Home / Uncategorized / Corona Sudah Masuk Indonesia. Jangan Panik, Begini Gejala dan Cara Mencegah Virus Corona

Corona Sudah Masuk Indonesia. Jangan Panik, Begini Gejala dan Cara Mencegah Virus Corona

Smarteen.co.id — Sobat Smarteen, kalian semua sudah tahu dong kalau sekarang kabar tentang virus corona sedang heboh-hebohnya. Apalagi, sejak kemarin (Senin, 02/03/2020), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah resmi mengumumkan bahwa ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif virus corona. Mereka saat ini tinggal di Depok, Jawa Barat.

Nah, menghadapi kabar seperti ini, kita nggak boleh panik ya, Sob. Oke, virus corona memang berbahaya. Beberapa negara di Asia Timur, yang terdampak parah atas virus corona ini, bahkan sudah memberlakukan aturan-aturan tertentu untuk mengatasinya. Namun, menjadi panik bukanlah solusi.

Daripada kamu panik, lebih baik kamu memahami beberapa informasi penting mengenai virus corona berikut ini supaya nanti dapat melakukan langkah-langkah pencegahan.

Virus corona atau 2019 Novel Coronavirus merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Nah, penyakit yang ditimbulkan akibat terinfeksi oleh virus ini disebut dengan COVID-19. Virus corona ini secara umum bisa menyebabkan berbagai gangguan pada sistem pernapasan, juga pneumonia akut, bahkan sampai kepada kematian.

BACA JUGA: Cegah Gejala Mata Lelah

Virus yang tengah bikin heboh seluruh dunia ini merupakan jenis baru dari coronavirus yang menular kepada manusia. Infeksi COVID-19 sendiri pertama kali ditemuka di Kota Wuhan, Cina pada Desember 2019 lalu. Selanjutnya, virus ini menyebar begitu cepat ke berbagai belahan dunia, bahkan sudah masuk ke Indonesia.

Gejala Virus Corona

Pencegahan Virus Corona. (Sumber: @wimankow)

Sekarang mari kita bahas seperti apa gejala umum yang dialami oleh orang yang terinfeksi virus corona ini. Menurut alodokter.com, infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti sakit kepala, hidung berair dan meler, nyeri tenggorokan, batuk, dan demam; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti batuk berdahak bahkan berdarah, demam tinggi, nyeri dada, dan sesak napas.

Pencegahan Virus Corona. (Sumber: @wimankow)

Namun demikian, sebenarnya ada tiga gejala umum yang bisa dijadikan sebagai penanda bahwa seseorang terinfeksi oleh virus corona. Pertama, demam. Kedua, batuk. Ketiga, sesak napas.

Menurut penelitian, gejala COVID-19 ini akan muncul dalam kurun waktu antara dua hari sampai dua pekan setelah terpapar virus.

Pencegahan Virus Corona. (Sumber: @wimankow)

Namun, Sobat. Lagi-lagi kami sarankan jangan terlalu panik. Gejala-gejala ini begitu mirip dengan flu biasa. Sehingga, jika memang mengalaminya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Pencegahan Virus Corona. (Sumber: @wimankow)

Penyebaran Virus Corona

Virus corona memang sudah menyebar ke berbagai negara hanya dalam hitungan beberapa bulan saja. Dampaknya cukup parah. Nah, sebenarnya bagaimana virus ini dapat menyebar dan menular dari satu orang ke orang lain?

Awalnya para ahli menduga bahwa virus corona hanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus corona juga menular dari manusia ke manusia. Oleh sebab itu, saat ini sudah puluhan ribu orang di berbagai negara tertular virus ini.

Menurut sebuah situs kesehatan online, seseorang dapat tertular COVID-19 melalui beberapa cara. Pertama, memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.

Kedua, kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

Ketiga, tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19.

BACA JUGA: Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung, Efektif!

Intinya, virus corona ini menyebar ketika ada percikan dahak dari orang yang terinfeksi COVID-19 dan masuk ke dalam tubuh orang sehat melalui mata, hidung, atau mulut.

Nah, medianya itu bukan cuma secara langsung. Namun juga secara tidak langsung. Misalnya, orang yang terinfeksi tersebut mengeluarkan liur dan liurnya menempel pada berbagai barang seperti pegangan tangga, kenop pintu, tombol lift, mouse, dan barang lainnya.

Kemudian orang yang sehat memegang barang tersebut, menyentuh liur yang menempel, lalu tanpa mencuci tangan ia makan sesuatu atau menyentuh bagian wajah dan mengucek mata, maka virus corona bisa menular.

Cara Mencegah Virus Corona

Oleh sebab itu, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan sebagai upaya pencegahan tertular virus corona.

Cara Mencegah Virus Corona.
(Sumber: @wimankow)

Pertama, rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kedua, hindari bepergian ke Cina atau ke negara lain yang terdampak parah virus corona.

Cara Mencegah Virus Corona.
(Sumber: @wimankow)

Ketiga, senantiasa menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.

Keempat, menghindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.

Cara Mencegah Virus Corona.
(Sumber: @wimankow)

Kelima, jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.

Keenam, makan makanan yang benar-benar sudah dimasak sampai matang. Hindari makan makanan mentah, terutama daging mentah.

Cara Mencegah Virus Corona.
(Sumber: @wimankow)

Ketujuh, hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit.

Kedelapan, pakai masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di tempat umum atau keramaian.

Cara Mencegah Virus Corona.
(Sumber: @wimankow)

Kesembilan, jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Cara Mencegah Virus Corona.
(Sumber: @wimankow)

Nah, Sobat Smarteen sekarang sudah semakin paham kan dengan seluk beluk virus corona ini, mulai dari penyebarannya, gejala-gejalanya, sampai cara pencegahannya. Jadi, waspada boleh, panik jangan! Tetap tenang dan lakukan hal-hal terbaik untuk mengatasi setiap masalah.

Cara Mencegah Virus Corona.
(Sumber: @wimankow)

Mudah-mudahan kita senantiasa diberi perlindungan oleh Allah agar terhindar dari berbagai mara bahaya, ya. [Dari Berbagai Sumber]

About admin

Check Also

Pengumuman Daftar Teen Journalist Angkatan 3 yang Terpilih

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh… Halo Sobat Smarteen semuanya. Terima kasih atas partisipasi kalian yang sudah mengikuti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *