Home / KULINER / Daftar Makanan yang Namanya Aneh tapi Rasanya Enak, Wajib Dicoba!

Daftar Makanan yang Namanya Aneh tapi Rasanya Enak, Wajib Dicoba!

Smarteen.co.id — Apakah Sobat semua pernah makan kue kering berbentuk bulat pipih dan sedikit cekung, dengan motif belang-belang seperti warna tubuh Zebra? Hm, rasanya gimana? Enak, kan?

Inilah kue kuping gajah. Kue ini memang sekilas memiliki bentuk yang mirip telinga gajah, hanya saja dengan ukuran yang jaaauh lebih kecil.

Nah, menurut kamu, ketika mendengar nama kue ini bagaimana? Terkesan aneh, unik, atau justru biasa saja? Mungkin, kue kuping gajah sudah cukup familier bagi Sobat semua, tetapi ada lho makanan-makanan lain yang memiliki nama unik, bahkan sangar. Coba Sobat simak, kira-kira makanan yang mana saja yang pernah kamu icip?

Nasi Kentut

Nasi Kentut

Ups, nasi kentut? Bau nggak, nih? Jangan underestimate dulu, Sob! Namanya sih memang terkesan agak jorok, tetapi makanan ini amat lezat. Nasi kentut merupakan makanan khas Medan yang dimasak dengan daun kentut (Paederia foetida) atau juga dikenal dengan nama daun sembukan. Daun ini memang berbau seperti kentut manusia, tetapi justru memiliki banyak khasiat. Di antaranya mengobati sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata dan radang telinga. Ketika telah dimasak, nasi kentut tak lagi berbau kentut. Biasanya, menu ini disajikan dengan ikan pepes, ayam, tahu, tempe, atau sesuai selera. Nah, jadi pengin coba, kan?

Kue Dollar

Kue Dollar

Namanya sih memang kue dollar, tetapi kalau mau beli nggak harus pakai dolar, kok. Kue ini merupakan kue khas Surabaya yang berbentuk bulat pipih mirip koin, dan rasanya mirip kue semprong. Dulu hanya ada rasa gula palem, tetapi sekarang sudah memiliki berbagai varian rasa dan warna. Seperti rasa jahe, wijen, dan keju. Jika ingin membeli, kini sudah tersedia di berbagai toko online. Hm, yummy!

BACA JUGA: Ogel-Ogel; Oleh-Oleh Khas Pemalang dengan Cita Rasa Lezat

Kuku Macan

Kuku Macan

Duh, serem amat. Masak kita disuruh makan kuku macan. Eh, kuku macan yang ini nggak seperti yang kamu bayangkan. Ia bukan kuku dari hewan macan, melainkan camilan khas Balikpapan. Kuku macan merupakan kerupuk ikan tenggiri yang berbentuk mirip dengan kuku jari yang runcing. Karena ukurannya agak besar, maka disebut kuku macan. Rasanya pun gurih-gurih sedap gitu, yuk coba!

Sate Kere

Buat orang Solo dan sekitarnya, pasti familier banget dengan makanan ini. Yap, sate kere adalah salah satu makanan khas Solo. Kere dalam bahasa Jawa artinya melarat atau miskin. Sate ini terbuat dari tempe gembus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu, dan tetap dilengkapi bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Harga sate kere sangat terjangkau, tetapi rasanya nggak kalah dengan sate daging. Tertarik mencoba? Yuk main ke Solo!

Kue Onde-Onde Ketawa

Onde-Onde Ketawa

Kenapa disebut ketawa? Apakah kalau makan kue ini, kita akan langsung ketawa? Hm, bisa jadi begitu, sih. Soalnya, ketika makan sesuatu yang enak, kita akan merasa senang. Saat senang, kita bisa mengekspresikannya dengan ketawa. Dan kue ini, enaaak banget. Sebenarnya, kue ini dinamai onde-onde ketawa karena ia mekar sempurna mirip bentuk mulut saat ketawa ngakak. Hahaha.

BACA JUGA: Bingung Jajanan Takjil? Bernostalgia Bareng Bola Ubi Kopong, Yuk!

Nah, unik-unik kan nama makanan-makanan ini? Kira-kira, makanan mana yang paling pengin kamu coba?—Apa? Semuanya? Hm, boleh. Silakan buat sendiri, atau beli, ya! []

About Ibnu Majah

Check Also

ogel-ogel pemalang

Ogel-Ogel; Oleh-Oleh Khas Pemalang dengan Cita Rasa Lezat

Smarteen.co.id — Inilah ogel-ogel, jajanan oleh-oleh khas Pemalang. Bentuknya lonjong menggeliat, rasanya sangat lezat. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *