Home / JALAN-JALAN / JOP, Destinasi Wisata di Jepara yang Cocok Buat Uji Adrenalin

JOP, Destinasi Wisata di Jepara yang Cocok Buat Uji Adrenalin

Smarteen.co.id — Pertengahan September lalu, saya berkesempatan jalan-jalan ke kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita, R. A. Kartini. Saat itu, saya mengikuti rombongan piknik keluarga SMAN 1 Plupuh, Sragen. Sobat pasti tahu kan apa nama kotanya? Yups, betul sekali, Jepara.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Sragen, kami pun tiba di Jepara. Kami memilih refreshing dengan menikmati aneka wahana air di Jepara Ourland Park (JOP). Destinasi ini, letaknya persis di pinggir Pantai Mororejo, RT 04, RW 02, Mororejo, Mloggo, Jepara.

JOP disebut-sebut sebagai destinasi wisata bahari terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah yang diresmikan pada 10 April 2016. Mengusung tema Eropa dan Timur Tengah, JOP menghadirkan menara seluncuran air yang unik dan berbeda dari menara seluncuran air lainnya di Indonesia. JOP memiliki 36 seluncuran air dan berdiri di atas tanah seluas 11 hektare dengan kapasitas hingga 20.000 pengunjung.

Pemandangan Indah, Suasana Nyaman

JOP

Tidak hanya menawarkan aneka permainan air, JOP juga menyediakan banyak pilihan wahana lainnya. Karena letaknya di pinggir Pantai Mororejo, JOP menyediakan wahana olahraga air seperti banana boat, jetski, dan lainnya. Meskipun di pinggir pantai utara Jawa Tengah, dengan penataan area hijau yang menawan, JOP menghadirkan suasana yang sejuk dan rindang.

Tepat di depan gerbang JOP, terparkir sebuah pesawat terbang yang juga menjadi salah satu wahana di JOP. Karena tak sabar untuk bermain air, kebanyakan dari kami langsung menuju pintu gerbang JOP.

Setelah membeli tiket Rp75.000/orang, tas bawaan kami pun diperiksa satu persatu oleh petugas di pintu gerbang. Para pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman ke area JOP. Mungkin salah satu tujuannya, agar pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman yang ditawarkan di area dalam JOP.

Karena waktu sudah masuk Salat Zuhur, saya dan keluarga memutuskan untuk Salat Zuhur lanjut jamak Salat Asar terlebih dahulu. Di dalam JOP terdapat masjid yang cukup luas, nyaman, dan bersih. Jadi Sobat, meski hal mengasyikkan sudah di depan mata, kewajiban melaksanakan ibadah salat jangan sampai ditinggalkan.

Sebelum mulai bermain air, kami memutuskan untuk mengelilingi area JOP dengan mobil khusus yang disediakan pihak JOP. Dengan membayar tiket tambahan Rp10.000/orang, kami bisa mengelilingi area JOP hingga menikmati pemandangan alam di pesisir pantai yang menawan.

Terbayang kan kalau Sobat harus jalan kaki untuk mengelilingi area JOP seluas 11 hektare itu? Tapi kalau kuat sih enggak masalah, sekalian olahraga. Tak lupa kami pun mengabadikan kebersamaan kami, ketika sopir memberikan waktu sekitar 5 menit untuk berfoto-foto di pinggir pantai. Keliling JOP menggunakan mobil khusus ini juga menjadi cara untuk memilih wahana apa yang akan dicoba terlebih dahulu.

Sediakan Banyak Pilihan Wahana

Aneka wahana di JOP antara lain, outbound area yang bisa dinikmati dari anak-anak hingga dewasa, wahana edukasi Science Hall, JOP Airlines, paintball, gokar, ferrary, dan istana balon.

Setelah naik mobil khusus, kami pun mulai menyebar menikmati aneka wahana air yang disediakan, sesuai selera masing-masing. Pada bagian paling depan terdapat wahana air yang cocok untuk anak-anak. Dengan ketinggian air hanya sekitar 20 cm dan dilengkapi aneka pancuran air, wahana ini cocok sekali untuk anak-anak yang belum bisa berenang tapi suka bermain air.

Selanjutnya kami pun menikmati kesejukan air di Lazy River. Sebuah sungai buatan yang airnya sangat jernih dan mengalir. Bagi anak-anak atau pengunjung yang tidak bisa berenang, sangat disarankan menggunakan pelampung saat bermain di Lazy River. Pengunjung bisa menggunakan pelampung yang disediakan tanpa dipungut biaya.

Bagi pengunjung yang mahir berenang, bisa mencoba berenang di beberapa kolam renang yang tersedia dengan kedalaman berjenjang, hingga paling dalam 140cm. Waktu tiga jam yang disediakan panitia untuk peserta berada di JOP pun terasa kurang.

So, bagi Sobat yang mau uji adrenalin dengan aneka wahana air, JOP adalah tempat yang pas untuk dikunjungi. Selamat berlibur! [Eni Widiastuti]

About admin

Check Also

Seloliman

Menikmati Sensasi Liburan dan Belajar di PPLH Seloliman Mojokerto

Smarteen.co.id — Liburan memang menyenangkan. Apalagi jika saat liburan itu, kita bisa belajar suatu hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *