Home / JALAN-JALAN / Virtual Tour Museum Nasional, Solusi Wisata Tanpa ke Mana-Mana

Virtual Tour Museum Nasional, Solusi Wisata Tanpa ke Mana-Mana

Smarteen.co.id — Lebaran kali ini mungkin tak akan jauh berbeda dengan Lebaran tahun lalu, dan kembali terasa berbeda dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, kita masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. Tentu Sobat sudah cukup familier dengan hal ini.

Karena itu, pemerintah pun masih mengimbau masyarakat perantauan untuk tidak mudik tahun ini. Ya, jangan mudik! Sesuatu yang tentu akan berimbas pada suasana momen Lebaran. Tidak bertemu kerabat, tidak bisa berkumpul bersama, tak ada jalan-jalan wisata.

So, untuk mengisi momen libur hari raya kali ini, Smarteen akan ajak kamu ‘berwisata bersama’. Wisata kali ini, tak akan mengganggu gerakan social distancing-mu.

Kamu tak perlu masuk dalam kerumunan, cukup di rumah aja, di depan layar gadget, dengan akses internet stabil. Kita akan mengunjungi Museum Nasional Indonesia melalui fitur virtual tour. Hm… pasti nggak kalah seru deh dengan kunjungan fisik.

Jalan-Jalan via Foto 360 Derajat

Museum Nasional

Wisata online ini bisa kamu lakukan dengan mengunjungi situs www.museumnasional.or.id/virtual-tour. Jangan berpikiran kamu hanya akan melihat postingan web seperti pada umumnya, yang memajang foto-foto koleksi disertai penjelasan singkat saja. Virtual tour tidak seperti itu.

Fitur ini mengajak kamu ‘jalan-jalan’ ke museum yang terletak di Jalan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat, tersebut melalui foto 360 derajat high resolution yang disusun membentuk ruang menyerupai bangunan asli museum.

BACA JUGA: Menikmati Sensasi Liburan dan Belajar di PPLH Seloliman Mojokerto

Simpelnya, kamu bisa menikmati pemandangan 3D dari bangunan Museum Nasional beserta koleksi di dalamnya seperti saat kamu mengakses Google Street View. Diiringi musik yang syahdu, tentu membuat petualanganmu makin seru.

Hanya dengan duduk manis di rumah, kita bisa menikmati berbagai koleksi museum yang jumlahnya mencapai lebih dari 140.000 benda. Bikin fresh otak, sekaligus nambah pengetahuan tentang sejarah nih pastinya.

Oh ya, dalam situs vitual tour ini tersaji beberapa menu, di antaranya denah museum, objek koleksi Museum Nasional, serta pilihan beberapa spot bagian dalam museum. Kita bisa memulai penjelajahan dengan memilih panah berwarna biru yang terdapat di bagian tengah tampilan.

Museum Nasional memiliki dua buah gedung utama; Gedung Gajah dan Gedung Arca. Di Gedung Gajah, terdapat beberapa ruang pameran koleksi, yakni koleksi sejarah, etnografi, geografi, pra-sejarah, arkeologi, numismatik/heraldik, dan keramik asing.

Museum Nasional

Masih di Gedung Gajah, terdapat sebuah taman di bagian tengah gedung yang menampilkan koleksi arca. Di samping taman ini terdapat ruangan yang menampilkan koleksi tekstil, terakota, serta keramik. Pada bagian belakang gedung terdapat ruang pra-sejarah yang menampilkan artefak kuno. Salah satu yang populer di ruangan ini adalah koleksi nekara.

BACA JUGA: Objek Wisata Golaga Purbalingga, Gua Indah yang Sediakan Kafe di Dalamnya

Bergeser ke Gedung Arca, di sini terdapat empat lantai dengan pembagian koleksi yang berbeda-beda. Di lantai 1, tersaji pengetahuan mengenai sejarah manusia dan lingkungan.

Naik ke lantai 2, terdapat beragam koleksi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, ekonomi, dan teknologi. Di lantai 3 terdapat koleksi yang berhubungan dengan organisiasi sosial dan pola pemukiman manusia. Terakhir di lantai 4, tersaji koleksi keramik asing dan emas. Wow!

Jika kamu kesulitan menuju ruangan-ruangan tersebut, kamu bisa membuka menu di bagian kanan atas. Pada menu ini terdapat pembagian 6 spot utama museum. Setelah dipilih, tetap harus mengikuti panah biru untuk melihat isi ruangan koleksi.

Gimana? Bisa bikin liburan tetap asyik kan, meskipun tanpa ke mana-mana? Fisik boleh di rumah saja, tetapi jiwa tetap bisa bertualang ke mana-mana—melalui kecanggihan teknologi. [Ibnu Majah/Dari Berbagai Sumber]

About admin

Check Also

Golaga Purbalingga

Objek Wisata Golaga Purbalingga, Gua Indah yang Sediakan Kafe di Dalamnya

Smarteen.co.id — Menikmati secangkir kopi di sebuah kafe pada salah satu sudut mal, mungkin sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *