Home / EKSIS ABIS / DUNIA KAMPUS / Tips Ampuh Buat Raih Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Tips Ampuh Buat Raih Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Smarteen.co.id — “Aku pengin sih kuliah di luar negeri, tapi bisa nggak, ya? Gimana sih cara mendapatkan beasiswa di luar negeri?”

Well, barangkali pertanyaan di atas kerap terlintas di benak Sobat. Apalagi jika ada teman yang sudah berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Rasanya, pengiiin banget seperti dia.

Untuk bisa lolos beasiswa kuliah di luar negeri itu gampang-gampang susah. Apalagi zaman sekarang ada banyak pihak yang menyediakan beasiswa. Intinya, kesempatan terbuka lebar. Asal ada kemauan pasti ada jalan.

Nah, buat Sobat yang bermimpi untuk mengenyam pendidikan dengan beasiswa di luar negeri, Smarteen telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi. Simak ya!

Latih Kemampuan Berbahasa Inggris

Melatih kemampuan berbahasa Inggris dengan fasih adalah hal yang wajib Sobat lakukan. Ketika kamu berada di negeri orang, bahasa Inggris adalah bahasa yang akan banyak kamu gunakan untuk berkomunikasi, baik dalam percakapan sehari-hari ataupun dalam perkuliahan.

Selain itu, untuk lolos seleksi beasiswa kuliah di luar negeri, kamu mesti lolos tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, atau sebagainya.

BACA JUGA: Tips Raih Beasiswa Kuliah di Dalam dan Luar Negeri

Tingkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik

Ini sebenarnya umum, sih. Mau kuliah di mana pun, kamu harus punya bekal kemampuan akademik yang baik. Apalagi jika ingin kuliah di luar negeri, tentu materi yang bakal diujikan pun tingkatnya juga internasional. So, terus belajar giat, ya!

Di sisi lain, prestasi non-akademik pun bisa menjadi modal untuk meraih kesempatan kuliah di luar negeri. Ada banyak kampus yang menerima mahasiswa berdasar kemampuan non-akademiknya. Misalnya kamu jago di bidang olahraga, seni, dan sebagainya. Kembangkan terus, ya.

Persiapkan Application Essay

Kebanyakan kampus di luar negeri memberlakukan syarat penulisan esai bagi calon mahasiswa. Misalnya universitas di Amerika Serikat. Di sana, ada banyak pelamar dari berbagai penjuru dunia, maka untuk mengenal pelamar secara lebih jauh, pihak universitas meminta esai tentang diri sendiri.

Esai yang diminta umumnya lebih kepada seputar kehidupan kamu beserta kontribusi yang telah dilakukan, sekaligus rencana-rencana ke depan yang ingin diwujudkan setelah menjadi mahasiswa. Bahkan, tidak sedikit universitas yang meminta calon mahasiswa untuk menulis seluruh rencana rangkaian studi yang akan dilakukan secara detail, sampai pada topik riset yang hendak disusun.

Cari Letter of Recommendation

Surat rekomendasi ini beragam bentuknya. Kamu bisa memperoleh dari guru di sekolah, tokoh masyarakat, atau orang-orang yang memiliki pengaruh (ahli) di bidang-bidang tertentu. Tentunya, orang yang membuat surat ini harus benar-benar mengenal kamu, sehingga dapat memberi gambaran tentang siapa diri kamu.

BACA JUGA: Apa Kabar Masa Depan Kita? Sudah Siapkah Berprestasi dan Mewujudkan Mimpi?

Rajin Cari Informasi

Syarat untuk kuliah dan mendapat beasiswa di luar negeri sangat beragam. Maka, kamu harus rajin cari informasi.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjelajah internet, bertanya pada orang-orang yang sudah kuliah di luar negeri, konsultan pendidikan, mengunjungi pameran pendidikan luar negeri, dan sebagainya. Intinya, jangan ragu untuk mencoba, berjuang, dan berdoa. Insya Allah, tiada perjuangan yang akan sia-sia. Selamat berburu kampus favorit di luar negeri. []

About Ibnu Majah

Check Also

Tips Agar Bisa Belajar di Rumah dengan Fokus dan Asyik

Smarteen.co.id — Sobat Smarteen, mengacu pada imbauan pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran virus corona COVID-19, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *