Home / Uncategorized / Jaga Diri dari COVID-19 dengan Social Distancing, Ini Hal-Hal yang Harus Dihindari

Jaga Diri dari COVID-19 dengan Social Distancing, Ini Hal-Hal yang Harus Dihindari

Smarteen.co.id — Saat ini, demi mencegah kian menyebarnya virus corona COVID-19, pemerintah Indonesia tengah menjalankan gerakan Social Distancing. Apakah itu?

Jika diterjemahkan ke dalam bahas Indonesia secara langsung, Social Distancing berarti ‘menjaraki sosial’. Secara umum, social distancing bermakna membatasi interaksi sosial dengan tujuan tertentu.

Untuk saat ini, social distancing lakukan demi mencegah penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan sebagai bencana nasional non-alam oleh Pemerintah Indonesia, sekaligus pandemil global oleh World Health Organisation (WHO).

Nah, untuk menjalankan gerakan social distancing ini, hal-hal apa saja sih yang perlu dihindari, boleh dilakukan dengan tetap hati-hati, dan juga masih aman dilakukan? Simak ulasan Smarteen yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini,

Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Rangka Social Distancing

Hal-hal yang harus dihindari dalam rangka social distancing, yang pertama adalah kumpul berkelompok. Ya, hal ini bisa membuat penyebaran virus corona COVID-19 menular begitu cepat jika dalam kelompok tersebut ternyata ada yang sudah positif terinfeksi.

BACA JUGA: Tips Agar Bisa Belajar di Rumah dengan Fokus dan Asyik

Kumpul berkelompok itu bisa meliputi menonton konser atau pertunjukan, nonton ke bioskop, mengunjungi even olahraga, pergi ke mal, berolahraga di pusat kebugaran, menerima tamu, naik transpportasi umum, dan sebagainya. Intinya hindari dahulu kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Semua demi kebaikan kita bersama kok.

Kedua, menginap. Untuk sementara ini, hindari menginap di rumah teman atau siapa pun ya. Hal ini demi menjaga dirimu tetap sehat dari ‘bahaya-bahaya’ yang mungkin terjadi. Sebab, ketika menginap, kamu pasti akan kerap bersinggungan dengan orang lain, baik secara langsung ataupun melalui barang-barang yang digunakan.

Ketiga, bermain bersama. Ini mirip dengan yang pertama. Saat bermain atau nongkrong bersama teman-teman, pasti akan terjadi kontak fisik yang memungkinkan seseorang dapat tertular virus. So, tetap bersabar ya. Jaga jarak dulu dengan teman-teman. Kalau mau berkomunikasi, bisa via daring dulu.

Hal-Hal yang Boleh Dilakukan dengan Tetap Berhati-hati

Hal-hal yang boleh dilakukan dengan tetap berhati-hati dalam rangka menjalankan gerakan social distancing ini antara lain adalah belanja di pasar atau supermarket, ke apotek, membeli makanan di luar, beribadah di tempat ibadah, mengunjungi perpustakaan, makan di restoran, dan bermain di taman.

Hal ini perlu untuk tetap memenuhi kebutuhan kamu. Jika memang tidak butuh banget, lebih baik tidak melakukannya.

Jika memang butuh, misal obat atau bahan kebutuhan sehari-hari, pastikan kamu sudah membuat daftar apa saja yang hendak dibeli ya saat keluar rumah. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan diri.

Pakai masker saat di luar, hindari kerumunan, jaga jarak dengan orang lain, dan segera kembali ke rumah jika memang semua kebutuhan sudah terpenuhi. Saat sampai di rumah, cuci tangan pakai sabun yang bersih atau pakai hand sanitizer ya sebelum memegang segala sesuatu.

Hal-Hal yang Cukup Aman Dilakukan dalam Rangka Social Distancing

Hal-hal yang cukup aman dilakukan dalam rangka social distancing antara lain adalah berjalan-jalan di sekitar rumah, berkebun, bermain di halaman rumah, membersihkan rumah, membaca buku, mendengarkan musik, memasak, naik kendaraan pribadi, video call, dan sebagainya.

BACA JUGA: Corona Sudah Masuk Indonesia. Jangan Panik, Begini Gejala dan Cara Mencegah Virus Corona

Namun demikian, kita harus tetap berhati-hati, waspada, dan senantiasa menjaga kebersihan. Semua demi diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita.

Melakukan social distancing bagi kita yang terbiasa berinteraksi aktif dengan komunitas memang cukup berat. Namun demikian, hal ini adalah upaya kita untuk tetap menjaga kesehatan, khususnya dari pandemi infeksi COVID-19. Semoga semua ini cepat berlalu, dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa. [Ibnu Majah]

About admin

Check Also

Corona Sudah Masuk Indonesia. Jangan Panik, Begini Gejala dan Cara Mencegah Virus Corona

Smarteen.co.id — Sobat Smarteen, kalian semua sudah tahu dong kalau sekarang kabar tentang virus corona …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *