Home / GADGET / Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Tanda Tangan Digital, Begini Cara Membuatnya

Smarteen.co.id — Tanda tangan digital adalah salah satu hal yang muncul akibat perkembangan teknologi. Jika dahulu tanda tangan dilakukan secara manual, dengan menggunakan pena dan sebagainya. Kini kita bisa melakukannya secara digital.

Hal ini tentu saja mempermudah kita dalam menjalankan suatu aktivitas. Apalagi, di masa seperti sekarang ini, saat kita sulit untuk saling berjumpa antara satu dengan yang lainnya.

Tanda tangan secara digital ini juga akan memudahkan kita untuk menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, sebab semuanya menjadi semakin simpel untuk dilakukan.

Nah, bagaimana untuk membuat tanda tangan seperti ini? Sobat bisa menyimak ulasan berikut ini secara tuntas. Akan kami bagikan kiat mudah untuk membuat tanda tangan secara digital dengan memanfaatkan berbagai aplikasi.

tanda tangan digital

Tanda Tangan Digital Online

Jika kita melihat ke belakang, sebenarnya keberadaan tanda tangan digital ini sudah ada sejak lama. Bahkan, sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini, orang-orang sudah banyak yang menggunakan tanda tangan secara elektronik.

Sejarahnya dimulai sejak pertengahan abad 19. Saat itu masih menggunakan mesin telegraf. Nah, ketika tahun 1980 datang, dan saat itu mesin faks mulai berkembang luas, peninjauan ulang mengenai legalitas dan hukum tanda tangan ini dilakukan kembali.

Saat ini, tanda tangan secara elektronik sudah sangat marak digunakan. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Sobat bisa menggunakan berbagai aplikasi digital ataupun langsung secara online melalui situs tertentu.

Apa pun media yang digunakan untuk membuat tanda tangan, sebenarnya fungsi dari tanda tangan tersebut tetap akan sama saja. Tanda tangan digital dan tanda tangan analog atau secara langsung, memiliki kekuatan yang sama.

BACA JUGA: Aplikasi Envision AI, Bantu Difabel Netra ‘Melihat’ Dunia

Oleh sebab itu, sebaiknya jika membuat tanda tangan, Sobat membuat tanda tangan yang unik, berbeda dari yang lain, juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Sehingga, tanda tangan tersebut akan sulit untuk dipalsukan. Sobat pun dapat menjaga integritas dan juga keabsahannya dalam waktu yang lama.

Inilah salah satu cara membuat tanda tangan secara online.

  1. Sobat bisa menggunakan situs yang bernama Online Signature. Caranya, tinggal membuka situs tersebut. Nah, di samping situs Online Signature ini, masih banyak situs lain yang bisa digunakan.
  2. Langkah selanjutnya, setelah masuk ke dalam situs, Sobat pilih menu Draw Signature. Posisisnya ada di sebelah pojok kanan atas di laman situs tersebut.
  3. Jika sudah, nanti kamu akan mendapat tampilan baru. Di sana, kamu bisa menggambar atau membuat tanda tangan kamu. Jika punya touchpad, hasilnya akan labih baik. Namun jika tidak, Sobat bisa juga menggunakan mouse. Asal dilakukan secara hati-hati, pasti hasilnya juga akan bagus.
  4. Setelah tanda tanganmu jadi dan dirasa sudah bagus, tinggal kamu simpan dengan menekan tombol Save. Jika merasa belum bagus, kamu bisa menekan tombol Clear untuk mengulanginya dari awal. Ketika kamu menekan tombol Save, nanti akan muncul tombol Download Siganture. Jika diklik, maka tanda tanganmu akan terunduh dan tersimpan di perangkat yang kamu pakai.
  5. Tanda tangan pun siap digunakan untuk berbagai keperluan kamu.

Tanda Tangan Digital di Word

Di negara kita, Indonesia, pemakaian tanda tangan digital dibarengi dengan rancangan Undang-Undang (UU) No. 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Undang-undang ini mengatur sistem pembuktian dari berbagai dokumen, informasi, juga tanda tangan elektronik. Secara lebih rinci, hal ini dituangkan pada pasal 5 sampai dengan pasal 12.

Pada Pasal 11 dijelaskan bahwa tanda tangan elektronik punya kekuatan dan akibat hukum yang sah, selama hal tersebut memenuhi semua syarat. Syarat-syarat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Satu, data pembuatan tanda tangan digital terkait hanya kepada penanda tangan. Dua, data pembuatan tanda tangan pada saat proses penandatanganan hanya berada dalam kuasa penanda tangan.

Nah, akibat dari pentingnya tanda tangan ini, Sobat pun harus bijak dalam menggunakannya.

BACA JUGA: Tips Cepat Pakai Microsoft Word, Manfaatkan Shortcut-Shortcut Ini

Jika ingin membuat tanda tangan digital secara mudah dengan memanfaatkan Microsoft Word, silakan Sobat ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Letakkan kursor pada bagian di mana tanda tangan ingin dibuat.
  2. Kemudian, klik tab Sisipkan. Di sana, ada beberapa pilihan. Dalam grup Teks, klik Barisan Tanda Tangan. Sesudah itu, pilih Baris Tanda Tangan Microsoft Office.
  3. Akan muncul suatu kotak dialog. Namanya, Pengaturan Tanda Tangan. Di sana ada informasi yang perlu diisi, seperti data berupa nama lengkap, jabatan, alamat email, serta instruksi tambahan yang dibutuhkan. Isilah sesuai dengan kebutuhan.
  4. Sebelum klik OK, pilih satu dari dua pilihan yang ada di bawahnya. Pilihan pertama, penanda tangan diperbolehkan untuk menambah komentar di dalam kotak dialog. Pilihan kedua, memunculkan tanggal saat dokumen ditandatangani.
  5. Jadilah tanda tanganmu.

Tanda Tangan Digital di HP

Untuk membuat tanda tangan menggunakan HP, Sobat bisa memanfaatkan beberapa aplikasi tambahan. Nah, berikut ini akan kami bagikan beberapa aplikasi yang bisa Sobat gunakan untuk membuat tanda tangan secara gratis melalui HP atau smartphone.

  1. Aplikasi Adobe Fill and Sign.
  2. Aplikasi PrivID.
  3. Aplikasi HelloSign.
  4. Aplikasi SignNow.
  5. Aplikasi PandaDoc.
  6. Dan aplikasi lainnya. Aplikasi pembuat gambar pun biasanya juga bisa Sobat gunakan untuk membuat tanda tangan.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Demikianlah ulasan tentang tanda tangan digital signature yang dapat kami bagikan untuk Sobat semua. Silakan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sekarang kemajuan teknologi semakin berkembang, tanda tangan digital menjadi hal yang sangat diperlukan. Bahkan, tanda tangan digital akulaku untuk sebuah aplikasi e-commerce menjadi kebutuhan yang sangat penting. []

About Ibnu

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *