Home / EKSIS ABIS / Muhammad Alif Zhafran, Juara Lomba Hafiz yang Tekun Hafalan Tiap Selesai Salat

Muhammad Alif Zhafran, Juara Lomba Hafiz yang Tekun Hafalan Tiap Selesai Salat

Smarteen.co.id — Prestasi tidak akan didapat hanya dengan simsalabim. Hal inilah yang diyakini Muhammad Alif Zhafran, juara harapan III Lomba Hafiz Al-Qur’an se-Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, sehingga dia senantiasa tekun, banyak berdoa, dan bekerja keras.

Apa impian Alif? Sederhana, ingin membahagiakan orang tua dan menjadi imam masjid di daerahnya. Hal ini diungkapkan Alif kepada Smarteen di sesi wawancara beberapa waktu silam.

Ikut Lomba

Menjadi hafiz Al-Qur’an adalah salah satu jalan yang Alif tempuh untuk mewujudkan mimpinya. Dia pun senantiasa tekun menghafalkan Al-Qur’an. Setiap hari Alif menghafal selepas salat wajib.

Di tengah perjuangannya, Kementerian Agama Bireuen, Aceh, mengadakan lomba hafiz Al-Qur’an se-Provinsi Aceh. Alif berkesempatan terpilih mewakili sekolah untuk mengikuti lomba tersebut. Alif pun semakin semangat menghafal Al-Qur’an.

“Motivasi saya ikut lomba ingin membanggakan orang tua dan sekolah. Juga ingin mendapat pengalaman lebih,” begitu motivasi siswa kelas VIII B (Abu Bakar Ar Razi) SMPIT Azkiya Bireuen Aceh ini.

Saat Lomba

Sebelum mengikuti lomba hafiz ini, Alif mengaku belum pernah mengikuti lomba lainnya. Tak ayal, Alif sempat grogi awalnya, ditambah dia mendapat urutan tampil nomor 3 dari kurang lebih sebanyak 60 peserta.

BACA JUGA: Syifaul Ummah, Siswi SMAN 3 Demak yang Berprestasi Setelah Berhasil Bangkit dari Keterpurukan

“Agar tidak grogi, saya berusaha meyakinkan diri sendiri. Ustaz dan ustazah juga selalu memotivasi saya,” tutur pelajar yang ingin mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an ini, ketika ditanya tips menghilangkan grogi.

Selain tips di atas, Alif juga menyampaikan bahwa berlatih dengan baik, memilih makanan yang tidak berminyak sebelum lomba, meminta rida orang tua, dan berdoa pada Allah adalah salah satu jalan agar diberikan ketenangan.

Bosan Menghafal?

Alif mengaku tidak bosan menghafal Al-Qur’an, karena itu adalah keinginannya sendiri. Namun jika lelah, tentu pernah. Terkait ini, Alif punya cara untuk mengatasinya, yaitu dengan berhenti sejenak untuk minum atau tidur (istirahat sesaat).

Sob, Alif juga punya saudara kembar bernama Muhammad Aqil Zhafran, lho. Menurut informasi dari gurunya, Alif dan Aqil mengikuti wisuda bintang Al-Qur’an Azkiya angkatan ke VIII kategori 2 Juz, pada 17 Desember 2017.

“Ayo Sobat muda, jangan lupa untuk menghafalkan Al-Qur’an setiap hari setelah salat wajib. Ulang dan ulangi terus,” pesan Alif bagi Sobat Smarteen. [Rahmawati Eki]

About admin

Check Also

Campus Expo

Kamas dan SMA Al Islam 1 Surakarta Gelar Edu Expo untuk Tambah Wawasan Perguruan Tinggi

Smarteen.co.id — Bagi siswa kelas XII SMA/Sederajat, momen penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi (PT), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *