Home / CURHAT / Awas, Bahaya Mengantongi Handphone untuk Kesehatan

Awas, Bahaya Mengantongi Handphone untuk Kesehatan

Assalamualaikum,  Dokter. Saya mau tanya, apakah berbahaya jika mengantongi handphone di saku celana atau baju? Karena ketika aktivitas saya sering harus menggunakan handphone sambil bepergian. Bagaimana sebaiknya? [Wawan. Wonogiri. 08564726xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Siti Maysaroh
Dokter Klinik Rawat Inap Solopeduli

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Salam sehat, untuk Sobat Wawan dan pembaca Smarteen yang lain. Pertanyaan kali ini sangat penting diketahui oleh kita semua. Apalagi kids zaman now yang sangat dekat dengan gadget. Sehari semalam 24 jam sangat sering berinteraksi dengan gadget khususnya handphone.

Gadget sangat bermanfaat dan membantu aktivitas kesibukan kita. Namun jangan lupa, ada bahaya yang perlu kita waspadai. Apakah itu? Kita harus mengenal dengan radiasi RF. Yakni radiasi Radio Frecuency.

Radiasi RF ini memancarkan radiasi yang dikeluarkan oleh handphone saat dalam keadaan aktif. Biasanya radiasi ini muncul karena ponsel tengah mencari sinyal. Dengan mekanisme tertentu, menurut ilmuwan, radiasi ini secara jangka panjang akan berpengaruh pada kesehatan.

BACA JUGA: Cegah Gejala Mata Lelah

Dengan mekanisme merusak DNA, radiasi ini memengaruhi kesuburan pria dan mengganggu metabolisme otak. Sistem kekebalan otak bisa terganggu sehingga menyebabkan kerusakan otak permanen. Radiasi ini juga berpotensi menyebabkan gangguan mental (depresi), kanker, dan masalah reproduksi.

Dengan pemahaman ini, maka lebih bijak jika kita mengatur pola kebiasaan kita menggunakan handphone. Khususnya sesuai dengan pertanyaan konsultasi kali ini, tentang kebiasaan memasukkan handphone ke dalam saku atau kantong baik baju ataupun celana.

Dengan adanya radiasi RF, maka handphone yang sangat dekat dengan tubuh karena dalam saku, apalagi dalam jangka lama dan terbiasa, maka hal ini berpotensi berdampak buruk pada kesehatan kita sesuai yang sudah dijelaskan di atas.

Lalu kita harus bagaimana? Usahakan menyimpan handphone di dalam tas, ransel, atau wadah bawaan lain. Kalaupun sesekali terpaksa dimasukkan saku, jangan membiasakan dalam waktu yang lama. Demikian, semoga bermanfaat. []

About admin

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *