Home / JALAN-JALAN / Jelajah Angkasa di Planetarium Jogja

Jelajah Angkasa di Planetarium Jogja

Yogyakarta, atau kerap juga disebut Jogja merupakan salah satu kota destinasi wisata yang ramai dikunjungi, dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda. Di antara banyak tempat wisata yang disuguhkan oleh Yogyakarta, ada satu tempat yang cukup menarik bagi saya. Yup, Taman Pintar Yogyakarta.

Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta, atau di kawasan Benteng Vredeburg ini tidak hanya menyajikan keindahan bagi para pengunjung, tetapi juga ilmu pengetahuan. So, ketika bermain ke sini, kita bisa menyelam sambil minum air—maksudnya, bermain sembari belajar. Seruuu.

Saat pertama kali memasuki kawasan ini, kita akan langsung melihat barisan air mancur dan Gong Perdamaian yang bisa dijadikan objek foto. Hm, tentu ini sangat menarik untuk dimanfaatkan. Cekrek, cekrek, feed Instagram jadi hits.

Selain itu, di sini Sobat dapat memilih untuk menikmati fasilitas gratis maupun berbayar. Setidaknya terdapat sekitar 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang kental dengan nuansa edukatif.

Menariknya, arena ini dibagi menjadi dua zona, yaitu arena bermain dan sarana edukasi. Nah, kali ini Smarteen akan mengulas salah satu zona yang menjadi favorit para pengunjung, yaitu wahana Planetarium.

Berdiri sejak Agustus 2012, gedung Planetarium terletak di dekat wahana air menari dan PAUD, atau di sebelah pintu utama Taman Pintar.

Untuk menikmati pertunjukan Planetarium, Sobat bisa datang pada hari Selasa sampai Ahad, mulai dari pukul 09.00-16.00 WIB. Setiap pengunjung membutuhkan waktu 30 menit untuk satu kali menyaksikan pertunjukan.

Untuk ruangan, Planetarium sengaja didesain berbentuk kubah dan layar proyektor besar di dalamnya—seperti ruangan gedung bioskop, hanya saja berbentuk melingkar. Ruangan ini memiliki kapasitas 50 kursi pengunjung. Oh ya, di setiap kursi tidak ada nomor layaknya kursi di bioskop, jadi Sobat bisa leluasa memilih kursi mana saja yang nyaman untuk duduk asal belum dipakai pengunjung lain.

Pertunjukkan akan dimulai dengan sapaan dua petugas melalui speaker. Pengunjung dilarang merekam atau menghidupkan flash yang sekiranya mengganggu pertunjukan. Hm, sedikit kecewa memang karena melihat ribuan bintang adalah momen langka yang mengagumkan. Namun, tetap puas kok. Lagi pula, kalau ingin melihat lagi, tinggal datang ke sini lagi. Cukup dengan biaya Rp. 22.000, Sobat bisa kembali menikmati petualangan menjelajah angkasa. Eh, untuk pelajar atau rombongan ada harga khusus lho.

Begitu pertunjukan dimulai, penerangan lampu akan meredup dan diganti cahaya dari proyektor. Langit-langit menjadi gelap, dan beberapa detik kemudian proyektor akan menampikan rekaman langit beserta berbagai macam benda angkasa dan susunan bintang.

Tidak hanya itu, Sobat juga diajak berkenalan dengan rasi bintang, kriteria planet, teori bigbang, bulan, serta hujan meteor yang sangat mengagumkan. Pergantian siang dan malam, karakteristik matahari, dan pengaruh rotasi bumi pun sangat memukau. Intinya, Sobat pasti dibuat terkagum-kagum, deh.

Di akhir penanyangan, ada satu film pendek astronomi berjudul ‘The Birth of Solar System’ dan ‘Rocket Man’ yang bisa Sobat saksikan. Meski singkat, ini juga sangat mengagumkan.

Jadi, gimana nih? Apakah Sobat sudah menyiapkan budget khusus untuk liburan awal tahun? Jangan lupa untuk memasukkan Planetarium di Taman Pintar Yogyakarta ini ke dalam list tujuan wisatamu ya. Selamat berlibur! [Dina Septiana]

About admin

Check Also

Agrowisata Giri Tirta Kahuripan

Jalan-Jalan ke Giri Tirta Kahuripan Purwakarta, Kawasan Agrowisata Superlengkap

Smarteen.co.id — Kamu hobi berenang sambil menikmati buah segar? Jika iya, tak ada salahnya mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *