Home / Uncategorized / Opini Pelajar: Jangan Sampai Otak Kita Digantikan Mesin – oleh Ika Amalia

Opini Pelajar: Jangan Sampai Otak Kita Digantikan Mesin – oleh Ika Amalia

Smarteen.co.id — Kejayaan merupakan hal yang paling diharapkan dan diimpikan oleh setiap manusia. Islam pernah berjaya pada masanya, yaitu ketika hadir ilmuwan-ilmuwan yang ahli di berbagai bidang.

Sebagai generasi muda yang up to date, seharusnya kita bisa mengembalikan kejayaan itu. Mari kembalikan kejayaan Islam dengan menghasilkan karya dan teknologi masa kini yang bermanfaat.

Lihat alam sekitar, bagaimana matahari bersinar dan bumi berputar? Semua ada penjelasannya dalam Alquran. Jadikan waktu dan kesempatan yang dimiliki untuk menciptakan teknologi. Membuka jendela dunia yang masih tersembunyi. Fakta beberapa abad yang lalu, Islam memiliki jiwa dan skill dalam ilmu pengetahuan. Menciptakan teori-teori dari misteri alam.

Jadilah generasi islamiah yang turut berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Tidak hanya menjadi konsumen yang buta akan perkembangan zaman. Mahfudzat Arab mengatakan, yang artinya, “Coba dan perhatikanlah, niscaya kamu jadi orang yang tahu.”

Lihat di luar sana, banyak ilmuwan-ilmuwan yang sudah menemukan teknologi terbaru. Jadi sudah enggak zaman lagi kita sebagai anak muda hanya berhura-hura tanpa berkarya.

Sekadar mengotak-atik barang bekas jauh lebih bermakna dibandingkan berjalan tanpa arah. Di zaman modern seperti ini, sudah banyak komunitas berkarya, dan kamu bakalan ketinggalan kalau masih saja belum tahu harus berbuat apa.

mesin otak

BACA JUGA: Kini Saatnya Pemuda Jadi Agen Perubahan

Jadilah seperti mutiara di tengah lautan yang sulit ditemukan orang awam. Jangan jadi sampah di masyarakat yang kerjanya cuma mondar-mandir enggak jelas.

Setiap manusia dibekali otak dan akal untuk berpikir. Sungguh disayangkan jika otak dan akal tersebut tidak digunakan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Hampir semua tenaga manusia digantikan oleh teknologi mesin agar lebih mudah.

Jangan sampai otak kita juga digantikan oleh mesin. Mesin tidak berjalan sendiri, tetapi dijalankan manusia, dan itu berbekal ilmu pengetahuan.

Berdasar perkembangan teknologi, sudah banyak mesin yang diciptakan otomatis, beroperasi sendiri, tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menggerakkan. Cukup dihidupkan sekali dan akan bekerja sendiri seterusnya. Kehadiranmu tanpa ilmu pengetahuan akan semakin tersingkirkan.

Coba kita ciptakan slogan baru, “Enggak ngerti ilmu pengetahuan, enggak gaul.” Jika tidak mengerti ilmu pengetahuan atau tidak menerapkan ilmu yang dimiliki, maka kamu akan seperti zombi yang berjalan, tapi tidak berguna di masyarakat. []

TEEN JOURNALIST
Ika Amalia
MAN 2 Kota Tangerang

About Ibnu Majah

Check Also

Corona Sudah Masuk Indonesia. Jangan Panik, Begini Gejala dan Cara Mencegah Virus Corona

Smarteen.co.id — Sobat Smarteen, kalian semua sudah tahu dong kalau sekarang kabar tentang virus corona …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *