Home / INSPIRASI / Cara Cepat Pintar Tanpa Belajar, Lakukan 4 Kebiasaan Ini

Cara Cepat Pintar Tanpa Belajar, Lakukan 4 Kebiasaan Ini

Smarteen.co.id — Menjalani keseharian sebagai seorang pelajar pasti membuat kita memiliki beberapa tuntutan. Salah satu yang pasti adalah tuntutan supaya kita menjadi orang yang pintar. Maka, dengan adanya tuntutan tersebut, tidak sedikit remaja yang kemudian berusaha keras mencari tahu bagaimana cara cepat pintar.

Ada tipe pelajar yang mencari cara melalui jalan yang tepat, yaitu belajar. Namun, ada pula yang ingin cepat pintar secara instan melalui jalan pintas. Pada akhirnya, hal-hal seperti cara cepat pintar tanpa belajar menjadi sesuatu yang kerap dipertanyakan.

Lantas, apakah memang ada cara menjadi pintar dalam sekejap tanpa harus belajar? Untuk menemukan jawabannya, coba Sobat simak ulasan tentang cara agar otak encer dan pintar berikut ini terlebih dahulu.

cara cepat pintar

Cara Agar Otak Encer dan Pintar

Salah satu cara agar otak encer dan pintar yang paling realistis adalah belajar. Kita semua pasti sudah tahu itu. Namun, adakah cara cepat pintar tanpa belajar? Jawabannya, ada. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut ini.

Banyak Membaca

Pertama adalah dengan banyak membaca. Beberapa Sobat mungkin akan menganggap ini bukan cara membuat otak cerdas dalam waktu singkat, sebab membaca merupakan salah satu aktivitas belajar. Artinya, jika harus membaca dulu agar bisa pintar, maka sama saja kita harus belajar dulu. Dan itu pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun jika dijalani, sebenarnya ada yang berbeda di antara keduanya. Belajar itu jauh lebih kompleks, banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari membaca, menulis, berlatih, praktik, dan sebagainya. Sementara itu, membaca hanyalah satu satu bagian dari proses belajar, dan ini merupakan aktivitas yang jauh lebih menyenangkan.

BACA JUGA: Aplikasi BiP Messanger, Aplikasi Buatan Turki yang Bisa Gantikan WhatsApp

Kita bisa membaca apa saja yang ada. Mulai dari buku, artikel di internet, media cetak, dan sebagainya. Tidak wajib untuk mengingat atau menghafal semua kalimat yang kita baca. Cukup dibaca secara santai saja. Hal ini, secara tidak langsung, sudah bisa menambah wawasan kita.

Nah, dengan bertambahnya wawasan ini, tentunya kita akan menjadi sosok yang lebih pintar. Kita pun akan merasa seolah telah menemukan cara pintar tanpa belajar yang jitu.

Main Games yang Mengasah Otak

Cara menjadi pintar dalam sekejap yang selanjutnya adalah dengan bermain games asah otak. Jadi Sobat, mulai sekarang, kalau kamu adalah seseorang yang sangat suka bermain games, manfaatkan hobimu ini untuk membuat otak encer dan pintar.

Jangan cuma main games seru, tetapi tidak berfaedah. Namun, pilihlah games seru yang bisa mempertajam otak. Misalnya games-games permainan sepeti catur, sudoku, scrabble, puzzle, dan sebagainya. Bisa juga memanfaatkan games lain yang menuntutmu untuk bisa memahami bahasa asing.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara pintar tanpa belajar. Sebab, hanya dengan bermain, kamu sebenarnya juga telah mempelajari sesuatu.

Cara Menjadi Pintar di Sekolah dengan Cepat

Jika dua kebiasaan sebelumnya bisa kamu lakukan di mana saja, kali ini kita akan membahas soal kebiasaan yang bisa membuat otak cerdas dalam waktu singkat, tetapi secara khusus untuk dilakukan di sekolah.

BACA JUGA: Contoh Cerpen Anak Sekolah: “Kenangan Sang Bidadari”

Cara menjadi pintar di sekolah dengan cepat memang tidak mudah untuk dilakukan. Tentu ada proses yang harus dilakukan. Jika Sobat hanya mengandalkan belajar saja, setiap orang pasti memiliki batasan masing-masing.

Ada yang bisa cepat memahami apa yang dipelajari, tetapi banyak juga yang tidak. Sehingga, agar menjadi pintar di sekolah dengan cepat, kita membutuhkan cara lain di samping belajar. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan hal berikut ini.

Berteman dengan Orang Pintar

Orang pintar yang dimaksud di sini adalah orang pintar dalam arti sesungguhnya, ya. Bukan orang pintar yang tidak-tidak, seperti dukun dan sebagainya. Namun, ia adalah seseorang yang berprestasi. Baik secara akademik maupun non-akademik.

Berteman dengan orang pintar adalah salah satu cara cepat pintar yang cukup realistis. Sebab, ketika kita berteman dengan teman-teman yang berprestasi, kita akan cenderung terbawa dalam kebiasaan mereka.

Jika sedang mengobrol misalnya, daripada hal yang tidak penting, kita akan lebih sering membicarakan soal hal-hal penting dan bermanfaat. Begitulah kebiasaan kebanyakan orang pintar. Tentu hal ini juga akan memengaruhi kinerja otak kita, kan?

Menjadi Mentor bagi Orang Lain

Cara ini juga cukup ampuh untuk membuat otak cerdas dalam waktu singkat. Ketika kita menguasai suatu hal, kita tinggal membagikan atau mengajarkannya kepada orang lain yang membutuhkan.

BACA JUGA: Mencintai Diri Sendiri, Cara Berdamai dengan Diri Agar Bahagia

Menjadi mentor bukan berarti menjadi orang yang sok pintar, ya. Namun, kita bisa menjadi penolong bagi orang lain. Sehingga, jika memang teman kita tidak mau dibantu, ya tidak usah memaksa. Cari saja teman yang memang membutuhkan bantuan kita.

Dengan menjadi mentor, pengetahuan kita terhadap suatu hal akan semakin kuat. Mengajarkan suatu ilmu kepada orang lain, tidak akan membuat kita kehilangan ilmu tersebut. Justru kemampuan kita terhadap ilmu tersebut akan semakin berkembang.

Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran

Selain melakukan beberapa upaya duniawi, maksudnya dengan melakukan beberapa ikhtiar atau usaha, cara cepat pintar lainnya adalah dengan berdoa. Sebab, jika kita melakukan usaha tanpa doa, sama saja sombong.

Nah, jika Sobat bertanya, adakah doa agar pintar dalam semua pelajaran yang ada di sekolah? Jawabannya pasti ada. Sebab, doa adalah suatu permohonan kita kepada Allah, sehingga kita boleh memohon atau berharap apa saja.

Namun perlu diingat, Allah pun berhak mengabulkan ataupun tidak. Apa pun hasilnya, itu adalah yang terbaik untuk kita. Doa merupakan salah satu cara membuat otak cerdas menurut islam. Maka, hal ini harus dilakukan dengan ikhlas dan juga sungguh-sungguh.

BACA JUGA: Hal yang Harus Dilakukan Saat Hati Merasa Gundah

Nah, untuk bacaan doa agar pintar dalam semua pelajaran itu seperti apa? Sobat tidak perlu pusing memikirkan hal ini. Ungkapkan saja apa keinginan Sobat dengan bahasa yang Sobat pahami. Tidak perlu dengan bacaan-bacaan khusus jika memang tidak memahaminya. Sebab, Allah Mahatahu terhadap apa pun yang kita ungkapkan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara cepat pintar. Kesimpulannya adalah, untuk menjadi seseorang yang pintar, tetap diperlukan suatu proses. Jika ingin cepat, maka kita harus bersungguh-sungguh dalam melakukan proses tersebut. Tanpa proses, tidak ada seseorang yang tiba-tiba menjad pintar dengan sendirinya. []

About Ibnu

Check Also

doa tahiyat akhir

Bacaan Sholat; Doa Tahiyat Akhir (Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Smarteen.co.id — Membaca doa tahiyat akhir merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *