Home / GADGET / Cara Sederhana Rawat Kamera Agar Tak Mudah Rusak

Cara Sederhana Rawat Kamera Agar Tak Mudah Rusak

Smarteen.co.id — Hai Sobat Smarteen, bagi kamu yang hobi berkarya melalui foto, kamera pasti menjadi sebuah benda yang tak terpisahkan darimu.

Seperti pemiliknya, kamera baik jenis apa pun itu pasti butuh perawatan. Apalagi kamera mahal, kalau tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa dia minta ‘jajan’ banyak, minta biaya perawatan atau perbaikan yang tinggi.

Nah, berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat kameramu. Sudahkah kamu menerapkannya?

Pertama, jauhkan dari air dan kelembapan. Perangkat elektronik, secara umum memang ‘alergi’ dengan air dan kelembapan.

Jika terkena air maupun terpapar kelembapan yang tinggi, perangkat elektronik mudah mengembun, berkarat, korosi, dan rusak.

BACA JUGA: Megapiksel Kamera Smartphone bukan Segalanya, Ini yang Bikin Kualitas Fotomu Bagus

Pastikan ketika kamu menyimpan kameramu aman dari air dan kelembapan, bahkan kamera yang tahan air sekalipun, ketika sudah tidak digunakan di air juga harus dibersihkan lalu dikeringkan sebelum disimpan.

Untuk menghindari kelembapan yang berpotensi menimbulkan jamur dan korosi, simpan selalu kameramu dalam boks kedap udara yang terdapat penyerap kelembapan.

Kedua, gunakan tas kamera yang kuat dan aman. Kuat berarti bahan yang digunakan bagus, tidak mudah robek atau koyak jahitannya, selempang, ritsleting, dan lai-lain yang berkualitas.

Pastikan juga aman, setidaknya dinding tas tersebut dilapisi dengan busa sehingga lebih aman jika terbentur.

Ketiga, jangan dipanaskan. Kamera tidak aman terhadap kelembapan bukan berarti dia aman untuk dijemur di terik matahari.

BACA JUGA: 5 Komposisi Foto Simpel, tapi Keren. Wajib Dicoba!

Perangkat elektronik punya batasan-batasan suhu panas maupun dingin. Jadi jangan menyimpan kamera di dalam jok motor lalu dibawa untuk perjalanan jauh, atau meletakkan kamera di depan dashbor bus pariwisata.

Keempat, bijaklah dalam menggunakan. Memiliki kamera sendiri memang bebas kamu gunakan untuk belajar fotografi. Namun perlu diingat, perangkat elektronik, apalagi kamera DSLR memiliki umur shutter yang semakin berkurang seiring kita menggunakannya.

Asal jepret untuk sesuatu yang tidak akan kamu manfaatkan adalah mubazirloh. Angkat kameramu lalu ciptakan foto terbaikmu, Sobat. []

About admin

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *