cara mengatasi alergi

Cara Mengatasi Alergi Kulit Gatal-Gatal

Asalamualaikum, Dokter. Saya siswa SMK Muhammadiyah 2 Andong, Boyolali. Saya sering mengalami gatal-gatal, bentol pada kulit apabila terkena air dan paparan sinar matahari siang. Setelah 15 menit, gatal-gatal itu hilang. Apakah itu berbahaya Dok? Jazakallah khairan.

Diasuh oleh:
Novia Kartiningrum
Dokter Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI

Smarteen.co.id — Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Pruritus merupakan rasa gatal yang menyerang seluruh atau sebagian tubuh seseorang. Umumnya, gatal juga dibarengi dengan munculnya ruam di permukaan kulit. Salah satu penyebab pruritus adalah reaksi alergi.

Alergi merupakan suatu reaksi imunitas tubuh terhadap agen di lingkungan yang disebut alergen. Reaksi alergi terjadi ketika kita melakukan kontak dengan alergi atau terpapar alergen.

Reaksi alergi disebabkan sistem imunitas mengenali alergen sebagai agen berbahaya bagi tubuh, sehingga terjadi pengeluaran histamin dan zat kimia lainnya untuk melawan alergen.

Gejala alergi dapat berlangsung secara hilang-timbul atau terus menerus, bergantung pada paparan yang terjadi. Alergi dapat dialami siapa saja dan bisa muncul kapan saja. Pada beberapa kasus, alergi merupakan bawaan dari lahir dan dapat sembuh seiring berjalanya waktu.

Alergi udara biasanya ditandai dengan reaksi kulit setelah terpapar udara dengan suhu tertentu atau udara berkualitas rendah. Gejala yang timbul berupa kulit kemerahan, terasa gatal, bengkak, dan muncul bentol. Rasa gatal dan bentol-bentol yang Sobat alami merupakan gambaran dari reaksi alergi.

cara mengatasi alergi
Sumber gambar: Tirto.id

Faktor Penyebab dan Cara Atasi Reaksi Alergi

Ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko alergi kambuh, mulai dari penggunaan benda-benda tertentu, seperti perhiasan hingga penggunaan jenis kain, bahkan parfum pada tubuh.

Gatal karena alergi juga bisa terjadi saat seseorang mengonsumsi obat-obatan tertentu, terkena paparan sinar ultraviolet, hingga kondisi cuaca yang lembap.

BACA JUGA: Cara Cegah Iritasi Kulit Akibat Jam Tangan

Cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi reaksi alergi adalah mengoleskan pelembap ekstra saat cuaca dingin atau mengenakan pakaian yang menutup kulit untuk menghindari paparan angin saat keluar rumah.

Dengan menghindari faktor pemicu, menciptakan lingkungan yang bersih, serta mengonsumsi obat antialergi seperti antihistamin, dapat mencegah dan mengatasi gejala yang timbul. Jika gejala terus berlanjut dan menganggu aktivitas, segera konsultasikan pada dokter untuk memastikan apakah yang terjadi pada kulit Sobat. []

About Ibnu Majah

Check Also

Cara Menghindari Pergaulan Bebas Remaja yang Menjerumuskan

Smarteen.co.id – Pergaulan bebas remaja adalah salah satu akibat dari perkembangan jaman yang menghasilkan pergaulan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *