Home / CURHAT / Cara Mendamaikan Orang Tua yang Sering Bertengkar

Cara Mendamaikan Orang Tua yang Sering Bertengkar

Asalamualaikum Smarteen. Gimana sih caranya mengingatkan yang tepat ke orang tua. Orang tuaku sering bertengkar, dan masing-masing saling mengungkit kesalahan yang lalu. Aku tahu jika tak ada yang mengalah, itu tidak akan selesai. Aku harus bagaimana? [08572546xxxx]

Diasuh oleh:
Faifda Ariani, S.Psi. Psikolog.
Psikolog Remaja

Wa’alaikumsalam Sobat, jika sampai pertengkaran ini terjadi di hadapanmu tentu menjadikan perasaanmu tidak nyaman. Sebaiknya kamu melakukan hal-hal berikut ini.

Pertama, tetap menghormati dan menyayangi keduanya. Apa pun yang terjadi, ayah dan ibu tetap orang tua kamu yang harus dihormati. Sebaiknya Sobat tidak terprovokasi untuk membenci salah satu dari mereka, walaupun mungkin Sobat tidak menyukai perilakunya.

Kedua, tidak menyela ketika orang tua sedang bertengkar. Ini hanya akan membuat semuanya menjadi runyam. Lebih baik tinggalkan mereka berdua dan pergilah menenangkan diri sebelum menemui mereka kembali.

Namun, hal itu tidak berlaku jika Sobat melihat ada tindakan kekerasan fisik dalam pertengkaran itu. Segeralah minta pertolongan dari orang-orang sekitar untuk melerai keduanya.

Ini memang sangat menyakitkan dan memalukan. Namun, kamu harus mencegah setiap bentuk kekerasan dalam rumah tangga. 

Ketiga, ungkapkan perasaanmu kepada orang tua secara terpisah. Temuilah orang tuamu secara terpisah di saat mereka sedang longgar hatinya. Tanyakan apa masalah mereka dan jelaskan kalau pertengkarannya sangat menyakiti hatimu.

BACA JUGA: Orang Tua Sering Bertengkar, Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan

Ini bisa membantu mereka untuk segera sadar bahwa keegoisannya tidak hanya menyakiti diri sendiri, tapi ikut menyakiti buah hati mereka.

Jika Sobat kesulitan mengungkapkan secara lisan, Sobat bisa menuliskannya  melalui surat atau pesan pribadi ke nomor handphone ayah dan ibu.

Keempat, minta tolong kepada saudara dekat untuk mendamaikan mereka. Kakek, nenek, tante, atau paman Sobat adalah orang-orang yang bisa dimintai pertolongan sebagai penengah masalah keluarga. Namun ingat, ini sebaiknya Sobat lakukan jika pertengkaran orang tuamu sudah sangat keterlaluan dan sering terjadi. []

About admin

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *