Home / KULINER / Ogel-Ogel; Oleh-Oleh Khas Pemalang dengan Cita Rasa Lezat

Ogel-Ogel; Oleh-Oleh Khas Pemalang dengan Cita Rasa Lezat

Smarteen.co.id — Inilah ogel-ogel, jajanan oleh-oleh khas Pemalang. Bentuknya lonjong menggeliat, rasanya sangat lezat. Mari simak ulasan proses pembuatannya bersama Teen Journalist Smarteen berikut ini.

Jika Sobat mampir ke Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, untuk bertamasya atau sekadar singgah untuk beristirahat saat melakukan suatu perjalanan, jangan lupa untuk membeli jajanan khas Kota Ikhlas ini, ya. Wah, kira-kira ada makanan apa sih yang unik di sini?

Namanya ogel-ogel, begitu orang-orang menyebutnya lantaran bentuknya yang lonjong menyerupai ulat yang menggeliat atau dalam bahasa Jawa disebut ngogel-ngogel. Hii, agak bikin merinding ya, Sob? Tapi tenang, meski mirip ulat, ogel-ogel sama sekali tak menyeramkan, apalagi bikin gatal-gatal. Makanan ini justru tampak lucu dan begitu menggoda untuk segera dicicipi. Hm, rasanya seperti apa, ya?

ogel-ogel pemalang

Ogel-Ogel Cocok Buat Ngemil

Ogel-ogel merupakan jajanan sejenis kerupuk berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 2-3 sentimeter, kira-kira sebesar kelingking jari orang dewasa, dan berwarna putih kecokelatan. Jajanan ini memiliki cita rasa yang khas dan seperti kerupuk pada umumnya, yaitu gurih, renyah, dan of course lezat.

Ogel-ogel terbuat seratus persen tanpa bahan pengawet lho, Sob, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi, buat kamu yang suka banget camilan, jajanan ini cocok banget buat teman ngemil saat nonton, ngerjain tugas, atau saat berkumpul bersama keluarga.

Oh ya, meski tanpa bahan pengawet, ogel-ogel dalam kemasan bisa bertahan sampai sekitar 3 bulan lamanya, lho. Bisa banget nih kalau kamu mau stok banyak di rumah. Selain itu, buat kalian yang suka pedas, ogel-ogel juga bisa dicocol dengan saus atau sambal. Hm, yummy banget.

BACA JUGA: Es Duren Kombinasi Pak Kasdi, Si Manis Legendaris dari Purbalingga

For your Information aja nih ya, ogel-ogel mulai diperkenalkan di Pemalang sejak awal tahun 2000-an. Jadi kalau dihitung-hitung, kira-kira sudah 19 tahun UD Cipta Jaya di Blok H1 Perumahan Kaligelang, Kabupaten Pemalang, ini memulai produksinya.

Awalnya, jajanan ini hanya dipasarkan di sekitar Pemalang saja. Namun, seiring berjalannya waktu banyak para pelancong yang mencari jajanan ini sebagai buah tangan khas dari Pemalang. Sejak saat itulah, ogel-ogel mulai dipasarkan ke kota-kota besar.

Cara Membuat Ogel-Ogel

Kalau Sobat gemar melakukan percobaan, khususnya coba-coba mengolah sesuatu di dapur, mungkin Sobat bisa coba buat ogel-ogel sendiri di rumah. Cara membuat ogel-ogel ternyata tidak terlalu susah, lho.

Jajanan ini berbahan dasar tepung beras ketan yang dicampur dengan gula, garam, keju, dan berbagai bumbu khusus. Kemudian, adonan dibuat memanjang seperti ulat yang menggeliat. Biasanya pembuat jajanan ini membuat alat khusus (cetakan) sendiri untuk membentuknya. Setelah adonan dibentuk, goreng dalam wajan berisi minyak panas. Mudah, bukan?

Untuk mendapatkan jajanan ini, Sobat bisa mencarinya di sejumlah toko, khususnya toko oleh-oleh di Pemalang. Kamu juga bisa mengunjungi rumah produksinya di UD Cipta Jaya Pemalang.

BACA JUGA: Bingung Jajanan Takjil? Bernostalgia Bareng Bola Ubi Kopong, Yuk!

Selain itu, saat ini, ogel-ogel juga mudah ditemui di toko oleh-oleh yang berada di sekitaran jalur Pantura, serta di berbagai toko online. Nah, kalau kamu lagi di rumah aja, dan pengin nyobain lezatnya ogel-ogel, cukup scroll aplikasi marketplace saja, insya Allah ada banyak yang jual.

Sobat bisa membelinya secara kiloan ataupun kemasan. Untuk masalah harga, jangan khawatir, Sob. Dengan harga Rp10.000 saja, kamu sudah bisa mengantongi satu bungkus ukuran 100 gram jajanan khas Pemalang ini. Worth it, kan? []

TEEN JOURNALIST
Ninda Riska Amiati
SMAN 1 Pemalang

About Ibnu Majah

Check Also

Kuping Gajah

Daftar Makanan yang Namanya Aneh tapi Rasanya Enak, Wajib Dicoba!

Smarteen.co.id — Apakah Sobat semua pernah makan kue kering berbentuk bulat pipih dan sedikit cekung, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *