Home / KULINER / Ide Menu Takjil untuk Bisnis di Bulan Ramadan

Ide Menu Takjil untuk Bisnis di Bulan Ramadan

Smarteen.co.id — Sob, pengin Ramadan tahun ini terasa berbeda dari biasanya? Menjadi lebih produktif dan semangat? Hm… mungkin kamu bisa coba berbisnis dengan memanfaatkan ide menu takjil ini. Lho, kok bisnis?

Bisnis yang dipilih di sini adalah bisnis jualan takjil. Pasti seru banget tuh. Waktu kita akan produktif karena digunakan untuk hal bermanfaat di kala menunggu saat berbuka, kita juga tambah semangat karena bakal berjuang untuk menjual dagangan.

Belum lagi menyiapkan makanan untuk berbuka puasa kan termasuk perbuatan yang mendatangkan pahala. So, sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui deh.

Buat yang masih bingung mau jualan apa, nih Smarteen bagi kasih ide beberapa menu takjil yang nggak biasa. Dijamin daganganmu bakal lebih dilirik oleh orang-orang yang sedang ngabuburit.

Menu Takjil Singkong Goreng Crispy

ide menu takjil

Kenapa makanan ini unik? Sebab, biasanya singkong hanya dibuat menjadi olahan manis sebagai menu takjil. Entah kolak, lemet, atau yang lainnya. Kalau singkong goreng crispy, agak jarang kan?

Apalagi makanan ini memang cocok banget buat menu berbuka, sebab menu buka baiknya memang nggak terlalu mengenyangkan. Nanti setelah Salat Tarawih, baru deh makan-makanan berat.

BACA JUGA: Bingung Jajanan Takjil? Bernostalgia Bareng Bola Ubi Kopong, Yuk!

Untuk bahan-bahannya, siapkan 400 gr singkong rebus, lalu potong memanjang; 50 gr tepung terigu; 50 gr tepung beras; garam dan gula, 150 ml air; dan minyak goreng.

Lalu buat dengan langkah ini; campur tepung, garam, gula, kemudian masukkan air perlahan. Aduk sampai adonan mengental; masukkan singkong ke dalam adonan tepung; panaskan minyak; goreng singkong sampai berwarna cokelat keemasan; angkat dan siap disajikan.

Ide Takjil dengan Cireng Variasi Isi

ide menu takjil

Cireng untuk menu takjil? Hmnggak biasa memang, tapi pasti enak banget. Apalagi jika yang kamu jual adalah cireng dengan berbagai variasi isi, insya Allah dalam waktu singkat bakal ludes diborong konsumen.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuatnya antara lain, 300 gr tepung aci; 150 gr tepung terigu; 2 siung bawang putih, haluskan; 1/4 sdt merica bubuk; 1 sdt garam; isian cireng; keju, daging, tahu, dan lain-lain (sesuai selera); gula pasir; air panas; dan minyak goreng.

Cara membuatnya pun cukup simpel. Mulai dengan mencampur tepung aci, tepung terigu, merica bubuk, gula pasir, garam, dan bawang putih, aduk hingga merata; lalu tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung, uleni adonan hingga kalis.

Ambil adonan, lalu isi dengan keju, daging, tahu, dan lain-lain (bisa dicampur/beda-beda isian); biar lebih menarik, bentuk adonan sesuai selera; kemudian panaskan minyak di atas api sedang lalu goreng cireng hingga matang. Jangan lupa lengkapi dengan saus, sambal kacang, atau sambal rujak, ya! Pasti lebih maknyuuus!

Ide Menu Takjil Kue Dorayaki

ide menu takjil

Kue ini cocok banget buat Sobat yang suka takjil manis. So, nggak ada salahnya kan kalau kamu masukkan dalam daftar menu jualan. Apalagi kue dorayaki ini juga tergolong unik jika dibandingkan makanan manis lainnya sebagai takjil.

Untuk proses pembuatannya, jangan menganggapnya sulit ya. Coba dulu. Nggak serumit bayanganmu kok. Pertama, siapkan bahan-bahannya seperti 1 butir telur; 4 sdm gula pasir; 2 sdm madu; 8 sdm tepung terigu; 1/2 sdm baking powder; dan 50 ml air.

BACA JUGA: Daftar Makanan yang Namanya Aneh tapi Rasanya Enak, Wajib Dicoba!

Kemudian, langsung eksekusi dengan memasukkan telur, gula pasir, dan madu ke dalam mangkuk kemudian aduk rata; masukkan tepung sedikit demi sedikit sampai habis dan merata; masukkan baking powder, aduk lagi hingga rata; terakhir masukkan air, aduk sampai rata, dan diamkan adonan sebentar sambil menunggu teflon (berukuran kecil) panas.

Setelah teflon panas, kecilkan api, masukkan adonan. Kalau sudah terlihat ada gelembung-gelembung atau lubang-lubang dipermukaan adonan, segera tutup teflon, tunggu hingga matang. Isi dengan isian sesuai selera, bisa selai atau meses, lalu tutup atasnya dengan adonan lain.

Nah, jadi deh 3 ide menu takjil yang siap kamu jual. Oh ya, resep di atas hanya untuk menu dalam porsi kecil ya. Untuk dijual, kamu harus menambah takaran sendiri. Dikira-kira saja bisa kok, sesuaikan dengan resep yang sudah ada. []

About admin

Check Also

Makanan Kekinian

Daftar Makanan dengan Penampilan Menarik, Rasanya Tak Kalah Lezat

Smarteen.co.id — Zaman dulu, kalau pengin makan, biasanya yang dipikirkan hanya soal rasa—enak atau tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *