Home / GADGET / Mengenali Android yang Terserang Virus

Mengenali Android yang Terserang Virus

Smarteen.co.id — Sobat, bagi kamu pengguna smartphone android pasti ingin memasang bermacam aplikasi untuk memudahkan pekerjaan kamu sehari-hari. Namun, asal memasang aplikasi berisiko terkena virus loh. Coba cek, jangan-jangan ponsel pintar kamu terkena virus. Berikut ciri-ciri jika smartphone android kamu terinfeksi virus.

Pertama, muncul iklan pop-up

Jika kamu sedang membuka aplikasi tertentu kemudian muncul iklan, maka itu wajar. Namun jika kamu tidak sedang membuka aplikasi apa pun, tiba-tiba muncul iklan atau pesan pop-up maka kamu perlu waspada.

Sebaiknya jangan klik iklan tersebut, lalu cek kembali di aplikasi yang terpasang, apakah ada yang aneh atau tidak. Jika ada yang aneh, hapus saja ya.

Kedua, kirim pesan diam-diam

Smartphone yang terinfeksi malware biasanya mampu mengirim pesan singkat atau SMS secara diam-diam atau membuat panggilan ke nomor telepon tertentu. Jika kamu menemukan pesan aneh, padahal kamu merasa tidak melakukannya, kemungkinan smartphone kamu telah di-hack.

BACA JUGA: Tips Optimalkan RAM Mini Agar Kinerjanya Maksi

Ketiga, smartphone lebih lemot dari biasanya

Idealnya, smartphone akan memunculkan peringatan bahwa storage hampir penuh. Jika kondisi seperti ini smartphone lebih lemot sudah wajar, tetapi jika storage yang tersedia masih luas kok lemot, ada kemungkinan smartphone terkena virus.

Keempat, booting lama

Booting lama ketika menghidupkan bisa disebabkan karena RAM dan internal memory yang rendah, bisa juga disebabkan karena adanya malware yang mengonsumsi banyak waktu untuk booting.

Kelima, smartphone tiba-tiba mati saat digunakan untuk menelepon

Ini juga salah satu indikasi bahwa smartphone yang sedang kamu gunakan terinfeksi virus.

Keenam, paket data cepat habis

Penyebab paket data cepat habis adalah aplikasi yang banyak memakan kuota internet. Namun, jika kamu tidak menggunakan banyak aplikasi yang menghabiskan banyak kuota tetapi paket internet kamu boros, kamu perlu waspada, boleh jadi smartphone kamu ada virusnya.

Jika salah satu atau semua ciri-ciri di atas ada pada smartphone kamu, sebaiknya segera bersihkan dengan cara berikut.

BACA JUGA: Lima Aplikasi Olahraga Android Terbaik

Pertama, install antivirus, lalu scan menyeluruh. Kedua, uninstall aplikasi yang bermasalah. Ketiga, jika memang belum benar-benar sembuh, lakukan factory reset atau reset data pabrik.

Selanjutnya pasang aplikasi yang kamu butuhkan dan resmi, atau kamu bisa melihat review aplikasi tersebut sebelum memutuskan untuk install. Selamat mencoba.[]

About admin

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *