Home / EKSIS ABIS / DUNIA KAMPUS / Macam-Macam Beasiswa yang Wajib Sobat Ketahui

Macam-Macam Beasiswa yang Wajib Sobat Ketahui

Smarteen.co.id – Mengetahui tentang apa saja macam-macam beasiswa menjadi salah satu pengetahuan penting untuk mempersiapkan masa depan akademik Sobat. Beasiswa bisa membantumu dalam menempuh pendidikan.

Umumnya, beasiswa akan memberikan bantuan seperti biaya pendidikan sampai jalur untuk masuk ke suatu institusi pendidikan terbaik. Tentu saja ketersediaan dari beasiswa itu terbatas dan tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Sebagai seorang remaja, tentunya kamu harus membuat rencana untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masa depan. Salah satu diantaranya ialah dengan membangun rencana seperti apakah jalur pendidikan yang hendak kamu tempuh.

Usahakanlah agar mendapat beasiswa yang bisa menunjangmu dalam menempuh pendidikan. Untuk mendapatkan hal tersebut, pengetahuan seputar beasiswa itu sangatlah penting. Karena itulah kali ini akan kami sampaikan mengenai apa saja macam-macam beasiswa yang bisa Sobat ketahui.

Macam-Macam Beasiswa dari Bentuk Pembiayaan

Jenis dari beasiswa itu terbagi dari berbagai bentuk. Untuk yang pertama, akan kami ungkapkan mengenai apa saja macam-macam beasiswa yang bisa kamu peroleh berdasarkan bentuk pembiayaannya.

Beasiswa Penghargaan atau Prestasi

Mengenai salah satu jenis beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaannya ialah beasiswa penghargaan atau prestasi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi yang memiliki pencapaian akademik terbaik. Indikator dari prestasi ialah berdasarkan IPK.

  • Beasiswa Bantuan

Jenis selanjutnya adalah beasiswa bantuan. Beasiswa ini adalah bentuk dari bantuan yang diperuntukkan bagi Sobat yang kurang mampu namun memiliki kemampuan dan keinginan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi pada suatu institusi pendidikan.

  • Beasiswa Non-Akademik

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki keunggulan atau prestasi di luar akademik. Salah satu contoh yang saat ini sering digunakan adalah bidang olahraga.

  • Beasiswa Ikatan Dinas

Maksud dari beasiswa ini ialah penerima akan menempuh pendidikan yang sudah terikat dengan suatu instansi demi memperoleh timbal balik. Sebagai hasilnya, setelah lulus pendidikan, biasanya mereka diwajibkan untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

Macam-Macam Beasiswa dari Penyedianya

Tidak hanya berdasarkan bentuk pembiayaannya saja loh, Sobat juga bisa mengetahui bahwa terdapat variasi beasiswa berdasarkan sumber penyedianya. Jika penasaran dengan macam-macam beasiswa tersebut, simaklah uraiannya sebagai berikut.

  • Beasiswa dari Pemerintah

Ini adalah bentuk dari beasiswa yang memang disediakan oleh pemerintah dan dapat diterima oleh siapa saja yang sesuai dengan kriteria.

  • Beasiswa dari Perusahaan Swasta

Mengenai contoh selanjutnya ialah beasiswa dari perusahaan swasta. Biasanya suatu perusahaan besarlah yang akan memberikan program seperti ini melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). Ada banyak perusahaan dengan program seperti ini, contohnya ialah PT. Djarum.

  • Beasiswa Perguruan Tinggi

Beasiswa ini hanya bisa diperoleh jika Sobat ingin masuk ke Perguruan Tinggi. Adapun beasiswa ini hanya dapat diperoleh melalui Universitas tertentu yang menyediakan program beasiswa. Ada banyak kategori yang dijadikan sebagai kualifikasi beasiswa seperti bidang olahraga atau lainnya.

Dikarenakan program beasiswa itu akan menanggung biaya pendidikanmu, pasti keinginanmu untuk mendapatkannya sangatlah besar. Apalagi tidak bisa dipungkiri jika biaya pendidikan saat ini relatif mahal.

Agar bisa memperolehnya, kamu perlu mengetahui informasi terkait yang bisa memandumu. Langkah pertamanya dapat dilakukan dengan cara memahami macam-macam beasiswa seperti di atas.[]

 

About Aulia Galih

Check Also

Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Agar Cocok Digunakan

Smarteen.co.id – Memilih kacamata sesuai bentuk wajah adalah salah satu informasi penting yang harus dimiliki. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.