Home / GADGET / Tips Optimalkan RAM Mini Agar Kinerjanya Maksi

Tips Optimalkan RAM Mini Agar Kinerjanya Maksi

Sobat pengguna smartphone android? Berapa kapasitas RAM yang ada di smartphone kamu? Makin tinggi RAM yang ada dalam perangkat pintar tersebut akan berbanding lurus dengan kemampuan kinerja yang bisa dilakukan.

Namun, kapasitas besar belum tentu bisa memberikan performa yang optimal, kadang kamu masih menemui kendala bahwa smartphone kamu ngelag atau lemot.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar smartphone kamu tetap bekerja optimal dengan kapasitas RAM seadanya.

Pertama, periksa aplikasi yang berjalan di background.

Beberapa smartphone memasang banyak aplikasi bawaan yang belum tentu kita butuhkan. Tahukah Sobat, masing-masing aplikasi yang berjalan menggunakan RAM yang ada di dalam smartphone?

BACA JUGA: Tips Memilih Kamera Mirrorless untuk Pemula

Akibatnya, semakin banyak aplikasi yang berjalan semakin berat kinerja smartphone, jadi lemot deh. Buka di pengaturan, aplikasi, lalu non-aktifkan aplikasi yang tidak diperlukan.

Aplikasi besar seperti facebook bisa kamu uninstall saja, jika kamu memerlukannya gunakan facebook lite atau buka facebook melalui browser ringan seperti opera mini atau uc browser mini.

Google Chrome juga termasuk aplikasi berat untuk smartphone dengan RAM minim. Non-aktifkan saja dan gunakan browser yang ringan. Cobain, dan rasakan kinerja smartphone kamu sedikit lebih cepat.

Kedua, gunakan animasi transisi yang sederhana.

Animasi transisi dari halaman menu pertama ke halaman selanjutnya memang menarik jika kita pilih yang atraktif. Pergeseran menu bisa berputar-putar atau beterbangan di layar. Unik, tetapi keunikan itu membebani kinerja smartphone.

Buat kamu yang ingin performa smartphone-nya meningkat, disarankan menggunakan pergeseran yang standar, swipe standar. Keren sih, tetapi jika itu justru membebani malah enggak keren lagi.

BACA JUGA: Tips Memilih Laptop buat Anak Sekolah

Ketiga, jangan gunakan live wallpaper.

Wallpaper air terjun yang bisa bergerak memang bisa bikin yang melihat jadi adem. Tapi tahukah kamu, ketika kamu menggunakan wallpaper yang bergerak itu menambah beban kerja dari RAM? Saat ini banyak kok wallpaper statis yang keren, tinggal kamu unduh yang kamu suka.

Jadi, kalau smartphone kamu punya RAM jumbo, misal 3GB lebih enggak masalah sih mau pasang aplikasi dan fitur beraneka macam agar keren. Namun jika RAM kamu terbatas, setidaknya tiga hal di atas bisa membantu kamu mengatasi masalah smartphone lemot karena RAM mini. Selamat mencoba, Sobat.[]

About admin

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *