Home / GADGET / Fotografi Efek Starburst, Ciptakan Pendar Cahaya Seperti Bintang

Fotografi Efek Starburst, Ciptakan Pendar Cahaya Seperti Bintang

Smarteen.co.id — Fotografi efek starburst, ciptakan pendar cahaya seperti bintang. Saat melihat cahaya bintang yang berpendar, bagaimana perasaan kamu? Apakah senang? Ya, kebanyakan orang memang seperti itu. Pendar cahaya memang menyuguhkan panorama yang sangat indah untuk disaksikan.

Nah, apakah panorama luar biasa ini bisa diabadikan dengan lensa kamera? Hmm, jawabannya: bisa! Dalam dunia fotografi, ada yang disebut efek starburst. Inilah teknik fotografi untuk membuat sumber cahaya tampak berpendar seperti bintang. Jadi, bukan bintang saja yang bisa menciptakan pendar nan indah, cahaya lainnya pun bisa. Lampu-lampu kota, misalnya.

Untuk membuat starburst, hal mendasar yang harus dipahami adalah membuat bukaan lensa sekecil mungkin, artinya kita sebaiknya menggunakan angka aperture yang besar (f/11-f/22) dan sebaiknya memanfaatkan lensa yang memiliki focal length lebih pendek.

fotografi starburst

BACA JUGA: Simpel dan Gampang, Begini Cara Membuat Teknik Foto Panodash yang Keren

Kenapa harus seperti itu? Dikutip dari belfot.com, secara fisika cahaya akan mengalami difraksi (penyebaran) saat melewati lubang sempit. Sifat penyebaran cahaya inilah yang membuat sumber cahaya akan terlihat berpendar dan memiliki ‘lidah’, jumlah lidah akan bergantung pada jumlah bilah (blade) aperture dalam lensa.

Berikut ini beberapa tips foto dengan efek starburst di malam hari. Pertama, gunakan tripod. Memotret malam hari dengan angka f yang besar membuat shutter speed akan sangat lama. Jadi pastikan memakai tripod agar hasil foto tidak seperti grafiti.

Kedua, atur ISO di angka yang rendah, dibawah 400, karena kita akan memotret long exposure.  Ketiga, setting fokus. Dengan angka aperture besar, kita tidak akan terlalu pusing memikirkan fokus, tapi kalau mau aman, ambil titik fokus secara manual, atau set di infinity. Terakhir, mulai memotret, dan jangan malas mengulang atau mengubah setting kalau hasilnya belum sesuai keinginan. Selamat mencoba! []

About Ibnu Majah

Check Also

Foto produk dengan smartphone

Tips Foto Produk dengan Smartphone Agar Hasilnya Nggak Kalah dengan Kamera DSLR

Smarteen.co.id — Apakah kamu suka jualan online? Jika iya, kamu perlu tahu tips berikut ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *