalkan smartphone.

Cara Menggunakan Aplikasi Riliv

Setelah mengunduh aplikasi Riliv di Play Store untuk Android, pengguna bisa langsung melakukan konsultasi. Kita bisa memilih psikolog sesuai keinginan, lalu Reliever alias sang psikolog akan menentukan jadwal untuk konsultasi.

Selain psikolog, ada pihak lain yang juga menjadi Reliever atau konsultan. Mereka adalah mahasiswa jurusan Psikologi yang sedang melakukan praktik—statusnya sebagai tenaga regular. Sementara psikolog adalah tenaga expert.

BACA JUGA: Lima Aplikasi Olahraga Android Terbaik

Nah, untuk curhat dengan aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna ini, kamu memang harus melakukan pembayaran. Namun jangan khawatir, sebab biayanya tidak semahal ketika kamu konsultasi dengan psikolog secara konvensional.

For your information, konsultasi dengan psikolog itu tidak murah, lho. Sementara di Riliv, ada paket-paket harga yang bisa kamu pilih, menyesuaikan kondisi keuanganmu tentunya.

So, kalau ada masalah, jangan dipendam ya, Sobat! Ceritakan kepada orang-orang yang kamu percaya. Jika tak ada, langsung saja ke ahlinya. Lewat Aplikasi Riliv, pelopor gaya hidup sehat mental, bebas dari masalah. []

About Ibnu

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *