Home / CURHAT / Cara Agar Tetap Sehat Saat Makan Pedas

Cara Agar Tetap Sehat Saat Makan Pedas

Assalamualaikum. Dok, saya suka makan pedas. Ketika makan pedas dan beberapa saat kemudian, perut tidak sakit. Namun, keesokan harinya saya sering mengalami diare. Apakah ada cara supaya saya bisa makan pedas, tapi keesokan harinya tidak diare? [Huda, Wonogiri]

Diasuh oleh:
Ana Kurniawati
Dokter Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI

Smarteen.co.id — Wa’alaikumsalam, Sobat. Cabai yang terdapat dalam makanan pedas mengandung senyawa capsaicin. Capsaicin bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas dapat memberi manfaat bagi saluran pencernaan, tapi bila masuk dalam jumlah berlebih (terutama pada orang yang saluran pencernaannya sensitif) dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna hingga menimbulkan diare.

Paparan awal terhadap capsaicin menstimulasi sekresi lendir yang melapisi lambung, sehingga dapat melindungi lambung dari iritasi. Namun, jika terpapar dalam jumlah banyak atau sering, mekanisme pertahanan lambung bisa menjadi tidak berfungsi. Akhirnya, lambung dapat mengalami iritasi.

Jika sudah iritasi, terjadi rasa panas, terbakar, mulas, sakit perut, atau sensasi melilit. Sementara itu, pada orang yang memang memiliki kondisi lambung sensitif, paparan capsaicin dalam jumlah sedikit juga dapat mencetuskan terjadinya rasa nyeri pada perut.

makan makanan pedas

BACA JUGA: Tidur dengan Kipas Angin Menyala, Baikkah untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya!

Selain itu, otak akan memerintahkan agar makanan yang mengandung capsaicin dialirkan lebih cepat melalui saluran cerna (agar tidak kontak terlalu lama dengan dinding usus) sehingga menimbulkan diare. Sistem juga mengatur agar saluran pencernaan mendapat lebih banyak air untuk meredakan iritasi pada dinding saluran cerna, hal ini menyebabkan penambahan air pada feses sehingga menyebabkan feses menjadi cair.

Kondisi yang Sobat alami merupakan hal yang normal, walaupun pasti sangat mengganggu. Sebaiknya Sobat hindari konsumsi makanan pedas yang berlebihan. Jika ingin tetap makan pedas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yakni, jangan mengonsumsi makanan saat perut kosong, karena perut akan kaget jika tiba-tiba diisi dengan makanan pedas. Akibatnya, asam lambung akan naik dan membuat kamu sakit perut.

Makan makanan pedas saat akan tidur juga tak baik karena akan meningkatkan risiko refluks asam lambung di malam hari, karena isi perut akan lebih banyak mengalir ke kerongkongan saat berbaring. Sebaiknya perbanyak makanan berserat dan banyak minum air putih. Kandungan serat dan air diyakini mampu menurunkan risiko iritasi pada saluran pencernaan yang bisa memicu diare. []

About Ibnu

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *