7 Pemuda Islam yang Hebat dalam Sejarah

Smarteen.co.id – Agama kebanggaan kita memiliki sejarah yang amat panjang. Dari fakta tersebut, kita pun mengetahui tokoh-tokoh yang habat. Berikut ini adalah daftar beberapa pemuda Islam yang hebat dalam sejarah.

Tokoh pemuda Islam yang menginspirasi ini hanyalah sebagian dari nama-nama pemuda Islam hebat yang pernah ada dalam sejarah. Jika disebutkan semuanya, tentunya akan sangat banyak, dan belum tentu dapat dirangkum dalam ulasan ini.

1. Zaid bin Tsabit

Peran pemuda Islam yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Zaid bin Tsabit adalah pemuda yang terkenal karena mendapat amanah dari Rasulullah untuk menuliskan wahyu serta surat-surat Beliau.

Ia adalah anak yang cerdas dan pemberani. Zaid pertama kali berjumpa dengan Rasulullah saat beliau hijrah ke Madinah. Saat itu, Zaid yang masih anak-anak, beserta keluarganya, memutuskan untuk masuk Islam dan menjadi pengikut Rasulullah.

Dalam perkembangannya, Zaid pun tumbuh menjadi pemuda Islam yang hebat. Ia memiliki otak yang encer, sehingga Rasulullah pun memerintahkannya untuk mempelajari berbagai bahasa. Zaid pun akhirnya menjadi seorang pemuda yang menguasai banyak bahasa.

2. Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah bin Ubaidillah merupakan salah satu nama pemuda pejuang Islam yang amat luar biasa. Di usianya yang masih muda, ia memiliki keberanian yang tiada tara. Ia juga menjadi salah satu sahabat yang dijanjikan masuk surga.

BACA JUGA: Zaid bin Tsabit, Penyusun Mushaf Al-Qur’an yang Kuasai Banyak Bahasa

Salah satu kisah paling terkenal tentang Thalhah adalah saat ia menjadi tameng bagi Rasulullah di kala Perang Uhud. Dikisahkan saat itu pasukan lawan menyerang dengan begitu ganas hingga menghancurkan pertahanan pasukan Islam.

Sebagai pemuda Islam yang hebat, Thalhah pun segera maju dan memasang badan untuk melindungi Rasulullah, sebab ia tahu bahwa Rasulullah menjadi orang  yang paling diincar musuh.

3. Zubair bin Awwam

pemuda islam yang hebat

Zubair bin Awwam juga menjadi sosok yang bisa menginspirasi pemuda Islam masa kini untuk senantiasa melakukan kebaikan. Ia adalah sahabat sekaligus kerabat Rasulullah. Dalam sebuah riwayat, disebutkan bahwa Zubair kelak akan menjadi salah satu tetangga Rasulullah ketika berada di surga.

Saat usianya masih 15 tahun, ia sudah mulai memeluk Islam dan menjadi pemuda Islam yang hebat. Zubair termasuk golongan orang pertama yang masuk Islam.

Saat itu, kabar Zubair masuk Islam membuatnya disiksa oleh sang paman yang merupakan pemuka kaum Quraisy. Ia disiksa di atas uap api, tetapi hal tersebut sama sekali tak melunturkan keinginannya.

4. Saad bin Abi Waqqash

Sebagai motivasi pemuda Islam, sosok Saad bin Abi Waqqash merupakan salah satu pilihan terbaik. Ia juga termasuk golongan yang dijamin masuk surga.

Di usianya yang masih muda, yaitu 17 tahun, Saad bin Abi Waqqash sudah memutuskan untuk memeluk agama Islam. Sejak hari tersebut, Saad mengabdikan diri untuk Islam dan senantiasa membantu dakwah Rasulullah.

BACA JUGA: Inilah Empat Sahabat Nabi Bernama Abdullah yang Istimewa

Ia juga terkenal sebagai seseorang yang pertama kali melepaskan anak panah dalam berbagai pertempuran yang telah dilakukan umat Islam. Di samping itu, Saad juga menjadi orang pertama yang terkena anak panah. Rasulullah pun menebusnya dengan tebusan kedua orang tua Beliau.

5. Usamah bin Zaid

Usamah bin Zaid adalah salah satu legenda pemuda Islam dalam sejarah. Ia begitu hebat, sebab di usianya yang masih belia, Usamah sudah dipercayai untuk menjadi seorang panglima perang. Ia bahkan disebut sebagai seorang panglima Islam termuda.

Saat usianya masih 18 tahun, ia telah memimpin sebuah pasukan, di mana pasukan tersebut berisi sahabat-sahabat luar biasa seperti Umar bin Khattab juga Abu Bakar Ash-Shidiq. Hal tersebut terjadi saat pasukan muslim yang terdiri dari para pemuda Islam yang hebat bersiap untuk bertempur menghadapi pasukan terkuat dan terhebat di masa tersebut. [Ibnu Majah]

About admin

Check Also

cara agar semangat

Cara Agar Selalu Semangat dalam Menjalani Hidup

Smarteen.co.id — Seorang siswi di Karanganyar, Nita, mengaku memiliki banyak planning yang tak terwujud di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *