Home / GADGET / Tips Memilih Kamera Mirrorless untuk Pemula

Tips Memilih Kamera Mirrorless untuk Pemula

Smarteen.co.id — Beberapa tahun lalu, banyak orang menenteng kamera DSLR untuk mengabadikan acara-acara. Bahkan, saat jalan-jalan pun banyak yang menenteng kamera DSLR yang berukuran besar.

Saat ini, makin banyak orang yang lebih memilih kamera yang lebih ringkas dengan memilih mirrorless (kamera yang tidak memiliki cermin dalam proses menangkap gambarnya seperti pada kamera DSLR).

Lalu, kamera mirrorless yang bagaimana dan yang harga berapa yang pas untuk jadi pilihan Sobat? Simak beberapa poin berikut ini.

Pertama, apa yang kamu butuhkan. Membeli kamera tentu karena kamu membutuhkan untuk memotret, dan masing-masing orang beda-beda kebutuhannya.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu membeli untuk memotret produk? Untuk mengabadikan foto jalan-jalan? Untuk selfie? Atau yang lainnya? Hal ini berkaitan dengan seberapa cepat fokus kamera tersebut, bagaimana kualitas gambar atau video yang dihasilkan, dan sebagainya.

Kedua, sesuaikan dengan budget. Jika kamu ingin membeli kamera mirrorless untuk menemani jalan-jalan dan nanti bisa untuk pasang foto dan video di media sosial, tentu tak perlu membeli kamera mirrorless yang harganya hingga puluhan juta.

BACA JUGA: Cara Sederhana Rawat Kamera Agar Tak Mudah Rusak

Jika kamu membeli mirrorless untuk keperluan vlog, perlu pertimbangkan beberapa hal. Selain kualitas hasil video, lihat juga seberapa cepat autofokusnya di tempat yang terang maupun remang-remang. Dari situ kamu bisa sesuaikan dengan anggaran yang Sobat punya.

Ketiga, sensor yang digunakan. Saat ini, ada beberapa jenis sensor yang terdapat di kamera mirrorless. Full frame, APS-C, four thirds, 1 inch, dan 1/7 inch. Sensor full frame dan APS-C banyak dipakai di kamera DSLR dan mirrorless.

Sensor four thirds atau micro four thirds juga banyak digunakan kamera mirrorless. Sedangkan sensor 1 inch dan 1/7 inch jarang sekali digunakan di DSLR atau mirrorless. Jika kamu sangat memperhatikan kualitas gambar yang nanti ingin kamu dapatkan dengan mirrorless tersebut, maka pertimbangkan juga sensor yang digunakan.

Jangan hanya melihat megapixell-nya ya, Sob. Menggunakan kamera mirrorless memang lebih ringkas dari DSLR, tetapi ini tidak signifikan jika dibandingkan dengan kamera pocket atau action cam. Jadi, sudah menentukan pilihan ingin kamera mirrorless yang seperti apa? []

About admin

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *