Home / INSPIRASI / Lawan Depresi Tanpa Obat dengan Menggunakan Cara Berikut

Lawan Depresi Tanpa Obat dengan Menggunakan Cara Berikut

Smarteen.co.id – Mengetahui cara lawan depresi tanpa obat sangat penting untuk menghilangkan tekanan atau depresi yang kamu rasakan. Depresi bisa menyerang siapa saja baru anak muda atau orang dewasa sekalipun.

Banyak orang mengabaikan depresi yang mereka alami. Padahal harus diketahui apabila hal ini berlanjut secara berkepanjangan maka bisa mengganggu kemampuan berpikir seseorang. Karena itulah jika Sobat merasa depresi harus segera melawannya.

Beberapa orang menggunakan obat-obatan untuk bisa mengatasi permasalahan ini. Namun jika terus mengandalkan obat maka akan menyebabkan sifat ketergantungan. Karena itulah kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara lawan depresi tanpa menggunakan obat.

Memiliki Waktu Tidur yang Berkualitas

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melawan depresi yang kamu alami ialah dengan memiliki waktu tidur berkualitas. Maksud dari tidur berkualitas itu adalah memiliki waktu istirahat yang cukup dan nyenyak.

Sebab kualitas tidur bisa mempengaruhi kesehatan mental dan pikiran. Selain itu tidak tidur lebih awal juga bisa membuatmu depresi. Hal ini bahkan sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat ini.

Di mana mereka lebih banyak mengoperasikan ponsel sebelum tidur untuk melihat sosial media. Rasa depresi bisa muncul karena adanya rasa iri atau tekanan dari orang lain yang terlihat di sosial media. Tekanan ini bisa berpotensi menyebabkan depresi.

Melakukan Meditasi

Mengenai cara kedua yang bisa dilakukan untuk bisa lawan depresi tanpa obat ialah dengan melakukan meditasi. Meditasi merupakan salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran. Sebagai hasilnya kamu bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif.

Berdasarkan studi, ternyata melakukan meditasi bisa mencegah seseorang memasuki fase depresi. Bahkan cara ini lebih baik daripada mengonsumsi obat seperti antidepresan.

Efektivitasan melakukan meditasi dan konsumsi antidepresan terlihat dengan sangat jelas. Hal ini terlihat dari studi bahwa Hasilnya, ditemukan bahwa 47 persen dari kelompok yang melakukan meditasi mengalami depresi. Sedangkan pada kelompok yang mengonsumsi obat antidepresan saja, sebanyak 60 persen di antaranya mengalami kekambuhan.

Melakukan Terapi

Jika merasa apabila gangguan ini tidak kunjung hilang, maka Sobat bisa melakukan terapi dengan pergi ke psikiater. Dengan ditangani oleh ahlinya, maka Sobat bisa mengikuti apa yang diarahkan agar bisa menghilangkan depresi.

Rajin Melakukan Olahraga

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga. Sudah sering dikenal apabila olahraga sangat baik untuk kesehatan fisik. Namun tidak hanya itu saja loh, olahraga juga bisa menjaga kesehatan mental.

Cara ini bisa digunakan untuk lawan depresi tanpa obat. Hal ini diperkuat oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik sedang dapat mengurangi gejala depresi dan jika dilakukan secara teratur dapat mencegah kekambuhan depresi.

Kondisi emosional tidak stabil akibat depresi? Ingin sembuh tapi tidak ingin bergantung pada obat? Yuk gunakan cara ini agar bisa lawan depresi tanpa obat sehingga lebih aman untuk diterapkan.[]

About Aulia Galih

Check Also

Manfaat Memelihara Kucing Berdasarkan Pandangan Islam

Smarteen.co.id – Apakah Sobat ingin memelihara hewan tapi masih bingung menentukannya? Kami rekomendasikan agar memelihara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.