Home / CURHAT / Tangan Sering Gemetar Sendiri, Begini Cara Mengatasinya

Tangan Sering Gemetar Sendiri, Begini Cara Mengatasinya

Asalamualaikumdokter, saya seorang remaja SMA. Kenapa ya, akhir-akhir ini tangan saya sering gemetar sendiri? Apakah ada kemungkinan penyakit tertentu? Gejala ini bukan karena sedang ketakutan atau habis jatuh, dan sebagainya. Terima kasih. [08572976xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Novia Kartiningrum
Dokter Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI

Wa’alaikumsalam. Tangan gemetaran biasa disebut tremor. Tremor adalah gerakan yang tidak dikehendaki, tidak bertujuan, akibat kontraksi otot-otot.  Terkadang, tangan kita gemetaran dan kita tak tahu apa alasannya.

Berdasarkan gejalanya, tremor dibedakan menjadi beberapa hal. Ada tremor parkinson yang terjadi pada seseorang dengan penyakit parkinson. Gejala khas parkinson berupa tremor yang muncul pada saat istirahat dan berkurang saat pergerakan.

Selanjutnya ada tremor esensial. Ini merupakan tremor yang paling umum terjadi dan biasanya berkembang dalam waktu bertahun-tahun dan umumnya tidak berhubungan dengan proses penyakit apa pun.

Gejalanya meliputi tangan gemetaran saat melakukan aktivitas, suara bergetar saat berbicara, kesulitan berjalan, dan lainnya. Hal ini semakin berat akibat stres, kelelahan, kelaparan, kafein, rokok, dan suhu ekstrem.

Jenis tremor yang lain adalah tremor serebelum akibat stroke, tumor, penyakit multiple sclerosis, alkohol, dan obat-obatan. Ada lagi, tremor fisiologis yang terjadi pada keadaan hipoglikemia (kadar gula darah rendah), kelenjar tiroid terlalu aktif, atau pengaruh obat-obatan.

BACA JUGA: Cara Cegah Iritasi Kulit Akibat Jam Tangan

Tremor psikogenik, tremor yang muncul atau menghilang tiba-tiba dan berubah-ubah lokasinya, serta berhubungan dengan kondisi mental.

Tremor harus dicari penyebabnya dan diobati sesuai penyebabnya. Untuk mendiagnosis jenis tremor, perlu dilakukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisik langsung, dan pemeriksaan penunjang yang sesuai (tes darah, rontgen, USG, EMG, dan lain-lain).

Pengobatan yang akan diberikan tergantung jenis tremor yang diderita. Sebagian tremor akan hilang jika faktor yang menyebabkannya dapat diatasi.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi tremor misalnya istirahat yang cukup, menghindari konsumsi alkohol, kafein, dan rokok. Menghindari stres serta makan makanan yang sehat dan bergizi.   Sebaiknya berkonsultasi ke dokter atau spesialis saraf untuk penanganan lebih lanjut. []

About admin

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *