Home / INSPIRASI / Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Sejuta Kebaikan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Sejuta Kebaikan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Smarteen.co.id –- Apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Mari simak ulasan berikut ini. Sebab, Ramadhan adalah bulan istimewa, maka jangan sampai kita menyia-nyiakannya.

Ramadan Mubarak Ceria, Diskon Hingga 80%, Ramadan Penuh Hikmah, Diskon Spesial di Bulan Suci 90% Off”, “Special Promo, Ramadan Surprise, Diskon Besar-Besaran.

Apakah Sobat sudah banyak menemui kata-kata itu di keramaian atau pusat-pusat perbelanjaan? Itu adalah sebagian tanda bahwa bulan Ramadan Mubarak tiba. Tanda lain yang bisa Sobat perhatikan adalah produk apa yang paling sering berseliweran mengiklankan produk di TV? Jika sudah banyak iklan sirup, biskuit, sarung, kurma, obat mag, dan produk-produk lain yang sejenis itu juga salah satu tanda bahwa Ramadan Kareem sudah tiba.

Ada apa dengan Ramadan tahun ini? Mengapa pusat-pusat perbelanjaan sampai mengadakan diskon besar-besaran? Kenapa juga, banyak produk yang kemudian ramai-ramai memasang iklan di TV? Karena bulan ini memang bulan istimewa.

Dengan diskon yang berhamburan tersebut, masyarakat akan berbondong-bondong menyerbu pusat perbelanjaan tersebut entah dari kalangan bawah, menengah, maupun atas.

Jika belum punya cukup uang, maka nanti ketika dana Tunjangan Hari Raya (THR) sudah cair, mereka akan tetap menyerbu diskon tersebut. Bulan spesial yang berlanjut dengan hari raya, pas sekali momen bagi para pengusaha untuk menawarkan produknya.

BACA JUGA: Ramadan di Genggaman Tangan dengan Aplikasi Keren Ini

Sobat Smarteen, tahukah kamu, Allah Swt di bulan Ramadan juga membagi-bagikan bonus yang jauuuh lebih besar dari sekadar diskon yang ada di pusat-pusat perbelanjaan lho. Bahkan, bonus dari Allah tersebut tidak terbatas berapa puluh atau berapa ratus kali, tetapi Allah sendiri yang akan memberikan pahala. Kalau sudah begini, berapa yang akan didapatkan?

“Segala amal kebajikan anak Adam dilipatgandakan pahalanya dengan 10 hingga 700 kali lipat.  Allah berfirman: ‘Kecuali puasa, puasa itu untuk-Ku dan Aku (sendiri) yang akan memberikan pahala kepadanya.  Dia telah meninggalkan syahwat dan makan minum lantaran Aku’…” (H.R. Muslim).

Keutamaan Bulan Ramadan

Dengan diskon yang berhamburan seperti itu, kebanyakan orang lebih memilih diskon yang bisa dilihat dengan mata langsung—diskon di pusat perbelanjaan. Padahal balasan dari Allah jauh lebih bernilai.

“Ah, Ramadan seru di awal-awal aja. Masjid-masjid ramai, kajian-kajian banyak yang hadir, tetapi nanti di akhir-akhir toh kembali seperti semula.” Mungkin sebagian dari kita ada yang menyeletuk seperti itu. Namun Sobat Smarteen yang smart dan saleh, pasti peka menangkap peluang kebaikan yang berhamburan ini. Kapan lagi?

Nah, kalau Sobat pengin Ramadanmu makin seru? Biar tetap kekinian, tetapi pahala dan keutamaan Ramadan tetap kamu dapatkan—termasuk hikmah puasa Ramadhan dan fadhilah puasa Ramadhan, kamu bisa coba beberapa hal kekinian di bawah ini. Sudah kah Sobat mencobanya?

Pertama, memberi makan orang yang puasa. Tiap bulan Ramadan kita sering mendengar kultum atau kajian yang menyebutkan bahwa orang yang memberi makan orang yang puasa mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa. Nah, kenapa enggak traktir teman waktu buka puasa? Yakin deh, nggak mungkin teman kamu enggak suka. Mereka suka, kamu dapat pahala juga. Mantap kan? Kalau ada rezeki banyak-banyak lah berbagi seperti ini.

BACA JUGA: Amal Baik dan Kompensasinya di Bulan Ramadan

Kedua, sedekah kreatif. “Sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadan.  (H.R. Tirmidzi). Dari hadis tersebut kita harusnya tertarik untuk semakin banyak bersedekah.

Caranya? Banyak, bisa kita membeli sandal lalu taruh di masjid, beli pewangi lalu taruh di kamar mandi masjid, memborong dagangan penjual makanan yang sudah tua di pinggir jalan, dan masih banyak lagi cara-cara kreatif dan unik untuk bersedekah.

Ketiga, membahagiakan anak yatim. Kita tahu bahwa memuliakan anak yatim itu ganjarannya bisa bertemu dan berdampingan dekat dengan Rasulullah di surga. Apalagi jika kita lakukan di bulan Ramadan, pastinya ganjarannya akan berlipat dahsyat.

Banyak cara lho untuk membahagiakan mereka. Kamu bisa gabung dengan lembaga-lembaga sosial yang sering mengadakan kegiatan untuk anak yatim di bulan Ramadan. Selain berdonasi, kamu juga bisa menjadi bagian dari tim yang ikut di dalamnya. Gimana, sudah seru menyenangkan anak yatim, pahala berlipat pula. []

About Ibnu

Check Also

manfaat sujud dengan mata terbuka

Khasiat dan Manfaat Sujud dengan Mata Terbuka

Smarteen.co.id — Siapa nih yang saat salat, ketika melakukan gerakan sujud auto memejamkan mata? Dikutip …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *