Home / CURHAT / Bahaya Berkendara Memakai Headset

Bahaya Berkendara Memakai Headset

Assalamualaikum. Dokter, saya dengar kalau kita memakai headset saat berkendara tidak baik untuk pendengaran. Apa benar, Dok? Kenapa bisa begitu? Soalnya saya sering pakai headset saat naik motor, tapi tidak merasa mengalami masalah apa pun. Jika sampai ada masalah pendengaran akibat headset, bagaimana mengatasinya, Dok?

Diasuh oleh:
Novia Kartiningrum
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Smarteen.co.id — Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Mendengar musik menggunakan headset, baik saat berkendara atau tidak, memang mengasyikan karena tidak akan mengganggu orang di sekitar kita. Namun, di balik asyiknya menggunakan headset, juga menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Efek penggunaan headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat memakai headset yang berlebihan akan muncul secara perlahan. Efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.

Hal ini disebabkan batas normal telinga kita untuk mendengarkan suara adalah 80 dB sementara pada penggunaan headset, desible yang dihasilkan dapat mencapai 120 dB, karena itulah terjadi peningkatan risiko rusaknya pendengaran.

bahaya pakai headset

Paparan musik dengan headset dapat memengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila mendengarkan musik dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Untuk mendengarkan sesuatu dengan desible yang ada di atas batas normal, maka yang harus dilakukan adalah dengan modifikasi lama pajanan atau lama panggunaan. Untuk 120 dB, lama pajanan yang diperbolehkan sekitar 5-7 menit saja.

Selain itu, penggunaan headset secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya, dan berbagi atau meminjam headset juga dapat menyebabkan transfer bakteri orang lain ke telinga Sobat. Jadi sebaiknya tidak berbagi headset, ya. Jika memang ingin berbagi, sebaiknya bersihkan terlebih dulu.

Jumlah kecelakaan akibat orang-orang yang menggunakan headset juga meningkat. Seseorang yang tidak dapat mendengar klakson atau suara kendaraan lain menjadi korban dari beberapa kecelakaan yang tidak menguntungkan.

BACA JUGA: Tidur dengan Kipas Angin Menyala, Baikkah untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya!

Oleh karena itu, baiknya saat menggunaakan headset, headphone, earphone maupun peralatan sejenis, maka dengarkan musik tidak lebih dari 60 menit setiap harinya dengan volume tidak melebihi 60% volume maksimal, hindari mendengarkan musik dengan volume yang terlalu tinggi dengan cara memastikan telinga masih bisa mendengar suara lain di sekitar kita, sebaiknya kenakan headset yang memblokir suara dari luar saat mendengarkan musik sehingga bisa membuat Sobat mendengarkan musik dengan volume lebih rendah.

Jika sudah mengalami gangguan pendengaran, segeralah konsultasi ke fasilitas kesehatan. Semoga bermanfaat! []

About Ibnu

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *