Home / INSPIRASI / Ingat, Setiap Orang Punya Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Ingat, Setiap Orang Punya Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

“Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.”

Smarteen.co.id — Pernah nggak sih Sob, mendengar kalimat di atas. Pasti sebagian orang sudah tak asing lagi, bukan? Namun, banyak yang tidak menyadari secara realistis maksud dari kalimat itu. Banyak orang yang gagal memaknai perbedaan setiap individu, baik dari segi kelebihan maupun kekurangan masing-masing.

Terkadang, hal yang membuat kita tidak mampu bangkit untuk menjadi sosok percaya diri adalah karena kita hanya fokus pada satu sisi yang ada, pada kekurangan kita. Padahal, bisa jadi kita memiliki banyak sekali sisi. Coba deh Sob, lihat kekurangan itu dari sisi lain. Sangat mungkin sisi tersebut justru memiliki volume kekuatan yang luar biasa.

Kekurangan Bukan Halangan

Dalam kehidupan remaja di bangku sekolah, kerap ada pandangan bahwa seseorang yang tidak menguasai matematika pasti akan suram masa depannya. Seseorang bisa menjadi minder hanya karena ia tidak bisa menyanyi atau bermain musik lantaran berbagai sebab.

Perlu diingat, tidak bisa matematika bukan berarti segalanya menjadi tertutup. Tidak lulus tes masuk sekolah/universitas negeri bukan berarti lantas masa depan menjadi suram, kan?

kelebihan vs kekurangan

Banyak orang yang tetap berhasil meski menurut pandangan umum dia pasti akan gagal. Kita tidak tahu masa depan seperti apa, jadi lakukan apa yang menurut kita mampu tanpa harus memandang dari sisi kekurangan yang kita miliki.

Tidak bisa bermain musik bukan berarti kita menjadi kuper. Allah Mahaadil, tidak mungkin seseorang diciptakan tanpa kelebihan apa pun. Barangkali, selama ini kita belum menyadarinya saja.

Misalnya, ketika kita tidak bisa main musik, tapi kita bisa menjadi seorang pendengar yang baik. Ketika kita gagal menguasai ilmu matematika dan eksakta, mungkin minat kita memang bukan menjurus ke sana.

Menjadi juara bukan berarti harus mendapat nilai sempurna dalam matematika. Bisa saja kan kita menjadi juara di bidang lain dengan nilai sempurna? Intinya, setiap orang bisa menjadi yang terbaik, dalam bidangnya masing-masing.

BACA JUGA: Cara Mencintai Diri Sendiri dengan Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

Kita kenal Albert Einstein. Ia memiliki kekurangan, yaitu terlambat berbicara dan mengidap autisme. Semasa kecil juga dicap sebagai orang bodoh. Namun, siapa sangka hidupnya akan berubah dan menjadi ilmuwan terkenal sampai sekarang.

Kenali Kelebihanmu!    

Orang-orang sukses adalah orang-orang yang fokus pada kelebihan yang dimiliki. Mereka mampu menemukan kelebihan pada dirinya, kemudian melengkapi dan mengembangkannya.

Sementara, orang gagal adalah mereka yang hanya memikirkan kekurangan. Di matanya selalu terpampang segala ketidakmampuannya untuk melakukan sesuatu. Tanpa sadar hal tersebut justru membuatnya abai terhadap kelebihan yang sebenarnya ada pada dirinya.

So, lihat diri kita Sobat! Kita pasti memiliki satu atau lebih kelebihan dibanding orang lain. Mungkin kita tidak pandai berpidato atau berceramah saat presentasi, tapi kita bisa menjadi pendengar dan pencatat yang baik.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rasa Iri Terhadap Pencapaian Orang Lain

Tidak perlu pula menjadi politikus atau penceramah, tapi kita bisa menjadi psikolog yang mau mendengar dan menganalisis keluhan orang lain. Dan masih banyak contoh lainnya. Jika satu profesi tak cocok dengan kita, karena kekurangan kita, percayalah, masih ada banyak profesi lain yang membutuhkan kemampuan kita!

Mungkin kita tidak ahli di bidang tertentu, tapi kita pasti mempunyai suatu hal yang membuat kita istimewa di mata orang lain. Tidak perlu khawatir mencoba, jangan takut gagal. Jangan sesali apa yang sudah Allah berikan pada kita.

Orang sukses tanpa ada kekurangan itu sudah biasa. Namun, jika kita bisa sukses meski memiliki kekurangan, itu baru luar biasa. Nah, gimana menurutmu, Sob? []

About Ibnu

Check Also

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Sejuta Kebaikan

Smarteen.co.id –- Apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Mari simak ulasan berikut ini. Sebab, Ramadhan adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *