Home / KULINER / Resep Ayam Bakar Gampang Dibuat

Resep Ayam Bakar Gampang Dibuat

Smarteen.co.id — Siapa bilang anak muda tidak bisa memasak? Kalau kita mau, kita bisa memasak makanan yang enak kok. Bener, nggak? Nih, Smarteen akan berbagi resep ayam bakar buat Sobat semua. Cara membuatnya sangat sederhana, jadi cocok buat kamu yang baru mulai belajar memasak.

Ada banyak sekali jenis ayam bakar yang bisa dicoba resepnya. Untuk kesempatan kali ini, Smarteen akan membagikan panduan membuat 3 jenis ayam bakar saja, ya. Biar kamu juga nggak kebingungan memilih.

Resep-resep tersebut di antaranya adalah memasak ayam bakar kecap, ayam bakar madu, dan ayam bakar bumbu rujak. Yuk kita simak pada ulasan di bawah ini.

Sebenarnya, berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam bakar sesuai dengan resep-resep berikut ini tidak jauh berbeda. Jadi, siapkan dulu bahan-bahan dasarnya, ya!

Bahan-Bahan Resep Membuat Ayam Bakar

BACA JUGA: Cara Membuat Dalgona Coffee Paling Mudah, Dijamin Antiribet!

  1. Tentunya daging ayam dong. Sediakan daging ayam sebanyak 500 gram, ya. Dicuci yang bersih.
  2. Siapkan juga satu lembar daun salam.
  3. Sereh atau serainya jangan sampai lupa. Satu batang cukup, kok.
  4. Lengkuas juga harus ada. Satu ruas saja.
  5. Kaldu bubuk dan juga garam dapur. Yang ini secukupnya saja, ya.
  6. Ketumbar sebanyak satu sendok makan.
  7. Bawang merah dan bawang putih. Masing-masing enam siung.
  8. Empat biji saja.

Resep Ayam Bakar Kecap

resep ayam bakar kecap

Mari dimulai dengan membuat ayam bakar kecap. Ayam ini bisa kamu buat di atas teflon dengan resep membuat ayam bakar teflon, ataupun dibuat langsung di atas bara api. Tentunya yang kedua jauh lebih mantap.

  1. Untuk resep ayam bakar kecap, dapat dibuat dengan memanaskan minyak goreng untuk menumis semua bumbu dan juga rempah yang sudah dihaluskan. Jangan lama-lama, sampai harum saja.
  2. Jika sudah, dengan api yang tidak terlalu besar, masukkan daging ayamnya. Kemudian, tambahkan kecap manis, gula, dan kaldu bubuk. Masak sampai warnanya berubah jadi agak kecokelatan.
  3. Setelah itu, tambahkan air dan masak sampai airnya menyusut. Itu artinya bumbu-bumbu mulai meresap ke dalam daging. Enak banget ini pastinya.
  4. Ketika bumbu sudah benar-benar meresap, kita tinggal memanggang daging ayamnya. Panaskan panggangan, bisa teflon ataupun bara api, panggang ayam di atasnya. Sesekali, olesi dengan sisa bumbu dan juga kecap.
  5. Tunggu beberapa saat, bolak-balik ayamnya, jangan sampai gosong. Dan ayam bakar kecap ala kamu pun siap buat disajikan. Alhamdulllah.

Resep Ayam Bakar Madu

 

resep ayam bakar madu

Resep kedua yang akan Smarteen bagikan adalah resep ayam bakar madu. Cara membuatnya nggak jauh beda kok sama ayam bakar kecap tadi.

BACA JUGA: Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Anti Gagal

Bahan-bahan yang disiapkan sementara sama dulu, ya. Nanti kalau ada tambahannya akan dimasukkan dalam langkah-langkahnya. Sobat belajar memasak dengan happy sajalah pokoknya, nggak perlu ribet.

  1. Mari kita mulai memasak. Pertama, siapkan daging ayam yang sudah dicuci dan buat kerat di sisinya. Hal ini perlu dilakukan supaya bumbunya nanti
  2. Beri perasan jeruk nipis serta garam sambil diremas-remas daging ayamnya. Lalu diamkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.
  3. Saat ayam didiamkan dengan perasan jeruk, kita bisa menumis berbagai bumbu dan juga rempah yang sudah dihaluskan. Tumis sampai harum.
  4. Kalau sudah, tinggal masukkan daging ayam tadi ke dalam tumisan bumbu dan tambahkan sedikit air. Masak sampai air meresap ke dalam daging ayam.
  5. Jika sudah melewati tahap tersebut, artinya kita siap membakar ayamnya. Inilah saatnya membuat ayam bakar spesial bumbu madu.
  6. Panggang ayam di atas pemanggang sambil diolesi dengan sisa bumbu, kecap manis, dan juga madu, ya. Masak terus sampai harum, tapi jangan sampai gosong.
  7. Yes, ayam bakar madu pun sudah siap. Kita sudah berhasil mempraktikkan resep ayam bakar madu empuk dan lez

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

resep ayam bakar bumbu rujak

Belum bosan kan belajar memasaknya? Kita masih akan lanjut. Kali ini, giliran bikin ayam bakar bumbu rujak. Cara membuatnya cukup mudah karena nggak terlalu beda dengan resep-resep ayam sebelumnya.

  1. Kita persingkat prosesnya ya, sebab nggak jauh berbeda dengan dua resep sebelumnya. Pokoknya, sampai di tahap menumis semua bumbu bersama ayam dan tambahan air sampai bumbu meresap, semua sama.
  2. Jika sudah, tinggal dibakar deh ayamnya. Di sini yang agak berbeda. Untuk ayam bakar bumbu rujak ini, kamu harus mengolesi ayam yang sedang dipanggang menggunakan bumbu rujak.
  3. Bahan-bahan bumbu rujak itu cukup cabai rawit merah, gula merah atau gula jawa, garam, dan juga asam. Uleg semuanya, dan beri sedikit air supaya bisa dioleskan ke atas daging ayam yang sedang dipanggang.
  4. Cukup begitu saja. Ayam bakar kamu pun sudah jadi. Ini spesial banget, lho. Kita sudah bisa membuat ayam bakar bumbu rujak sekaligus praktik membuat ayam bakar pedas manis. Pokonya mantap.

BACA JUGA: Lezatnya Samyang, Mi Khas Korea Selatan yang Cocok Dinikmati Bersama Orang Tersayang

Nah, semua resep untuk membuat ayam bakar sudah kami sampaikan, ya. Kalau Sobat mau coba masak ayam bakar yang lain, masih bisa kok. Ada banyak jenisnya.

Ada resep ayam bakar taliwang, pedas, sederhana, bahkan ayam bakar wong Solo, ayam bakar Bandung, ayam bakar rumahan, dan juga teflon yang panggang di atas teflon.

Yuk kita coba satu per satu resep ayamnya. Anak muda zaman sekarang nggak cuma jago icip-cicip makanan doang ya, tetapi juga pintar memasak dengan memanfaatkan berbagai resep memasak yang simpel. []

About Ibnu

Check Also

Makanan Kekinian

Daftar Makanan dengan Penampilan Menarik, Rasanya Tak Kalah Lezat

Smarteen.co.id — Zaman dulu, kalau pengin makan, biasanya yang dipikirkan hanya soal rasa—enak atau tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *