Home / INSPIRASI / Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah! Ini Jawaban Lengkapnya

Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah! Ini Jawaban Lengkapnya

Smarteen.co.id – Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk mempercayai 6 rukun iman, di mana salah satunya adalah beriman kepada malaikat. Beriman kepada malaikat ini merupakan rukun iman yang kedua dalam daftar rukun iman. Tentunya, jika kita melaksanakannya, ada banyak hikmah beriman kepada malaikat yang bisa kita peroleh.

Nah, mungkin Sobat Smarteen pernah mendapat pertanyaan, entah itu tugas dari guru di sekolah ataupun ustadz di tempat pengajian. Coba sebutkan hikmah beriman kepada malaikat. Mungkin begitu kira-kira pertanyaannya. Apakah Sobat semua bisa menjawab? Jika tidak, maka kali ini Smarteen akan membantu Sobat untuk menjawabnya.

Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Hikmah beriman kepada malaikat

Inilah beberapa hikmah beriman kepada malaikat yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Pertama, kita akan semakin beriman kepada Allah. Malaikat merupakan salah satu makhluk Allah yang ghaib. Tidak ada seorang pun manusia yang dapat melihatnya (kecuali atas izin Allah).

Namun demikian, kita tetap harus senantiasa mempercayainya atau yakin akan keberadaannya. Ada beberapa malaikat yang wajib dipercayai, dan mereka memiliki tugasnya masing-masing. Maka, dengan mempercayai sesuatu yang ghaib seperti ini, artinya kita pun akan semakin percaya akan keberadaan Allah Swt.

Hikmah beriman kepada malaikat selanjutnya adalah dapat memunculkan rasa syukur kepada Allah. Harus kita ketahui terlebih dahulu bahwa para malaikat yang ada itu selalu berdoa kepada Allah dan mendoakan kita atau orang-orang mukmin yang beriman.

BACA JUGA: Apa Saja Hikmah Beriman kepada Hari Akhir yang Bisa Kita Raih? Ini Jawabannya

Bukan hanya itu, malaikat juga bertugas untuk membantu mengatur keberlangsungan kehidupan di dunia ini, seperti mencatat perbuatan baik dan buruk manusia, mencabut nyawa, hingga mengatur rezeki dan sebagainya.

Hal-hal yang dilakukan malaikat ini merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk manusia. Nah, para malaikat ini menjalankan semuanya atas perintah Allah Swt. Artinya, segala hal bermanfaat yang bisa kita dapat dari malaikat, sumber utamanya adalah dari Allah. Oleh sebab itu, beriman kepada malaikat dapat membuat kita semakin bersyukur kepada Allah.

Sebutkan Perilaku-Perilaku Orang yang Beriman Kepada Malaikat

Orang yang beriman kepada malaikat pasti akan memiliki perilaku yang berbeda dengan orang yang tidak beriman. Jika ada pertanyaan semacam ini: sebutkan perilaku-perilaku orang yang beriman kepada malaikat, maka Sobat tinggal menjawabnya seperti ulasan berikut ini.

Perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat akan selalu berhati-hati dalam bertindak. Seperti yang telah disebutkan di atas, tugas dari salah satu malaikat adalah mencatat amal perbuatan manusia. Semua perbuatan, baik itu perbuatan baik ataupun perbuatan yang buruk akan selalu dicatat. Malaikat yang bertugas mencatat amal perbuatan manusia ini adalah Malaikat Rakib dan Atid.

Dengan demikian, ketika seseorang beriman kepada malaikat, maka ia akan senantiasa berhati-hati dalam bertindak. Sebab, ia tahu bahwa ada ‘pengawas’ yang senantiasa mengawasinya. Di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, perilaku orang yang beriman kepada malaikat juga akan selalu yakin akan pertolongan Allah. Percaya kepada malaikat, artinya juga percaya pada Yang Menciptakan Malaikat. Yaitu Allah. Hal ini selanjutnya akan membuat orang yang beriman kepada malaikat akan selalu yakin akan pertolongan Allah.

BACA JUGA: Hikmah Larangan Meniup Makanan

Namun, ini bukan berarti kita boleh pasrah begitu saja. Berdiam diri tanpa berjuang. Tidak demikian. Meski yakin akan pertolongan Allah, kita harus tetap berjuang untuk mengusahakan sesuatu yang kita inginkan. Setelah berjuang, kita serahkan hasilnya pada Allah. Di sinilah kita yakin bahwa pertolongan Allah akan datang, dengan cara memberikan hasil terbaik untuk kita.

Apa yang Dilakukan oleh Orang yang Beriman Kepada Malaikat Izrail?

Salah satu malaikat yang wajib kita imani keberadaannya adalah Malaikat Izrail. Ia bertugas untuk mencabut nyawa manusia. Lantas, apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail? Haruskah setiap hari hidup dalam ketakutan karena kita tak tahu kapan malaikat tersebut akan datang dan mencabut nyawa kita?

Tidak demikian, ya, Sobat. Justru yang harus kita lakukan adalah senantiasa meningkatkan amal kebaikan kita. Sebab, kita percaya bahwa sewaktu-waktu Malaikat Izrail ini akan datang menemui kita. Sehingga, kita mesti mempersiapkan bekal untuk kehidupan selanjutnya (akhirat) dengan sebaik-baiknya.

Jadi, jelas ya, soal apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail? Senantiasa meningkatkan amal kebaikan. Tidak perlu macam-macam, atau bahkan merasa takut yang berlebihan.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Brainly

Sementara itu, situs populer yang kerap memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan netizen soal berbagai hal, yaitu Brainly, juga telah menjelaskan tentang hikmah beriman kepada malaikat brainly. Jika Sobat penasaran, bisa disimak berikut ini.

Penjelasannya tidak jauh berbeda dengan yang telah Smarteen jelaskan di atas. Di antaranya adalah sebagai berikut. Smateen sebutkan hikmah beriman kepada malaikat brainly dengan berbagai revisi teks ya, Sobat.

Mulai dari meningkatkan iman kepada Allah, menjadi seseorang yang selalu berhati-hati dalam bertindak, juga semakin yakin terhadap pertolongan Allah, serta membuat kita semakin bersyukur kepada Allah.

Hikmah beriman kepada malaikat brainly selanjutnya adalah membuat kita semakin keras berusaha, sebab semua rezeki itu diturunkan oleh Allah melalui perantara malaikat. Jadi, tanpa usaha keras, kita tidak bisa mendapatkannya.

BACA JUGA: Saat Kamu Bahagia atau Sedih, Jangan Pernah Melupakan Allah

Menambah keyakinan bahwa di dunia ini memang ada sesuatu yang di luar jangkauan kita, tidak bisa kita lihat, tetapi nyata adanya. Ini juga merupakan bagian dari hikmah beriman kepada malaikat brainly. Juga membuat kita semakin semangat sekaligus ikhlas dalam beribadah, sekalipun tidak dilihat oleh seseorang pun. Namun, malaikat selalu mencatatnya.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Jibril

Di atas kita sudah membahas soal hikmah beriman kepada malaikat secara umum. Juga telah membahas secara lebih detail tentang hikmah beriman kepada Malaikat Izrail. Kali ini, kita akan mengulas tentang hikmah beriman kepada Malaikat Jibril.

Malaikat Jibril juga merupakan salah satu malaikat yang wajib kita imani keberadaannya. Tugas Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu. Sehingga, bisa dikatakan bahwa tugas tersebut saat ini telah berakhir, sebab penerima wahyu yang terakhir adalah Rasulullah Saw, pada 14 abad yang lalu.

Lantas, apa hikmah beriman kepada Malaikat Jibril yang bisa kita peroleh saat ini? Jika kita mengimani Malaikat Jibril dengan tugasnya sebagai penyampai wahyu Allah kepada rasul-Nya, artinya kita juga yakin bahwa apa yang disampaikan oleh Rasulullah adalah benar-benar dari Allah. Malaikat Jibril adalah perantaranya.

Hal ini tentunya bisa membuat kita semakin yakin akan ajaran Rasulullah, pun dengan keberadaan kitab-kitab Allah. Demikianlah soal hikmah beriman kepada Malaikat Jibril.

Apa yang Harus Dilakukan oleh Orang yang Beriman Kepada Malaikat

Terakhir, sebagai kesimpulan atas berbagai penjelasan yang telah disebutkan di atas soal hikmah dan manfaat beriman kepada malaikat, apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat?

BACA JUGA: CERPEN: Perginya Malaikat Tanpa Sayap

Jawabannya sangat sederhana. Kita harus meningkatkan amal ibadah kita, juga senantiasa menjaga diri dari berbagai tindakan buruk yang menimbulkan dosa.

Seperti beriman kepada Allah, hikmah dan manfaat beriman kepada malaikat mestinya juga membuat kita semakin teguh untuk melakukan segala hal yang diperintahkan oleh Allah, dan menjauhi segala hal yang dilarang oleh-Nya. Inilah kunci sukses untuk menjadi orang beriman. []

About Ibnu

Check Also

doa tahiyat akhir

Bacaan Sholat; Doa Tahiyat Akhir (Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Smarteen.co.id — Membaca doa tahiyat akhir merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *