Home / INSPIRASI / Tips Aman Bepergian Saat Malam

Tips Aman Bepergian Saat Malam

Smarteen.co.id — Sobat Smarteen, apakah kesibukanmu sebagai aktivis di sekolah sering mengharuskanmu untuk pulang lebih sore atau malam dari biasanya? Kadang persiapan untuk pensi, jadi panitia berbagai kegiatan di sekolah, atau kegiatan yang lainnya menjadikanmu pulang telat atau wira-wiri perjalanan malam.

Lalu, bagaimana sebaiknya jika harus pulang malam agar tetap aman dari ancaman kejahatan? Simak tips berikut ini ya. Terutama buat remaja putri, tetapi bisa juga diaplikasikan untuk remaja putra. Apa saja tipsnya?

Pertama, senantiasa berdoa tiap akan bepergian.

Sebagai seorang muslim, kita diajarkan untuk senantiasa memulai aktivitas dengan berdoa, termasuk ketika hendak bepergian. Ini menjadi poin yang paling utama karena sehebat apa pun ikhtiar yang kita lakukan, tetapi Allah lah yang MahaKuasa atas segala sesuatu.

Kedua, infokan kepada keluarga.

Sekalipun kamu bukan lagi anak kecil, tetapi orang tua tetap akan khawatir jika anaknya sudah waktunya pulang kok tidak segera muncul di rumah. Kamu bisa minta izin untuk pulang telat melalui SMS, telepon, Whatsapp, atau yang lainnya.

BACA JUGA: 8 Jenis Pekerjaan Seru buat Kamu yang Berjiwa Petualang

Jika kamu menggunakan armada transportasi online, baik roda dua maupun roda empat, jangan lupa untuk mencatat nomor kendaraan lalu mencocokkan dengan yang ada di dalam aplikasi.

Kalau sudah cocok, screenshoot aplikasi tersebut lalu kirimkan kepada keluarga atau teman terdekatmu. Sehingga keluarga dan temanmu tahu, kamu sedang ada di armada mana, dengan nomor kendaraan berapa dan siapa driver-nya. Mungkin ada yang menganggap hal ini berlebihan, tetapi yakinlah, bahwa waspada lebih baik.

Ketiga, jangan melamun.

Dalam perjalanan, baik itu mengendarai motor ataupun di dalam moda transportasi umum, hindari kebiasaan melamun. Penjahat yang menggunakan teknik hipnotis akan lebih suka dengan target yang sedang dalam pikiran kosong atau melamun.

Penjambret di jalan raya pun lebih suka menarget orang yang berkendara sambil melamun. Ini bisa terlihat dari kecepatan kendaraan yang konstan kemudian berkendara dengan tatapan kosong. Untuk menghindarinya, gunakan masker ketika kamu berkendara mengenakan, dan jangan memacu kendaraan dengan konstan. Sesekali ngebut, sesekali santai, dengan berkendara seperti ini kamu terlihat lebih waspada.

BACA JUGA: Problematik Para Pelajar dan Solusi Penyelesaiannya

Keempat, ikut latihan beladiri.

Tidak hanya untuk putra, beladiri bagi putri juga perlu. Boleh yang powerfull seperti Thaiboxing, Karate, Pencak Silat, boleh juga yang ringan tetapi punya kuncian yang mematikan seperti Aikido. Dengan bekal kemampuan beladiri kamu akan lebih PD karena jika ada yang mengganggu bisa kamu lumpuhkan dengan kemampuan beladirimu.

Kelima, bawa pepper spray atau semprotan merica.

Kadang menjaga diri tidak selalu harus berkelahi duel dengan penjahat. Tujuan utama kita adalah menghindari kejahatan, jika ada ancaman kejahatan dan kondisi yang tidak berimbang lebih baik melarikan diri. Menyemprotkan pepper spray ke mata penjahat akan memberikan tenggat waktu yang cukup untuk melarikan diri dan meminta pertolongan.

Jika kamu seorang remaja putri, sebaiknya tidak pulang hingga larut malam. Jika terpaksa harus pulang malam, pastikan ditemani oleh keluarga, guru, atau teman-teman ya dalam perjalanan. Hati-hati di jalan, Sobat. []

About admin

Check Also

muslimah penemu galaksi

Mengenal Burcin Mutlu-Pakdil, Muslimah Penemu Galaksi

Smarteen.co.id — Burcin Mutlu-Pakdil merupakan seorang muslimah penemu galaksi. Kehidupan Mutlu-Pakdil bisa dibilang cukup relate …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *