Cara Jualan Online Bagi Pemula Agar Cepat Laku

Smarteen.co.id — Bagaimana cara jualan online laris di Facebook? Ini adalah salah satu contoh pertanyaan yang belakangan ini menjadi snagat sering ditanyakan oleh orang-orang. Pasalnya, jual-beli di aplikasi online memang tengah marak di kalangan masyarakat.

Orang-orang ramai-ramai menjajakan dagangannya secara online di berbagai aplikasi. Ada yang melalui marketplace, ada pula yang melalui media sosial. Semuanya dicoba, sebab semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kalau Sobat Smarteen di sini juga berminat untuk belajar jualan secara virtual, berikut ini akan kami bagikan beberapa kiat agar produk yang dijual cepat laku dan segera mendatangkan profit atau keuntungan.

Namun sebelum itu, untuk memulai suatu usaha kebanyakan orang selalu memikirkan soal modal. Ya, modal memang penting. Namun, di era digital seperti sekarang ini, urusan soal modal ini bisa diakali. Tidak punya modal pun kita tetap bisa berjualan.

Cara Jualan Online Tanpa Modal

cara jualan online

Jika di zaman dahulu jualan memerlukan modal yang besar untuk membeli stok produk, saat ini menjadi seorang pedagang tanpa modal uang sepeser pun bukanlah hal yang mustahil. Bahkan sangat mungkin untuk dilakukan.

Lalu bagaimana caranya? Sederhananya, tinggal memanfaatkan keberadaan internet. Kita semua pasti sudah tahu kalau zaman sekarang ini hampir semua orang sudah melek internet. Semua orang memiliki ponsel dan bisa berselancar di dunia maya.

Nah, inilah lahan pasar bagi kita yang ingin menjadi seorang penjual online. Tinggal memasarkan produk-produk kita di internet. Bisa melalui website, aplikasi marketplace, aplikasi sosial media, dan sebagainya.

Salah satunya kita bisa memanfaatkan marketplace Shopee. Lalu, bagaimana cara jualan online di Shopee? Untuk jualan di marketplace seperti Shopee, atau mungkin marketplace lainnya, sebenarnya cukup mudah.

BACA JUGA: Ide Menu Takjil untuk Bisnis di Bulan Ramadan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun di marketplace tersebut. Ini bisa dilakukan secara gratis. Jika sudah punya akun, kita bisa langsung mengunggah atau meng-upload produk-produk jualan kita, kemudian mempromosikannya.

Dari mana kita bisa mendapat produk jika kita tidak punya modal untuk membelinya di awal? Tenang, saat ini ada yang namanya sistem dropship. Kamu bisa menjadi dropshipper dengan cara menjualkan produk orang lain.

Jika ada konsumen yang tertarik dan mau membeli, tinggal kamu pesankan ke tempat orang yang punya produk itu. Tentunya dengan harga yang lebih rendah daripada harga jual kamu ke konsumen. Jadilah kamu mendapatkan keuntungan.

Tips Berjualan Online di Aplikasi

Selain jualan di aplikasi Shopee, kamu juga bisa jualan di Facebook, atau bahkan di WhatsApp atau WA. Bagaimana cara jualan online di WA dan Facebook? Sebenarnya, cara berjualan di aplikasi itu tidak jauh berbeda antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya.

Tinggal posting produk, lalu menunggu pembeli datang. Sesimpel itu. Jadi, pelajar seperti Sobat semua pun sangat bisa untuk melakukannya. Hal terpenting di sini adalah seperti apa cara kamu memperkenalkan produk kepada netizen atau pengguna internet.

BACA JUGA: Tips Foto Produk dengan Smartphone Agar Hasilnya Nggak Kalah dengan Kamera DSLR

Beberapa tips agar produk yang dijual secara online bisa laris adalah dengan membuat marketing yang menarik. Misalnya dengan memasang foto produk yang sebaik mungkin. Kemudian, buat juga ulasan atau copy writing dengan kata-kata yang membuat orang pengin membeli produk kamu.

Memberikan diskon atau bonus-bonus lain pun juga bisa kamu lakukan agar jualan kamu semakin laku. Hal ini berlaku untuk segala jenis produk jualan. Cara jualan online makanan memiliki teknik  marketing yang tak jauh berbeda dengan cara jualan produk yang lainnya. Ayo segera coba berjualan secara online! []

About Ibnu

Check Also

poster kesehatan lingkungan

5 Contoh Poster Kesehatan Lingkungan yang Keren Banget

Smarteen.co.id – Poster kesehatan lingkungan merupakan salah satu jenis poster yang banyak dibuat oleh masyarakat, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *