Home / KULINER / Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Anti Gagal

Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Anti Gagal

Smarteen.co.id — Siapa sobat Smarteen di sini yang suka makan donat? Banyak ya sepertinya. Kalau yang tahu cara membuat donat, kira-kira ada berapa? Kalau kamu suka banget makan donat, Smarteen bakal bagikan cara membuat donat yang enak banget. Donatnya empuk, dan dijamin antigagal. Wah, pasti seru nih belajar bikin donat, bisa menghemat pengeluaran.

Resep membuat donat yang akan dibagikan kali ini bukan sembarang donat. Kami memilih resep donat kentang yang empuk dan pastinya dapat mengembang dengan baik. Donat kentang ini rasanya juga akan lebih lezat disbanding dengan donat biasa, sebab secara tekstur, donat kentang jauh lebih lembut. Semoga Sobat semuanya bisa mempraktikkan di rumah ya

Langkah-langkah pembuatan donat kentang sangat mudah. Kalaupun kamu nggak punya basic memasak, dijamin dengan mengikuti resep membuat donat kentang yang empuk ini, donatmu bakal jadi dengan bagus. Anti deh dengan yang namanya gagal. Hehe.

Donat Kentang Empuk

Resep Donat Kentang

Hal pertama yang harus kamu siapkan untuk membuat donat kentang adalah alat dan bahan-bahannya. Semuanya simpel, kok. Di dapur  rumahmu, kemungkinan besar semuanya sudah tersedia. Kalau belum, tinggal ke warung atau minimarket terdekat. Ada semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Mulai dari tepung terigu, kentang, ragi, susu bubuk,  telur, mentega, gula, dan juga alat-alatnya ada wajan penggorengan serta wadah untuk membuat adonan.

BACA JUGA: 10 Resep Simpel Andalan Anak Kost

Secara rinci, kamu bisa lihat bahan-bahan untuk resep membuat donat kentang lezat di bawah ini:

Tepung terigu protein tinggi 300 gram

Kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan 150 gram

Telur ayam 1 butir

Margarin 30 gram

Gula pasir 35 gram

Susu bubuk 15 gram

Ragi instan 6 gram

Garam 1 sdt

Air es 75 ml

Minyak untuk menggoreng secukupnya

(Ini untuk 10 porsi donat kentang ya. Kalau ingin lebih banyak, tinggal tambahkan jumlah takarannya sendiri).

Kalau untuk topping agar donat kentang tampak cantik dan rasanya semakin lezat, Smarteen rekomendasikan untuk memakai bahan-bahan berikut ini ya. Bisa pakai meses coklat ataupun yang warna-warni, gula halus, cokelat yang dilelehkan. Tergantung selera. Tanpa topping pun sebenarnya nggak masalah, sebab donat kentangnya saja sudah enak banget.

Langkah-Langkah Membuat Donat Kentang Empuk

Kalau semua bahan sudah siap. Kini saatnya beraksi. Membuat donat kentang empuk, enak, dan pastinya juga bergizi. Langsung saja ikuti langkah-langkanya berikut ini.

Pertama, campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, regi instan, susu bubuk, gula pasir. Lalu aduk sampai merata. Setelah itu, tinggal tambahkan kentang yang sudah dihaluskan tadi ya. Aduk lagi sampai benar-benar rata.

Kedua, tambahkan telur dan juga air es ke dalam adonan yang sudah dibuat. Eh, telur dan air esnya dimasukin sedikit demi sedikit ya. Sambil terus diaduk atau diuleni sampai adonan tersebut benar-benar kalis. Jika sudah, tinggal kasih garam dan juga margarin, lalu uleni lagi.

Kalau adonan udah benar-benar kalis, diamkan dulu kurang lebih 15 menit ya. Ini penting biar donat kentang yang dibuat bisa mengembang, nggak bantet.

Setelah 15 menit berlalu, kempiskan adonan yang sudah disimpan itu. Kemudian bagi-bagi masing-masing 30 gram untuk dibulat-bulatkan. Jika sudah semua, diamkan lagi selama 10 menit.

BACA JUGA: Cara Membuat Dalgona Coffee Paling Mudah, Dijamin Antiribet!

Langkah ketiga, ambil bulatan-bulatan calon donat kentang tersebut, kemudian pipihkan. Jangan lupa, beri lubang di tengahnya supaya identik dengan donat. Hehe. Sebenarnya, tidak dikasih lubang pun tidak masalah. Sekarang sudah banyak donat yang nggak bolong.

Jika semuanya sudah dipipihkan, simpan di atas Loyang dengan jarak tertentu, sambil diberi taburan tepung. Diamkan selama 45 menit, dan adonan ini akan kembali mengembang. Guna pemberian jarak pada masing-masing donat adalah supaya donat tidak saling menempel saat mengembang.

Keempat, panaskan minyak dengan api yang sedang. Jangan terlalu besar, nanti bisa gosong. Lalu, goreng deh adonan yang sudah didiamkan 45 menit tadi. Bolak-balik sampai berubah warna jadi kuning kecokelatan. Kalau sudah, artinya sudah matang. Lalu angkat dan tiriskan. Tinggal dikasih topping sesuai selera, donat kentang empuk, enak, bergizi pun siap untuk dinikmati. Sedap.

Gimana nih Sobat Smarteen semuanya, tertarik untuk praktik membuat donat kentang empuk di rumah? Kuy lah! Mumpung lagi banyak waktu di rumah saja, gunakan untuk melakukan hal-hal bermanfaat. Ya, salah satunya mencoba resep donat kentang empuk antigagal ini. []

About Ibnu Majah

Check Also

ogel-ogel pemalang

Ogel-Ogel; Oleh-Oleh Khas Pemalang dengan Cita Rasa Lezat

Smarteen.co.id — Inilah ogel-ogel, jajanan oleh-oleh khas Pemalang. Bentuknya lonjong menggeliat, rasanya sangat lezat. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *