Home / KULINER / Cara Membuat Dalgona Coffee Paling Mudah, Dijamin Antiribet!

Cara Membuat Dalgona Coffee Paling Mudah, Dijamin Antiribet!

Smarteen.co.idDalgona coffee atau kopi dalgona. Inilah jenis kopi yang belakangan ini tengah naik daun di kalangan anak muda Indonesia. Minuman yang berasal dari Negeri Ginseng, Korea Selatan ini memang tengah digemari. Penjualnya pun bermunculan di mana-mana.

Nama dalgona sendiri diambil dari salah satu camilan khas Korea Selatan. Camilan ini dibuat dari gula pasir yang dilelehkan hingga kemudian mengental dan mengembang seperti kocokan kopi.

Sementara kopi dalgona adalah kopi yang dibuat dengan topping yang menyerupai camilan dalgona tersebut. Hm… jadi pengin nyoba banget, kan?

Nah, kalau kamu sekarang ini sedang di rumah aja, demi membantu memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19), tapi pengin banget nyobain dalgona coffee, nggak ada salahnya kalau kamu coba bikin dalgona coffee ala kamu sendiri. Cukup mudah kok.

Ada beberapa cara dan bahan yang diperlukan untuk membuat dalgona coffee sendiri. Kali ini, Smarteen bagi tips membuat kopi dalgona yang paling simpel. Dijamin, kamu nggak bakal kesusahan untuk mempraktikkannya sendiri.

BACA JUGA: 10 Resep Simpel Andalan Anak Kost

Bahan-bahan yang kamu butuhkan cuma ini:

  • 2 sdm kopi hitam instan tanpa gula/krim
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • Susu cair secukupnya
  • Es batu secukupnya

Untuk membuat dalgona coffee sendiri, simak langkah-langkah sederhana ini ya!

Pertama, masukkan kopi, gula pasir, dan air panas ke dalam wadah. Campur hingga merata, lalu kocok dengan mixer hingga warnanya menjadi cokelat pucat dan teksturnya kental serta berbusa.

Oh ya, kalau kamu nggak punya mixer, kamu bisa menggunakan garpu untuk mengocoknya. Kocok dengan cepat dan dalam waktu yang lama ya. Untuk membentuk tekstur kental dan berbusa, kamu harus mengocok setidaknya sebanyak 400 kali kocokan (putaran). Lumayan bikin capek memang, tapi hasilnya dijamin memuaskan.

Kedua, jika kopi sudah mengental dan berbusa, segera masukkan es batu ke dalam gelas, lalu tambahkan susu cair hingga tiga per empat penuh.

Ketiga, tuangkan kopi yang sudah dikocok sampai mengental tadi di atas susu. Jadilah dalgona coffee ala kamu sendiri yang siap dinikmati.

BACA JUGA: 8 Profesi Seru Buat Kamu yang Suka Makan

Nah, gimana Sob? Simpel banget, kan? Meski di rumah aja, kamu tetap bisa menikmati minuman yang tengah hits di mana-mana. Hehe.

Oh ya, for your information aja nih, ada yang bilang kalau jenis kopi seperti dalgona coffee ini tidak hanya berasal dari Korea Selatan saja. Negara-negara seperti India, Pakistan, dan Makau juga memiliki kopi khas yang sejenis. Bahkan konon sudah ada sejak zaman dahulu.

So, terlepas dari mana asalnya kopi dalgona ini sebenarnya, sekarang kamu pun bisa menikmatinya untuk menemani aktivitas selama di rumah aja. Yeaay! [Ibnu Majah]  

About admin

Check Also

salad buah

Cara Hidup Sehat dengan Gemar Mengonsumsi Salad

Smarteen.co.id — Buah dan sayuran. Ada yang suka, ada yang tidak. Namun, perlu diingat bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *