Home / CURHAT / Cara Sehat dengan 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Sehat dengan 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Smarteen.co.id — Beberapa di antara kita mungkin pengin rutin berolahraga, tetapi tidak bisa melakukannya karena suatu hal. Misalnya, karena kita terlalu sibuk, sehingga tidak memiliki waktu khusus untuk berolahraga keluar rumah. Hm, jangan salah Sobat, sebenarnya ada banyak cara untuk tetap berolahraga di tengah kesibukan. Salah satunya dengan berolahraga di rumah, cara sehat yang murah dan mudah dilakukan.

Buat Sobat yang supersibuk, sekolah pagi pulang petang, dan masih harus melakukan beragam kegiatan lain di luar itu, kamu bisa melonggarkan waktu selama beberapa saat di rumah untuk berolahraga—ya, berolahraga di rumah. Mudah dilakukan, dengan alat-alat sederhana, dan hasilnya tentu juga tetap bisa maksimal.

Nah, apa saja olahraganya? Yuuuk simak!

Jogging

Yap, jogging bisa kamu lakukan di dalam rumah, tidak harus dengan alat treadmill, tetapi kamu bisa lari-lari kecil di dalam rumah, dari ruang tamu ke dapur atau sebaliknya—jika memang rumahmu cukup luas, jika tidak, kamu bisa lari di tempat atau lari mengitari rumah. Masih di sekitar rumah juga, kan? Nggak harus pergi ke mana-mana.

Sebelum jogging, sebaiknya Sobat melakukan pemanasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot. Untuk waktu jogging juga tidak perlu terlalu lama. Menurut hellosehat.com, lari dengan intensitas rendah selama 30 menit, sebanyak 4-5 kali sepekan sudah cukup optimal untuk membakar kalori.

Gerakan Duduk-Berdiri

Jika kamu terlalu malas untuk jogging, kamu bisa melakukan hal ini. Yap, gerakan duduk-berdiri. Meski tidak seperti olahraga, aktivitas ini sangat berguna untuk melatih pernapasan dan otot-otot kaki.

Caranya pun mudah. Kamu cukup menyiapkan satu kursi sebagai medianya. Lalu lakukan gerakan duduk selama tiga detik, kemudian berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang sesuai irama.

Saat melakukan gerakan ini, pastikan kamu duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, tatapan lurus ke depan, dan posisi perut ditarik ke depan. Jika aktivitas ini rutin kamu lakukan selama 15-20 menit setiap hari, pastinya tubuh kamu akan terasa lebih bugar.

Push-up

Push-up adalah jenis olahraga yang sangat umum dilakukan. Gerakan push-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan, posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.

Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai, dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki lurus. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang selama 5-10 menit setiap hari, dengan jeda waktu istirahat. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

Sit-up

Senada dengan push-up, kamu juga bisa melakukan sit-up. Posisi awal untuk gerakan ini adalah berbaring dengan kaki ditekuk, posisi telapak kaki menyentuh lantai. Atau kaki bisa dalam posisi lurus, tangan diluruskan ke depan, lalu silangkan di depan dada atau tarik ke belakang kepala.

BACA JUGA: Lima Aplikasi Olahraga Android Terbaik

Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, dan turunkan hingga kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu kamu. Jika bisa selama 5-10 menit, sudah cukup baik. Gerakan ini berguna untuk melatih otot di bagian perut.

Wall-sit

Selanjutnya ada wall-sit. Kamu bisa memanfaatkan dinding yang ada untuk melakukan gerakan ini. Berdirilah tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Lalu turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi, setelah tiga detik berdirilah kembali.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu kamu dengan irama sama. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di dalam rumah. Sebenarnya masih ada banyak jenis olahraga lain yang tak kalah simpel. Ada plank, senam aerobik, hula hoop, lompat tali, squat jump, hingga menyapu dan mengepel lantai, serta mencuci pakaian. []

About Ibnu

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *