Home / NETIZEN / Tips Hidup Hemat Tanpa Menjadi ‘Perhitungan’

Tips Hidup Hemat Tanpa Menjadi ‘Perhitungan’

Smarteen.co.id — Masa remaja adalah masa di saat tantangan hidup terasa baru. Di mana seorang manusia sedang mencari jati dirinya.

Sekarang ini, remaja merupakan sasaran ekonomi pasar. Seorang remaja tengah sibuk memamerkan eksistensinya. Saat di mana seorang remaja sedang memperhitungkan barang miliknya.

Saat ini remaja sedang dituntut untuk tetap hemat tanpa ‘perhitungan’. Mengapa? Karena ketika seorang remaja sibuk memamerkan eksistensinya inilah yang membuatnya seakan lupa diri. Melupakan mana kebutuhan yang harus dibelinya, dan mana keinginan yang akan membutakannya.

Hemat? ‘Perhitungan’? Mungkin hanya berbeda tipis. Ya, hemat adalah suatu tindakan di mana kita memilih atau menggunakan suatu barang secukupnya dan seperlunya. Sedangkan ‘perhitungan’ adalah tindakan memperhitungkan apa saja yang kita keluarkan.

Kalau kita berhemat dengan uang yang kita miliki, kita membelanjakan uang bila memang membutuhkan. Yes, that’s right. Berbeda dengan ‘perhitungan’. Orang yang ‘perhitungan’, menggunakan uang dengan benar-benar minim, hanya fokus ke situ tanpa mempertimbangkan faktor lain.

BACA JUGA: 8 Jenis Pekerjaan Seru buat Kamu yang Berjiwa Petualang

Misal, sedang ingin membeli sepatu. Orang ‘perhitungan’ akan mencari sepatu dengan harga yang murah hingga melupakan fungsi sepatu yang sebenarnya. Nah, jangan sampai kita menjadi orang yang ‘perhitungan’. Berikut adalah beberapa trik menjadi remaja hemat tanpa ‘perhitungan’.

Pertama, list apa saja yang akan dibeli untuk menghindari membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Kedua, membeli barang dengan mengutamakan fungsinya. Ketiga, jika barang yang kita butuhkan mahal harganya, pastikan jangan sampai tertipu.

Keempat, beli yang memang kita butuhkan, bukan kita inginkan. Kelima, menabunglah, agar suatu saat ada keperluan tak perlu utang. Keenam, tulis lalu lintas keuangan agar bisa kita gunakan untuk evaluasi.

Nah, itu beberapa tips menjadi remaja hemat tanpa ‘perhitungan’. Hidup kita ada di tangan kita. Baik buruknya kita yang mengarahkan. Jangan lupa, hemat adalah pilihan.[]

Ervina Maulidya
SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School (ABBS) Surakarta

About admin

Check Also

dibully karena fisik

Pengalaman Hidup: Akan Kubuktikan, Seseorang Tidak Dinilai dari Fisiknya

Smarteen.co.id — Hari itu aku menahan air mataku sekuat tenaga agar tak lagi mengalir di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *