Home / INSPIRASI / Trik Menghemat Kuota Internet Agar Pemakaian Internetmu Nggak Jebol

Trik Menghemat Kuota Internet Agar Pemakaian Internetmu Nggak Jebol

Smarteen.co.id — Sobat, dalam sebulan rata-rata berapa kuota internet yang kamu habiskan di smartphone kamu? 5, 10, atau justru malah sampai 30 Giga? Dari sekian giga itu, kalau dirupiahkan sudah berapa puluh ribu rupiah?

Sebenarnya jika kita mau sedikit lebih jeli, kita bisa menghemat kuota yang kita gunakan dalam smartphone, sekalipun smartphone kamu tidak memiliki fitur penghemat kuota, karena kita sendiri yang akan mengontrolnya. Gimana caranya? Berikut Smarteen merangkumnya untuk Sobat semua.

Pertama, matikan fitur autoupdate aplikasi.

Dalam jangka waktu tertentu, aplikasi di smartphone memang butuh update untuk penyempurnaan atau menambahkan fitur-fitur yang baru. Namun, tidak selalu update yang baru itu mendesak dan kamu butuhkan saat itu juga.

Solusinya, dengan mematikan autoupdate kamu bisa meng-update secara manual ketika sedang berada di area yang ter-cover wi-fi.

BACA JUGA: Tips Optimalkan RAM Mini Agar Kinerjanya Maksi

Kedua, matikan autosync.

Akun-akun yang ada di dalam smartphone terhubung dengan data yang tersimpan secara online. Sehingga ketika kamu mengubah data yang ada di smartphone dalam kondisi autosync menyala, maka smartphone akan otomatis melakukan sinkronisasi. Dan aktivitas sinkronisasi ini memerlukan kuota internet untuk lalu lintas datanya.

Tentu tidak perlu mematikan semua autosync yang ada di smartphone, tetap aktifkan di beberapa layanan yang memang kamu butuhkan selalu update, misalnya akun Google kamu yang di dalamnya ada sync Contacts, Gmail, Keep, dan yang lainnya.

Ketiga, gunakan resolusi gambar yang kecil.

Jika kamu termasuk orang yang sering berselancar menggunakan browser di smartphone kamu, aturlah agar gambar yang di-load adalah gambar dengan resolusi yang kecil. Sehingga proses load halaman jadi lebih cepat dan kuota lebih hemat. Kamu bisa atur kembali agar me-load gambar dengan resolusi tertinggi hanya saat dibutuhkan saja.

Keempat, streaming video lowresolution.

Prinsip kerjanya sama dengan resolusi gambar. Semakin tinggi kualitas video yang kamu tonton di YouTube semakin berat pula untuk memuatnya, dan tentu saja lebih boros kuota.

Dengan layar smartphone yang kecil, kamu cukup menonton video dengan resolusi 480p atau 360p saja. Jika membutuhkan untuk nonton video dengan detail yang tinggi baru maksimalkan resolusinya.

Kelima, coba cek bagian ini.

 Jika langkah-langkah di atas sudah Sobat lakukan tetapi masih boros juga kuota kalian, coba cek di bagian Data Usage.

BACA JUGA: Tips Cepat Pakai Microsoft Word, Manfaatkan Shortcut-Shortcut Ini

Di sini akan kelihatan aplikasi apa saja yang paling banyak menyedot kuota kalian. Jika aplikasi tersebut memang jarang kalian gunakan atau tidak terlalu penting, tetapi memakan banyak kuota sebaiknya uninstall saja. Toh, jarang digunakan juga kan? Jadi kebutuhan Sobat tidak terganggu tetapi kuota bisa jadi lebih hemat. Selamat mencoba. []

About admin

Check Also

doa tahiyat akhir

Bacaan Sholat; Doa Tahiyat Akhir (Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Smarteen.co.id — Membaca doa tahiyat akhir merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *