Home / INSPIRASI / 10 Karakter yang Harus Dimiliki Pemuda Agar Bisa Berprestasi

10 Karakter yang Harus Dimiliki Pemuda Agar Bisa Berprestasi

Smarteen.co.id — Berprestasi memang harus dipahami dari dua sisi, dunia dan akhirat. Sebagai seorang remaja muslim, kita harus berusaha untuk meraih keduanya. Dengan cara apa? Mengutip dari mirajnews.com, Taufiqurrahman, seorang master dari Omdurman University, Sudan, menjelaskan beberapa karakteristik pribadi berprestasi.

Pertama, akidah yang lurus. Dengan akidah yang lurus, maka seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah Swt dan tidak akan menyimpang dari jalan serta ketentuan-ketentuan-Nya.

Kedua, ibadah yang benar. Selain akidah yang lurus, ibadah yang benar merupakan salah satu pilar utama manusia berprestasi.

Ketiga, akhlak yang mulia. Akhlak yang mulia merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap manusia, baik dalam hubungannya kepada Allah Swt, maupun dengan makhluk-makhluk ciptaan-Nya.

Keempat, wawasan yang luas. Wawasan yang luas wajib dipunyai oleh pribadi muslim. Karena itu salah satu sifat Rasulullah Saw adalah fatonah (cerdas).

Kelima, fisik yang kuat. Seorang muslim haruslah memiliki daya tahan tubuh sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisiknya yang kuat. Salat, puasa, zakat, dan haji merupakan amalan di dalam Islam yang harus dilaksanakan dengan kondisi fisik yang sehat dan kuat. Apalagi berjihad di jalan Allah dan bentuk-bentuk perjuangan lainnya.

BACA JUGA: Apa Kabar Masa Depan Kita? Sudah Siapkah Berprestasi dan Mewujudkan Mimpi?

Keenam, melawan hawa nafsu. Hal ini penting bagi seorang muslim karena setiap manusia memiliki kecenderungan pada yang baik dan yang buruk. Melaksanakan kecenderungan pada yang baik dan menghindari yang buruk sangat menuntut adanya kesungguhan.

Ketujuh, disiplin waktu. Oleh karena itu setiap muslim amat dituntut untuk disiplin mengelola waktunya dengan baik sehingga waktu berlalu dengan penggunaan yang efektif. Maka di antara yang disinggung oleh Nabi Saw tentang waktu adalah memanfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara.

Kedelapan, profesional. Teratur dalam suatu urusan termasuk kepribadian seorang muslim yang ditekankan oleh Al-Qur’an maupun sunah. Di mana segala suatu urusan mesti dikerjakan secara profesional dan tepat waktu.

Kesembilan, mandiri. Mandiri merupakan ciri lain yang harus ada pada diri seorang muslim. Mempertahankan kebenaran dan berjuang menegakkannya baru bisa dilaksanakan manakala seseorang memiliki kemandirian.

Kesepuluh, bermanfaat bagi orang lain. Ini berarti setiap muslim itu harus selalu mempersiapkan dirinya dan berupaya semaksimal untuk bisa bermanfaat dan mengambil peran yang baik dalam masyarakatnya. []

About admin

Check Also

doa tahiyat akhir

Bacaan Sholat; Doa Tahiyat Akhir (Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Smarteen.co.id — Membaca doa tahiyat akhir merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *