Home / INSPIRASI / 5 Tips Menjadi Remaja Produktif

5 Tips Menjadi Remaja Produktif

menjadi remaja produktif

Smarteen.co.id — Di situasi yang belum sepenuhnya kembali baik-baik saja, kita mesti tetap harus berupaya untuk menjadi remaja produktif. Semua demi menjaga eksistensi kita dalam mengupayakan hal-hal yang positif.

Nah, apa saja yang bisa kita lakukan agar hari-hari kita tetap, bahkan semakin, produktif? Yuk ikuti tips berikut ini. Namun sebelumnya, kita bahas dulu apa itu produktif, yuk!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Produktif merupakan suatu kegiatan yang mampu menghasilkan sesuatu secara terus-menerus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru.

Orang sibuk belum tentu produktif. Sedangkan orang produktif, belum tentu sibuk. Seseorang yang produktif itu bukan tentang seberapa banyak agenda yang ia tekuni. Namun, seberapa cerdas dirinya membagi waktu untuk melakukan suatu aktivitas sesuai tingkatan prioritas.

Buat Sobat Smarteen yang ingin produktif, jangan sampai meninggalkan kewajiban, ya. Jadikan kegiatan kita produktif, tapi tetap sesuai kadar prioritas. Ingat hal utama yang harus kita lakukan, baru kita lakukan kegiatan lainnya yang dapat menghasilkan suatu kebermanfaatan. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi produktif.

Mengatur Skala Prioritas

Allah menyukai hamba-Nya yang pandai dalam memanajemen waktu. Jadi, Sobat harus pandai dalam mengatur skala prioritas. Prioritas itu tidak hanya tentang sebaik apa kita menyusun perencanaan, ya. Namun, juga ketika kita dapat melakukan aktivitas sesuai pada waktunya.

BACA JUGA: Mencintai Diri Sendiri, Cara Berdamai dengan Diri Agar Bahagia

Check List of Today

Tips kedua, Sobat diajak membuat check list of today. Maksudnya, Sobat membuat lembar evaluasi harian. Fungsinya untuk mengecek hal apa saja yang sudah kita lakukan selama satu hari. Jika ada hal yang tidak baik, Sobat bisa jadikan evaluasi untuk hari esok. Jika sudah baik, bisa kita rencanakan kembali kegiatan baru yang lebih baik.

Membuat Forum Diskusi

Setiap manusia memiliki berbagai karakter dalam dirinya. Maka, tidak ada salahnya untuk kita saling bertukar pikiran agar membuat pemikiran kita semakin berkembang.

Berdiskusilah dengan temanmu untuk membahas suatu topik yang sedang ramai di masa sekarang. Cari solusi dan tentukan hal positif yang dapat membuat diskusimu semakin berwarna dan berguna untuk masyarakat. Sobat bisa menggunakan media sosial atau media lainnya untuk berbagi cerita.

Kenali ‘Style Diri’

Mengenal gaya atau ‘style diri’ itu wajib ya, Sobat. Jangan sampai apa yang kamu lakukan tidak sesuai dengan ‘style dirimu’. Sebab hal itu dapat membuatmu jenuh dalam menghadapi liku-liku kehidupan.

Meski begitu, bukan berarti Sobat bisa meninggalkan suatu hal yang tidak sesuai dengan ‘style’ Sobat, ya. Dengan mengenali gaya hidup, Sobat akan semakin pintar dalam memodifikasi kebiasaan menjadi hal yang sesuai keseharian, sehingga membuat aktivitas menjadi semakin bersemangat.

BACA JUGA: Kunci Menemukan Jalan Keluar dari Berbagai Kesulitan

Berkarya Dengan Cinta

Sobat, ketahuilah, Allah itu menyukai hamba-Nya yang melakukan sesuatu karena cinta kepada-Nya. Karena setiap hal yang kita kerjakan adalah kuasa Allah. Kita tak akan bisa sekolah apabila Allah tidak memberi kita rezeki. So, jangan buat Allah murka.

Jika kita belajar karena cinta, maka Allah akan memberi kemudahan kepada hamba-Nya. Setiap aktivitas akan terasa mudah dilakukan bila dengan cinta. Maka, buatlah karya-karyamu dengan rasa cinta agar Allah senantiasa memberi kemudahan tiada rupa.

Mari Sobat, kita manfaatkan setiap waktu kita agar produktif. Setiap orang punya kesempatan besar untuk selalu produktif. Semua tergantung diri kita sendiri. Semangat berjuang, Sobat! []

TEEN JOURNALIST
Aindhya Awliana Rizqi
SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid, Magelang

About admin

Check Also

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Sejuta Kebaikan

Smarteen.co.id –- Apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Mari simak ulasan berikut ini. Sebab, Ramadhan adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *