Home / INSPIRASI / Benarkah Aktivitas dengan Tangan Kanan Lebih Menyahatkan? Ini Faktanya!

Benarkah Aktivitas dengan Tangan Kanan Lebih Menyahatkan? Ini Faktanya!

Smarteen.co.id — “Anak baik, kalau makan pakai tangan kanan, ya…” Sobat Smarteen, siapa nih yang masih kerap teringang dengan kata-kata seperti di atas? Atau, apakah malah ada yang masih kerap mendengarnya secara langsung?

Kala kita masih kanak-kanak, orang tua biasanya memberikan nasihat tersebut saat kita sedang makan. Tentu kini kita ingat di luar kepala, kan? Alhamdulillah.

Orang tua melakukan itu bukan tanpa sebab. Namun, makan dengan tangan kanan adalah hal yang dianjurkan Rasulullah Saw. Dalam hadis yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah bersabda, “Jika salah seorang dari kalian makan, hendaknya ia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum hendaknya minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.”

Inilah yang menjadi landasan bahwa makan dan minum memang sebaiknya dilakukan dengan tangan kanan. Di sisi lain, ada berbagai aktivitas lain yang juga dianjurkan untuk dilakukan dengan menggunakan atau mendahulukan bagian kanan dalam diri kita.

Misalnya, saat hendak masuk masjid atau rumah, dianjurkan melangkah dengan kaki kanan terlebih dahulu. Ketika salam dalam gerakan salat pun, kita mesti menengok ke arah kanan terlebih dahulu. Pun dengan kegiatan bersalaman, dan beberapa hal lainnya.

tangan kanan bikin sehat

Menyehatkan Tubuh

Nah, selain merupakan perintah Rasulullah, aktivitas menggunakan tangan kanan, khususnya makan dan minim, juga memiliki beragam manfaat ketika ditinjau dari sisi ilmiah. Yap, penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan modern telah menemukan beberapa fakta terkait manfaat yang bisa didapat saat beraktivitas dengan tangan kanan.

Pertama, makan dengan tangan kanan jauh lebih menyehatkan. Terutama saat kita makan benar-benar menggunakan tangan (tanpa sendok), dan tentu saja dalam keadaan bersih.

BACA JUGA: Rahasia di Balik Air Es dan Salju

Menurut hasil penelitian yang dikutip sebuah situs di internet, di bagian tangan kanan kita terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri. Sehingga, bakteri yang kemungkinan masuk ke dalam sistem pencernaan bersama makanan akan terbatas aktivitasnya. Tentu hal ini akan membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit akibat bakteri tersebut. Masya Allah.

Menyehatkan Otak Kiri

Keuntungan lain makan atau aktivitas lain dengan bagian tubuh kanan dapat lebih menyehatkan otak bagian kiri. Sobat tentu tahu bahwa otak manusia terdiri dari otak bagian kanan (hemespher kanan) dan otak bagian kiri (hemespher kiri). Keduanya mengontrol bagian tubuh yang saling berlawanan.

Jadi saat kita makan dengan tangan kanan, maka hemespher kiri akan terstimulasi. Hal ini selanjutnya menjadi penting sebab hemespher kiri merupakan bagian otak yang berfungsi sebagai pengatur bahasa, pikiran rasional, dan kecerdasan. Otak kiri juga mengatur emosi positif yang ada pada diri seseorang.

Maka, makan dengan tangan kanan dapat melatih kemampuan berbahasa, meningkatkan pikiran logis, dan mengasah kecerdasan, termasuk menjadikan emosi menjadi lebih positif.

BACA JUGA: Hikmah Larangan Meniup Makanan

Masya Allah, luar biasa kan Sobat? Apa yang diperintahkan Rasulullah tidak serta-merta tanpa sebab. Justru, semuanya memiliki manfaat yang luar biasa. Namun demikian, jika kamu atau teman kamu melakukan aktivitas, misal makan, dengan tangan kiri, jangan buru-buru men-judge yang macam-macam. Di dunia ini memang ada orang-orang yang kidal atau menjadi difabel. Tentunya, Allah Mahatahu apa yang terbaik bagi mereka. []

About Ibnu

Check Also

doa tahiyat akhir

Bacaan Sholat; Doa Tahiyat Akhir (Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Smarteen.co.id — Membaca doa tahiyat akhir merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *