Home / CURHAT / Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Minum Kopi

Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Minum Kopi

Assalamu’alaikum, Dokter. Saya remaja SMA yang sangat suka kopi. Namun, tiap habis minum kopi perut saya selalu sakit. Apakah perut saya tidak tahan dengan kopi atau sebenarnya ada tips agar bisa menikmati kopi tanpa harus sakit perut? Terima kasih. [Rico. 08381987xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Endika Rachmawati
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Wa’alaikumsalam Sobat Rico, nyeri perut seperti itu adalah dispepsia atau sakit maag. Dispepsia merupakan kumpulan gejala yang muncul dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada perut bagian atas.

Gejala yang dirasakan dapat berupa rasa penuh di perut bagian atas, cepat merasa kenyang,  kembung, mual, muntah, nyeri di perut atas, atau pun rasa panas di dada. Dispepsia terjadi karena peningkatan produksi asam lambung sehingga menyebabkan iritasi pada dinding permukaan lambung.

Kondisi ini dapat dipicu oleh pola makan yang tidak teratur, konsumsi makanan pedas, asam, kopi, alkohol, merokok, konsumsi obat-obatan tertentu, serta dapat juga disebabkan oleh stres.

Kandungan kafein dan chlorogenic acid dalam kopi menjadi salah satu penyebab dispepsia. Kafein merangsang peningkatan produksi asam lambung, sedangkan chlorogenic acid dapat menciptakan lingkungan lambung yang lebih asam. Kombinasi keduanya menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

BACA JUGA: Selalu Diare Saat Perubahan Cuaca, Apa Sebabnya?

Jika Sobat mengalami nyeri perut setiap minum kopi, itu menunjukkan bahwa lambung tidak tahan dengan kopi. Solusi terbaik adalah dengan menghindari kopi. Akan tetapi, jika tetap ingin menikmati kopi, berikut tipsnya:

Pertama, jangan mengonsumsi kopi saat perut kosong.

Kedua, membatasi jumlah kopi yang dikonsumsi. Pada umumnya seseorang dapat mengonsumsi 1-2 gelas kopi setiap hari. Akan tetapi, hal tersebut disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Ketiga, mengonsumsi kopi yang rendah kafein atau tidak mengandung kafein.

Keempat, menghindari faktor penyebab nyeri lambung yang lain, misalnya makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak, rokok, dan stres.

Kelima, apabila masih tetap timbul gejala nyeri perut, maka sebaiknya stop mengonsumsi kopi dan segera minum obat lambung. Apabila gejala masih tetap, segera periksa ke dokter.[]

About admin

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *