Home / GADGET / Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Smartphone yang Harus Banget Dicoba!

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Smartphone yang Harus Banget Dicoba!

Smarteen.co.id — Saat ini, siapa sih yang nggak suka foto-foto? Sebagian besar pemilik smartphone pasti suka jepret sana-sini. Entah memotret diri sendiri, orang lain, atau pemandangan lingkungan. Intinya, orang-orang memang sudah gemar berfoto.

Nah, kalau Sobat menginginkan hasil jepretan smartphonenya makin menarik, coba saja manfaatkan beberapa aplikasi edit foto di smartphone berikut ini untuk mengolahnya.

Kadang, foto bagus itu bukan dihasilkan dari seberapa canggih kamera yang dipakai, tetapi seberapa cerdas—dan kreatif—kamu mengolahnya. So, let treat your photo better on smartphone!

Adobe Photoshop Lightroom

Aplikasi pengolah foto ini masih satu paket dengan Adobe System—yang menawarkan alat dan fitur hampir sama dengan versi komputer. Aplikasi ini bisa memanipulasi warna sesuai dengan selera kita, mengubah resolusi gambar, dan sebagainya.

aplikasi edit foto

Oh iya, menurut riset, fitur yang paling sering digunakan adalah adjustment brush dan spot removal, di mana kita bisa membersihkan hal yang nggak diinginkan, misalnya jerawat di muka.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 61 MB. Namun, kalau smartphone kamu memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, tentu hal ini bukan masalah.

Photo Lab

Aplikasi Photo Lab memang tak secanggih Adobe Photoshop Lighroom. Namun, buat Sobat yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan terbatas, aplikasi ini cukup kooperatif—maksudnya, bisa membantu kamu mengedit foto dengan low capacity memory smartphone.

BACA JUGA: Tips Foto Produk dengan Smartphone Agar Hasilnya Nggak Kalah dengan Kamera DSLR

Photo Lab menawarkan bingkai, efek, filter, dan kolase yang beragam. Selain itu, fitur edit fotonya juga mudah sebab aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan amat friendly.

Oh ya, Photo Lab juga bisa me-montase (tukar wajah) dan menyatukan beberapa efek bersamaan, sehingga hasil foto jadi lebih keren dan unik. Size aplikasi ini sekitar 25 MB.

PicArt Photo Studio

PicArt Photo Studio atau yang lebih famous disebut PicArt ini merupakan aplikasi edit foto yang cukup banyak dipakai pengguna smartphone. Ukurannya sedikit lebih besar daripada Photo Lab, yakni sekitar 31 MB. Namun, fitur yang ditawarkan pun nggak main-main. Cukup lengkap.

aplikasi edit foto

PicsArt mempunyai program desain yang sangat baik untuk mengedit foto dengan dekorasi dan filter. Di dalamnya ada aplikasi kamera, alat menggambar, olah foto, tambah efek, dan platform sosial.

Fitur lainnya ada bolders, clipart, collages, crop, frame, rotate, sticker, text effect, dan lainnya. Kerennya lagi, ada fitur magic effect, yang akan membuat foto terlihat bagus dan hidup.

Prisma Photo Editor

Nah, kalau kamu pengin aplikasi yang ukurannya lebih kecil lagi, ada Prisma Photo Editor. Cukup menyiapkan 11 MB memori smartphone, aplikasi ini bisa langsung di-install.

aplikasi edit foto

Fitur yang ditawarkan adalah pengolahan foto dengan gaya yang artistik. Ada banyak pilihan artistic filter keren dalam aplikasi ini yang bisa membuat foto kamu—yang biasa saja—tampak jauh lebih ‘nyeni’.

Oh ya, lewat Prisma kamu juga bisa berbagi menggunakan Prisma Feed, entah itu ke tempat penyimpanan perangkatmu, mengirim lewat email atau pesan, dan juga membagikan ke media sosial.

PicSay

Aplikasi ini memiliki kapasitas memori yang jauh lebih rendah dibanding aplikasi lainnya. Cuma 1,74 MB saja. Ringan banget.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Edit Video di Smartphone Buat Kamu yang Pengin Jadi Youtuber

Namun jangan salah menilai, meski kecil, aplikasi ini memiliki manfaat yang cukup wah. Kamu bisa memperbaiki warna foto, menambahkan balon percakapan, memanipulasi foto dengan menggabungkan dua foto atau lebih, remove red eye, dan sebagainya.

Ada juga fitur doodle, di mana kamu bisa menggambar di atas foto dengan efek yang keren. Selain itu, aplikasi ini juga tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan pro. Tentu keduanya memiliki fitur yang berbeda. []

About Ibnu

Check Also

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *