Home / GADGET / Teknik Memotret Situasi Backlight Biar Hasilnya Estetik

Teknik Memotret Situasi Backlight Biar Hasilnya Estetik

Smarteen.co.id — Situasi yang paling sering ditemui saat pemotretan outdoor adalah backlight. Mengatasi situasi ini, fotografer sering menempatkan model atau objek foto menghadap arah cahaya.

Namun, kadang posisi backlight itu justru memiliki tampilan yang jauh lebih bagus. Lalu, bagaimana mengatasinya? Berikut ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk memfoto situasi backlight.

Pertama, lawan dengan flash. Maksimalkan flash atau sumber cahaya lain untuk menambah pencahayaan pada model dari arah depan, sehingga model akan terekspos dengan sempurna. Teknik ini cocok digunakan saat ingin menampakkan subjek dan background sekaligus.

Kedua, jadikan siluet. Ini adalah teknik paling gampang, karena model tidak perlu diterangi cahaya dari depan. Hal yang perlu diperhatikan adalah, pastikan postur model mendukung apa yang ingin diceritakan foto.

Foto Backlight

Ketiga, jadikan over. Teknik ini sering digunakan, tetapi secara tidak sengaja. Biasanya, fotografer memotret model pada situasi backlight tanpa memperhatikan latarnya. Sekilas, foto yang dihasilkan akan terlihat kurang profesional, karena banyak blown highlight atau ‘hangus’ (biasa disebut over). Namun, jika kita teliti memanfaatkan teknik ini, kita dapat menghasilkan karya yang simpel, elegan, dan terlihat profesional.

Tips untuk menggunakan teknik ini yaitu gunakan lens hood pada saat pemotretan. Lens hood akan membantu untuk menghilangkan glare atau kilauan yang tidak diinginkan, dan foto backlight akan menjadi lebih kontras.

BACA JUGA: Teknik Jitu Membuat Fotografi Panning

Keempat, kontras rendah. Teknik low contrast tidak selalu bisa diterapkan pada setiap situasi. Teknik ini juga agak berisiko, karena kita harus mengukur kedua exposure dari model dan background, dan mengambil ‘tengahnya’.

Hasil yang akan didapat yaitu model akan sedikit under, dan background sedikit over. Jika memotret dalam format RAW, detail-detail ini dapat kita selamatkan menggunakan software seperti Lightroom atau Photoshop.

Gunakanlah teknik ini jika kontras antara pencahayaan model dan background tidak terlalu jauh. []

About Ibnu

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *